Sponsors Link

Sejarah Natal 25 Desember – Makna, Tradisi, Nyanyian Natal

Sponsors Link

Natal ini adalah salah satu perayaan umat Kristiani yang selalu dirayakan setiap tahun yang jatuh tanggal 25 Desember. Arti natal sendiri pertama kali menggunakan bahasa Portugis, yang berarti adalah hari kelahiran. Namun, beberapa tempat merayakan natal bukan tanggal 25 Desember saja, gereja Ortodoks merayakan natal yang jatuh tanggal 6 Januari. Natal sendiri sering disebut dengan kelahiran Juru Selamat, yang akan menyelamatkan kita dari kesengsaraan dan dari mautnya dosa kita. Sebelum natal jatuh pada tanggal 25 Desember, natal sebelumnya diperingati pada tanggal 6 Januari. Namun, banyak yang memprotes masalah hari jatuhnya natal.

ads

Pada tanggal 6 Januari di Negara Eropa hari itu diperingati hari sebagai hari momentum penyembahan Dewa Matahari. Paus Liberius menggantikan hari natal peringatan yang baru pada tahun sekitar 325-354, yang menjadikan hari natal sebagai tanggal 25 Desember. Semakin banyak orang yang memperingatkan hari natal menjadi tanggal 25 Desember, natal semakin banyak dirayakan pada tanggal 25 Desember. Lalu, tanggal 25 Desember dijadikan resmi menjadi tanggal natal diseluruh dunia. Keterangan sejarah natal lebih lanjut mengapa dijadikan menjadi tanggal 25 Desember sebagai berikut.

Pertama Kali Hari Natal Diresmikan Tanggal 25 Desember

Hampir semua umat Kristiani mengenal tanggal 25 Desember, tanggal juga bukan hanya dikenalkan oleh umat Kristiani saja. Namun, umat yang beragama lain juga sangat mengetahui tanggal 25 Desember ini karena sudah tidak asing untuk di dengar semua orang. Hari kelahiran Yesus sebenarnya tidak pernah diberitahukan didalam alkitab, karena alkitab tidak pernah menjelaskan hari kelahiran Yesus. Hanya menceritakan bagaimana sang Juru Selamat lahir ke dunia. Perayaan Natal awalnya mulai masuk menurut umat Krisniani pada abad 4 M. Peringatan ini pun masih mengadakan upacara masyarakat dengan cara penyembahan yang berhala. Karena ini diketetahui pada abad 1 M-4 M dunia masih dikuasi oleh Romawi yang penagis polistisme. Hampir seluruh rakyat Romawi yang beragama Katolik, namun mereka tidak bisa meninggalkan adat dan budaya mereka.

Apalagi terhadap ada perayaan pesta hari Sunday yang artinya Sun adalah matahari, dan Day adalah hari. Kalau kita gabungkan menjadi hari matahari. Hari Sunday yaitu hari peringatan Dewa Matahari yang jatuh pada tanggal 25 Desember. Oleh karena itu supaya agama Kristen dan Katolik bisa diterima oleh masyarakat Romawi, diadakan perpaduan agama.Maksudnya perpadauan agama adalah perpaduan antara adat budaya mereka, dan di satukan dengan hari kelahiran sang Juru Selamat. Maka koalisi tahun 325 meresmikan tanggal 25 Desember pada hari kelahiran Tuhan Yesus atau hari natal. Pada minggu pertama bulan Desember diperingatkan hari Sunday atau sering disebut hari dewa matahari. Dan hari itu, sekarang menjadi digantikan nama sebagai hari Sabat yang jatuh dihitung pada hari Sabtu. Lalu, hari peringatan itu berdua sekarang menjadi peringatan di berbagai Dunia.

Makna Natal Bagi Umat Kristiani

Natal merupakan kabar sukacita bagi tengah-tengah keluarga anda. Karena sang putra Allah Bapa yang lahir dan turun di Dunia untuk menyelamatkan umatnya. Natal merupakan undangan dari Allah untuk kita berjumpa dengan sang Juru Selamat kita. Kita biasa melakukan ucapan syukur sebab hari natal telah tiba, karena dunia akan diselamatkan oleh Tuhan Yesus. Lalu bagi kita yang beragama Kristiani, apa sih makna natal dalam hidup kita? Apakah natal mempunyai arti khusus diantara kalian? Inilah makna natal untuk kita dan umat agama lainny.

