Sponsors Link

Waktu yang Tepat Untuk Doa Novena Dalam Tiga Salam Maria

Sponsors Link

Waktu yang tepat untuk doa novena. Pada dasarnya kata Novena ialah yang berasal dari kata latin yang mana terjadi pada abad pertengahan “novenas” atau ke-sembilan. Hal ini juga merupakan dari angka ordinal dari novena yakni Sembilan. Dalam ajaran agama Katolik, novena ialah sebuah devosi yang mana terdiri dari semua doa-doa yang terucap dan diucapkan selama Sembilan hari lamanya dan dilakukan secara berturut-turut tanpa henti atau tanpa jeda dalam seharipun, maksudnya tanpa absen dalam sehari melakukan doa tersebut. Doa-doa yang dilakukan atau diucapkan biasanya dari buku doa dan serta Doa Rosario. hal ini juga mengacu pada cara berdoa rosario yang benar.

ads

Doa Novena ini sebenarnya berdasarkan Injik yang mana dilakukan setelah naiknya Tuhan Yesus kesurga, yang mana Ia memerintahkan semua murid-muridnya untuk berdoa secara bersama dalam ruangan serta memfokuskan diri pada seluruh doa yang sedang dilaksanakan. Tepat setelah kenaikan Tuhan Yesus sebenarnya ada rasa ketakutan yang dialami muridnya, maka dari itulah bisa dikatakan doa tersebut sebagai doa kristen menghilangkan ketakutan.

  • Kisah Para Rasul 1:12 mengatakan “12Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.”
  • Kisah Para Rasul 1:14 mengatakan “Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.”

Tepat pada hari yang kesembilan roh kudus turun atas para rasul yang mana pada hari pentakosta. Dan kemungkinan dari periode doa Sembilan hari ini lah yang mendasri dari doa Novena selama ini secara khusus dalam ajaran agama Katolik.

Waktu Berdoa Novena Yang Tepat

Novena memang jelas cara berdoa dengan mengucapkan dari buku doa serta memiliki tujuan yang benar yang mana meminta jawaban dari pergumulan yang sedang dihadapi dan minta petunjuk dari Tuhan Yesus. Namun sebenarnya belum jelas kapan doa novena harus dilakukan yang mana ditujukan pada jam khusus yang jelas hanya didapatkan akan dilakukan dengan Sembilan hari lamanya. Hal ini termasuk dalam waktu yang tepat untuk berdoa kristen. Novena itu ialah sebuah doa yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Terlepas dari kata novena, ada baiknya bagaimana cara melaksanakan doa dengan benar yang mana sudah disampaikan dan tertulis dalam Alkitab. Perlu juga mengetahui cara doa dikabulkan menurut kristen.

Matius 6:5-15 mengatakan 6:5“Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.

6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.

6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, 6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)

6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

Sponsors Link

Dari ayat Alkitab tersebut jelas mengajarkan bagaimana melakukan sebuah doa yang benar dan berkenan dihadapan Tuhan Yesus. Namun sekalipun doa Novena itu memiliki makna yang begitu besar, tetapi jika tidak dilakukan dengan kesungguhan maka akan percuma akan dijalankan terlebih sampai Sembilan hari lamanya. Cara berdoa novena yang benar termasuk cara beribadah agama katolik. Tentunya juga doa novena jelas akan melakukan tanda kemenangan dalam katolik yakni tanda salib katolik.Bila memang ingin mendapatkan hasil dan kehendak dari Tuhan Yesus, maka jalankan doa Novena dengan ketulusan yang mana kerinduan dari dalam hari tanpa memandang waktu atau pukul berapa melakukannya namun pandang dari seberapa tulus untuk mengucapkan dan melakukan doa tersebut.

Dari penjelasan diatas, doa Novena sebenarnya belum dipastikan pukul berapa tetapnya harus melakukan hal tersebut. Namun yang jelas dilakukan Sembilan hari lamanya, dan harus dilakukan dengan cara yang benar. Rangkuman semuanya yakni, waktu yang tepat untuk doa Novena bukan dipandang dari pukul berapa berdoa novena tersebut, namun dilakukan Sembilan hari serta dilakukan dengan penuh iman dan ketulusan hati tanpa adanya keterpaksaan dan akan lebih bagus dilakukan dengan sungguh-sungguh seperti melakukan doa yang dijelaskan dalam ayat Alkitab diatas.

Jadikan doa Novena sebagai pendekatan yang lebih lagi kepada Tuhan Yesus dan jadikan pribadi yang lebih baik lagi dengan berdoa sungguh-sungguh tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan dengan tujuan yang hanya baik saja. Namun harus dilakukan dengan cara berdoa dalam roh bukan dalam kedagingan atau jasmani saja, atau hanya terucap biasa melalui mulut. Terkabulnya dari doa yang diucapkan jelas akan berbeda dengan pemikiran Tuhan Yesus yang mana bisa saja terjadi saat ini dan bisa saja terjadi pada waktu yang sudah ditentukan Tuhan dengan baik. Jadi kapanpun doa kita diwujudkan, jangan pernah membuat niat kita untuk terus berdoa baik itu doa Novena maupun doa lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa