Yesus disalib menebus dosa manusia

√ Quality Checked Pass quality & checking

Seperti yang sudah diketahuibersama bahwa Yesus Kristus telah disalib untuk menebus dosa manusia. Meskipunkejadiannya sudah sangat lama, namun beberapa umat terkadang masih meragukankematian Yesus adalah hanya demi menebus dosa-dosa manusia. Hal itu dikarenakanmasih cukup membingungkan untuk saat ini, terutama bagi pemahaman beberapaumat.

Apalagi ada beberapapreacher yang justru tidak konsisten serta sering memakai kedua istilah yangrancu. Pertama adalah “Yesus menebus Dosa Manusia” dan Yesus menebus Manusiadari Dosa”. Sekilas kedua kalimat tersebut seperti sama, akan tetapi maknanyaberbeda. Maka dari itu, daripada kita bingung menggunakan kedua istilahtersebut, sebaiknya ikutilah beberapa pemahaman sebagai berikut.

  1. Kata menebus berdasarkan Eksegesis

Jika berdasarkan Korintus:30 yang isinya kurang lebih sebagai berikut:

“Akan tetapi, oleh Dia dan kamu yang telah berada dalamYesus Kristus. Oleh Allah sudah menjadi sebuah hikmat untuk kia semua. Ia jugamembenarkan dan juga telah menguduskan serta melakukan tebusan untuk kita.”.

Dari terjemahan di atassebenarnya diambil berdasarkan bahasa Yunani. Kata “menebus” dari ayat di atasdiambil dari kata avpolu, trwsij yang dalam bentuk noun, nominative, feminine,and singular. Artinya sendiri lebih kurang sebagai release, redemption,deleverance, acquittal, ransoming. Di dalamm bahasa Indonesia bisa berartibebas, penebusan, pembebasan, menebus, dan vonis bebas.

Perlu diperhatikan bahwapenggunaan kata Yunani di atas bukanlah dalam kata kerja atau verb melainkan dalam bentuk kata bendaatau noun. Maka dari itu, akan lebihtepat jik apenerjemahannya bisa dikatakan “penebusan” bukan “menebus”. Hal inijuga semakin ditegaskan dalam Galatia 3:13 dan 4:5. Di dalamnya lebih banyakmenggunakan kata “menebus”.

  • Apakah Yesus benar-benar menebus dosa manusia?

Pada poin di atas, kitasudah mengetahui jika Yesus Kristus menebus dosa manusia berdasarkan kata didalam Alkitab. Sekarang kita pun bertanya kembali seperti apa dosa yang ditanggungYesus pada manusia? Apakah semuanya atau hanya beberapa dosa saja?

Untuk menjawab ini, kitabaca terlebh dahulu pada Kejadian 2:16,17 sebagai berikut:

“ Semua pohon yang telah ditanam silakan kamu makanbuahnya sesuka hati. Akan tetapi pohon-pohon pengetahuan yang baik dan jugajahat janganlah dimakan. Sebab, ketika engkau memakannya akan mati.”.

Dari terjemahan diatas, kitasudah mengetahui bahwa setiap pelanggaran atau dosa yang dilakukan oleh manusiaakam berujung pada hukuman. Dari ayat diatas, hukuman yang diberikan adalahdalam bentuk kematian. Dari sini kita bisa kaitkan antara dosa dengan hutang. Sekilasada perbedaan yang terlihat antara dosa dengan hutang. Akan tetapi jikamelihatnya dari sisi konteks dengan Tuhan, maka lain lagi ceritanya.

Jika dari sisi Allah, makaDosa itu merupakan Hutang yang artinya untuk bisa membayar hutang hanya dengansatu cara, yakni dengan kematian saja. Hal inipun terlampir dalam surat Efesus1:7-8. Di dalamya sudah cukup jelas jika pengampunan dosa manusia hanyalahmenggunakan darahnya berdasarkan kematian menurut Kristen.Di sinilah Yesus Kristus Hadir untuk dapat “melunasi” hutang-hutang tersebut.

Mengapa harus Yesus Kristusyang melunasi hutang itu? Perlu diketahui bahwa kematian Yesus berbeda dengankematian para tokoh martir seperti seorang syuhada yang melakukan jihad. KematianYesus juga bukanlah dari kejadian peperangan. Akan tetapi, kematian Yesus lebihkepada kematian kurban. Dia rela menyerahkan diri-Nya demi kasih sayang yangbegitu besar untuk menjadi penyelamat jiwa-jiwa orang yang telah dikasihinya.

Demikianlah penjelasan tentangYesus disalib untuk menebus dosa manusia. dati berbagai penjelasan di atas punbisa kita petik keteladananYesus Kristus begitu besar sehingga Dia benar-benar menjadi penyelamat umatmanusia. MaknaKelahiran Yesus juga bisa kita jadikan teladan untuk kehidupan sehari-harisehingga bisa diambil hikmahnya.

Untuk kita yang masih hidup,sebaiknya merenungi dan mempelajari apa saja tujuan hidup orangKristen. Dengan begitu setiap langkah kita selalu memberikan kebaikan yangtidak hanya untuk sesama, tetapi untuk semua orang di dunia ini. Anda bisa cobabaca kembali beberapa kisah Yesus seperti siapayang telah menyalibkan Yesus Kristus, mengapayesus disalib bersama dua penjahat, dan masih banyak lagi. Semoga bisabermanfaat.  

fbWhatsappTwitterLinkedIn