  • Natal Merupakan Persekutuan Dengan Tuhan

Pada hari natal inilah hari persekutuan kita dengan Tuhan dimulai. Tuhan Yesus yang menggambarkan sebagai pohon pokok anggur, dan kita sebagai ranting-ranting anggurnya. Orang yang bertumbuh jiwanya di dalam Tuhan adalah orang yang setia dalam mengikuti jalan bersama Allah, dan menyerahkan seluruh hidupnya bersama Allah. Bertumbuh didalam Tuhan berarti kita selalu hidup dalam kebenaran ajaran-Nya ( 1 Yohanes 2:3-7 ). Di dalam natal ini Tuhan juga memberitahukan agar kita mengembangkan iman kita, agar kita bisa melaksanakan tugas dan amanat yang diperintahkan Tuhan kepada kita.

  • Natal Membawa Sukacita Besar

Sering kali banyak manusia yang sering bilang bawa natal membawa rasa sukacita yang benar-benar melimpah dalam hidup kita. Sukacitanya yang memberikan damai bagi hidup kita, karena kedatangan Kristus yang memberikan damai bagi hidup kita. Natal adalah perubahan momen perubahan hidup kita yang tidak baik menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Semakin kita menerima sukacita natal dalam hidup kita semakin hidup kita akan menjadi bahagia dan tentram damai dalam perlindungan Yesus.

  • Natal Membuat Kita Bertumbuh

Bertumbuh bukan berarti kita semakin bertambah besar, namun bertumbuh dalam rohani dan iman kekuatan kita. Tuhan menginginkan supaya diri kita semakin bertumbuh, dan bisa semakin memberitakan kebenaran tentang Yesus. Rohani kita yang semakin bertumbuh akan membuat diri kita semakin yakin akan kebenaran Kerajaan Allah. Semakin kita bertumbuh dalam Kristus, kita akan dipanggil oleh Allah menjadi utusan-utusan Allah yang setia. Karena bertumbuh juga bisa dilakukan dengan cara perubahan yang yakin, dan melayakan keseluruhan hidupnya hanya pada satu Tuhan yaitu Yesus Kristus.

  • Natal Adalah Bukti Cinta Kasih Allah

Perayaan momen natal juga membuktikan Allah sangat sayang kepada kita, natal yang artinya mengutus anaknya yang tunggal untuk menyelematkan kita dari dosa. Anak tunggalnya yang rela mati demi kita, dan menebus dosa kita yang telah kita perbuat didunia ini. Natal memberikan keselamatan dan kekal buat hidup kita, Allah sendiri memberikan bukti cinta kasih-Nya agar kita tidak pernah meninggalkannya dan selalu ingat akan dia.

  • Natal Membawa Hidup yang Berlimpah

Keselamatan yang diberikan Allah kepada kita juga menjadi hidup kita yang semakin berlimpah. Hidup yang selalu penuh akan keselamatan dari Allah, juga hidup kita akan menjadi terbekati hidup kita didalam sepanjang hidup kita. Pada nas Filipi 4:7 Jika hati kita dan pikiran kita yang selalu dikuasai oleh roh kudus, hidup kita juga akan semakin berlimpah dan damai sejahtera. Damai sejahtera ini akan selalu menanam dihati dan pikiranmu selama hidupmu.

  • Natal Memberikan Keselamatan

Momen natal memang sangat sekali memiliki makna yang sangat banyak. Salah satunya makna natal untuk kita adalah memperoleh keselamatan. Maksdunya memperoleh keselamatan, bahwa sesungguhnya sang Mesias sudah lahir dan kita akan mempunyai Raja dari segala raja yang telah diutus oleh Allah. Yesus juga akan menyelamatkan kita dari siksaan di dunia ini, dengan cara kita mau mengikuti semua ajaran yang dia berikan. Memperoleh keselamatan bagi kita sangatlah penting, karena keselamatan hanya diperoleh oleh orang yang memang setia menjadi pengikut Kristus.

Acara Ibadah Gereja Menjelang Natal

Pada saat menjelang momen hari natal, biasanya gereja akan banyak sekali melakukan momen-momen ibadah yang berbeda. Ibadah natal bukan hanya dilakukan dalam satu hari dan satu waktu saja. Bahkan sebelum momen ibadah natal akan mulai, biasanya acara sebelum natal juga akan dilakukan acara ibadah natal. Berikut acara-acara sebelum natal dan setelah selesai natal.

  • Acara Malam Ibadah Natal

Acara malam ibadah natal yang biasa sering diperingati umat Kristiani dan umat Katolik jatuh pada tanggal 24 Desember. Biasanya acara ini lebih syaduh dan ibadah malam natal ini biasanya dilakukan ibadah 3 acara. Biasanya acara sore dimulai pada jam, 4 sore, 7 malam, dan 9 malam. Ini memang disesuaikan dengan ibadah malam karena, untuk menyambut kedatangan Yesus yang besok akan datang. Ibadah malam natal biasanya pada acara ini bisa bilang acara yang paling meriah, karena ibadah sampe penuh dan ibadah biasanya lebih ramai dari pada ibadah minggu umum lainnya.

  • Acara Kelahiran Ibadah Natal I

Pada acara kelahiran ibadah natal, biasanya penyambutan karena sudah datangnya Yesus. Biasanya acara ibadah menyambut kelahiran Tuhan Yesus ini dilakukan ibadah seperti pada jam biasa seperti ibadah pada hari minggu umumnya. Namun, ibadahnya lebih meriah dengan sambutan yang menarik dan tampilan-tampilan dari pelayan gereja menyambut hari Yesus telah datang ke dunia. Ibadah ini biasanya dilakukan pada tanggal 25 Desember, dan dilakukan pada sesuai bagian shift ibadah gereja. Pada ibadah jam pagi dibagi menjadi 3 bagian, pada jam 6 pagi dan pada jam 8 pagi, juga pada jam 10 pagi. Pada ibadah sore biasanya hanya ada ibadah sekali saja pada jam 6 sore.

  • Acara Kelahiran Ibadah Natal II

Selain acara dilakukan pada ibadah malam natal dan ibadah penyambutan pada tanggal 25 Desember. Biasanya gereja juga akan mengadakan ibadah natal II, ibadah ini dilakukan supaya kita semakin dekat bersama Tuhan. Ibadah ini yang biasa dilakukan gereja biasanya hanya dibagikan 3 pembagian jam acara yang dibuat. Pada pagi dibuat 2 pembagian jam pagi. Lalu dilanjutkan pada ibadah pada sore.

Tradisi Acara Ibadah Gereja Natal

Natal memang selalu dirayakan oleh umat Kristiani dan umat Katolik, namun walaupun mereka sama-sama merayakan natal. Namun, mereka memiliki acara ibadah yang masing-masing berbeda. Pada agama Katolik, biasanya memang mempunyai jadwal ibadah yang sama seperti Kristiani. Perayaan Katolik lebih sunyi dan sepi, dan selalu mensakrla ibadahnya dengan bunyi gong dari gereja. Biasanya pada ibadah natal kedua akan Pastor akan memberikan persembahan untuk kita makan, biasanya berbentuk roti dan biasanya yang hanya bisa memakannya adalah orang yang benar beragama Katolik dan sudah dibaptis.

Nah, kalau bagi umat Kristiani acara ibadah natalnya sangat berbeda bagi agama Katolik, ibadahnya sangat meriah dan ramai. Ibadah pada Kristiani biasanya cenderung lebih banyak bersorak-sorai memuji Tuhan Yesus. Lalu, masing-masing yang mempunyai mujizat yang dari Tuhan Yesus, biasanya dia akan menceritakannya dalam ibadah yang masih berlangsung. Ini sering digunakan umat Kristiani, biasanya agar umat Kristiani lainnya menyadari bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita.

Tradisi Ibadah Natal di Rumah

Bila tadi kita sudah membaca ibadah pada diatas tentang ibadah gereja yang sudah dilakukan oleh umat Kristiani dan umat Katolik. Biasanya mereka juga akan mengadakan acara dirumah, bersama dengan keluarga-keluarganya. Apalagi umat Kristiani menurut mereka ibadah natal selain digereja juga sangat penting dilakukan ibadah juga saat dirumah. Biasanya ibadah natal di rumah agak sedikit berbeda dilakukan acaranya saat kita beribadah digereja ( Baca juga: Renungan Singkat Kristen ). Pada ibadah natal dirumah memang dilakukan ibadah yang sama didalam gereja, namun pada saat pemberitaan injil biasanya akan diwakilkan oleh salah satu anggota keluarga.

Dalam akhir ibadah keluarga biasanya memberikan ucapan selamat natal dengan satu-satu kepada semua orang. Lalu mengucapkan harapan natal dalam hidup kita yang akan kita jalanin untuk melanjutkan natal tahun berikutnya. Biasanya akan diadakan acara penutupan dengan acara terakhir yaitu makan malam, dengan dilakukan terlebih dahulu adalah doa dengan ucapan syukur. Setelah itu, biasanya mereka akan melakukan makan-makan bersama diantara keluarga masing-masing dan sambil mengobrol dan sambil bercanda ria dengan satu sama lain.

Nyanyain Umum Ibadah Natal

Natal juga terkenal dengan nyanyian yang khas dan hampir semua orang juga mengenal lagu natal selain umat Kristiani, dan umat Katolik. Jadi lagu nyanyian natal apa yang anda kenal yang biasa dinyanyikan di ibadah natal anda. Inilah berikut macam-macam lagu natal yang dikenal oleh berbagai macam orang.

  • Malam Kudus

Lagu malam kudus ini sering sekali dinyanyikan saat acara ibadah malam natal. Nyanyian ini memang terdengar dengan nada yang sunyi dan syaduh. Nyanyian malam kudus ini sudah sangat dihapal oleh semua anggota jemaat Kristiani dan Katolik. Jadi lagu malam kudus ini cukup lumayan populer dan banyak diketahui oleh banyak orang.

  • Gita Sorga Bergema

Lagu gita sorga bergema biasanya lagu ini selalu ada pada acara malam natal dan juga pada acara natal I dan juga acara natal II. Lagu gita sorga bergema sering sekali digunakan pada acara menjelang natal. Untuk itu lagu ini sering sekali di dengar oleh berbagai banyak orang, bahkan kalau kita melihat acara di tv pasti sering sekali akan mendengar lagu ini.

  • We Wish You Mery Christmas 

Nah, lagu ini pasti juga sering kalian dengar bukan. Lagu ini biasanya akan diputar pada ibadah natal kita akan menjelang penutupan dan sudah hampir mau selesai. Tidak hanya umat Kristiani dan umat Katolik yang mengenal lagu ini. Bahkan sering kali kita lihat umat lain sering menyanyikan lagu ini. Lagu ini juga sering sekali diputar pada semua ibadah perayaan acara natal. Tidak heran lagi makanya lagu we wish you merry christmas sangatlah cukup terkenal dan populer dikalangan masyarakat.

Lambang-Lambang Natal yang Sering Kita Lihat

Natal juga sering sekali mempunyai banyak gambar-gambaran dalam hidup kita, oleh karena itu sering kali natal juga mempunyai lambang-lambang sendiri. Sehingga lambang-lambang natal inilah yang mempunyai arti khusus bagi hidup kita. Lalu lambang natal apa saja sih yang sudah sangat berarti dalam hidup kita? Berikut ini adalah contoh lambang-lambang Natal yang mempunyai arti penting.

1. Gereja

Gereja adalah simbol bagi umat Kristiani dan Katolik sebagai tempat ibadah kita bertemu dengan Allah dan juru selamat kita Yesus Kristus. Tempat yang biasa untuk melakukan ibadah ini, juga sangat identik pada saat momen natal. Pada ibadah natal yang dilakukan pada gereja ini biasanya dilakukan acara yang cukup banyak dan dipenuhi oleh banyak orang yang ingin beribadah. Biasanya gereja-gereja yang sering dipenuhi tempat ibadah dan gereja yang sudah terkenal akan dimasukkin ke dalam berita dan di jaga oleh beberapa keamanan. Agar ibadah yang dilakukan umat dalam beribadah bisa menjadi lebih hikmat.

2. Pohon Natal

Pohon natal, juga sering identik bagi kita untuk merayakan ibadah natal kita agar lebih indah dan hikmat. Pohon natal awal mulanya mulai dibuat dan didekorasikan oleh negara Jerman. Pemasangan pohon natal digunakan dengan pohon-pohon cemara oleh negara Jerman. Ini dimulai pada abad ke-16 saat mula pemasangan pohon natal dengan menggunakan pohon cemara. Namun, setelah perkembangan jaman banyak sekali replika pohon natal yang biasa kita temukan di mall-mall besar. Di Indonesia memang mempunyai banyak pohon cemara, namun bila terjadi penebangan berlebihan akan membuat menjadi banjir. Akhirnya semakin berjalan waktu dan berjalannya teknologi dibuatlah replika yang sama persis dengan pohon cemara. Biasanya pohon natal dihias dengan banyak-banyak lampu, agar pohon lebih terlihat hidup dan menyala pada acara ibadah natal. Pohol natal akan memberikan warna yang terang bagi perayaan natal kita.

3. Lilin Natal

Natal selain melengkapi ibadah dalam gereja, biasanya didalam perayaan ibadah natal gereja dia juga memberikan lilin bagi masing-masing umatnya. Karena pada pertengahan ibadah biasa diadakan acara malam kudus, dengan menyalakan lilin-lilin kecil yang sudah dibagikan oleh pelayan-pelayan gereja. Dan akan dinyalakan melalu Pendeta dengan mengikuti para pelayan gereja yang akan membagikan api ke umat gereja. Perayaan lilin biasanya dijalakan pada acara malam kudus, dan lampu ibadah gereja dimatikan dan membuat hanya lilin-lilin yang menjalan pada sekitar kita. Ini dilakukan menggunakan dengan lilin, agar ibadah natal semakin menarik dan semakin hikmat untuk kita nikmatin dalam kita berhadapan dengan Tuhan.

4. Santa Claus

Bila anda memikirkan tentang natal, anda pasti sering kali meminta permohonan pada yang anda tuliskan dikertas, lalu anda meletakkan kertasnya tersebut dibawah pohon natal anda. Lalu ada akan membayangkan hadiahnya akan datang besok. Apalagi santa claus sering sekali di idamkan oleh anak-anak, padahal santa claus sebenarnya tidak pernah ada. Ini hanya buatan dalam film saja, agar momen natal menjadi lebih menarik dan terasa indah. Namun, jika kita melihat dijalan ataupun di mall saat perayaan natal. Banyak sekali orang yang menirukan dirinya seperti santa claus, biasanya dia akan membagikan hadiah-hadiah kecil kepada pengujung atau juga memberikan permen.

5. Tukar Kado

Acara tukar kado juga biasanya sering dilakukan oleh keluarga atau teman anda, pada saat momen natal sedang berlangsung. Tukar kado ini biasanya akan memperikat tali persaudaraan hubungan kita menjadi semakin dekat lagi di sekeliling orang disekitar anda. Biasanya masing-masing akan membeli hadiah dengan target nominal yang sudah ditentukan. Lalu, biasanya kado akan diberikan nomor-nomor kado dan masing-masing akan mengambil undian sesuai nomor yang dia dapatkan. Biasanya pada acara itu sangatlah seru, mereka akan bercanda ria dan tertawa bersama-sama. Lalu biasanya mereka akan melakukan foto-foto dengan kado yang dia dapatkan.

Setelah membaca penjelasan sedikit tentang natal, jadi apa yang kalian dapatkan dari artikel ini? Apakah natal momen yang sangat anda tunggu bersama keluarga anda? Jika natal merupakan momen yang ada tunggu lalu apakah makna natal bagi kehidupan kalian sendiri? Jika makna natal bagi kehidupan kalian sama dengan artikel ini, supaya momen natal ini dapat membahagiakan keluarga anda. Lalu bagaimana tradisi ibadah natal yang anda lakukan digereja anda dan juga yang anda lakukan dirumah? apakah acara tradisi natal anda sama dengan artikel ini? Lalu lambang natal apa yang menggambarkan bagi hidup anda? apakah ada salah satu dari artikel tersebut? Pokoknya apapun itu, semoga ibadah natal anda menjadi nikmat dan lancar yah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 16th, March 2017 / 03:26 Oleh :
Kategori : Natal