Sponsors Link

3 Ajaran Gereja Tentang Tritunggal Mahakudus Dalam Rumusannya

Sponsors Link

Judul yang saya angkat kali ini yaitu mengenai ajaran Gereja tentang Tritunggal Mahakudus atau yang juga dikenal sebagai Trinitas dalam Kristen adalah salah satu topik yang bisa dibilang seringkali diperdebatkan dalam masyarakat kita. Yang perlu Anda ketahui dan ingat – ingat adalah kita sebagai seorang manusia memiliki pengetahuan dan pengertian yang terbatas akan Tuhan dan segala rancangan-Nya dalam hidup kita. Apabila kita mengetahui segala sesuatu, mungkin saja kita akan meragukan bahkan tidak mempercayai akan adanya keberadaan Tuhan. Apa yang telah Tuhan sampaikan melalui kitab suci adalah Ia hanya meminta kita untuk percaya dan merenungkan bahwa rencana-Nya pasti akan indah pada waktu-Nya.

ads

Tritunggal Mahakudus sendiri berarti bahwa ada satu Tuhan dengan tiga pribadi. Mungkin memang pengertian Tritunggal Mahakudus bisa dianalogikan dengan hal – hal yang lainnya, ambil saja contohnya sebagai matahari. Matahari dapat memancarkan energi panas, dan membantu menyinari bumi, bagaimanapun juga matahari tetaplah satu matahari walaupun ia memiliki dua fungsi yang berbeda. Tentunya akan ada perbedaan persepsi dan cara pandang ataupun cara pikir mengenai hal ini, tetapi yang pasti Allah Bapa telah mengutus Yesus Kristus sebagai pernyataan akan diri-Nya sendiri yang membuat kita mempercayai akan Tritunggal Mahakudus. Tri berarti tiga, dan tunggal berarti menjadi satu. Ketika pribadi yang ada dalam Tritunggal Mahakudus adalah Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus. Saya akan berusaha memberikan penjelasan akan masing – masing pribadi sesuai rumusannya dengan apa yang bisa anda ketahui, sebagai berikut:

1. Allah Bapa

Allah Bapa adalah pribadi pertama dalam ketiga pribadi pada Allah Tritunggal. Kita pertama – tama mengenal Allah Bapa karena Yesus sendiri seringkali berdoa kepada Bapa-Nya di surga. Sama seperti yang telah Yesus katakan, “Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa” (Yohanes 14:7, 9). Dengan mengenali Tuhan Yesus melalui semua perumpamaan yang Ia buat dan berusaha mengenal Yesus dengan lebih dekat lagi dengan melakukan renungan atas ayat – ayat yang ada pada kitab suci, kita secara langsung juga mengenal Allah Bapa itu sendiri karena mereka adalah satu.

Sebelum mengenal Allah Bapa melalui Yesus, Allah Bapa adalah Allah yang sama yang membentuk bumi dan menciptakan kehidupan di bumi, membimbing kaum Israel keluar dari Mesir dan adalah Allah yang sama yang membimbing dan mengangkat Abraham sebagai Bapa Segala Bangsa. Dan karena cinta-Nya yang besar, Allah Bapa mengutus Yesus sebagai pribadi yang kedua.

2. Allah Putra

Allah Putra adalah pribadi kedua dalam ajaran Gereja tentang Tritunggal Mahakudus. Dan seperti yang kita ketahui, Ia adalah Yesus Kristus sendiri. Salah satu tujuan ataupun makna kelahiran Yesus Kristus atau kedatangan Yesus ke dunia adalah untuk menjembatani hubungan Allah dan manusia yang rusak karena dosa. Adanya Yesus yang telah datang ditengah – tengah kita membuat kita menjadi lebih mengerti tentang pribadi Allah. Tentang bagaimana Allah sendiri mau menjadi seperti manusia dan merasakan semua yang kita rasakan.

Karakter Kristus sendiri juga 100% Allah dan 100% manusia dan hal inilah yang membantu para rasul untuk bisa lebih dekat dengan Kristus. Kedatangan Kristus ke dunia membuat kita mengenal pribadi Allah secara lebih jauh, mengenal betapa baiknya Allah, dan betapa pedulinya Allah akan keselamatan manusia ciptaan-Nya. Apabila diibaratkan, Allah itu seperti samudra luas yang tidak terselami, dengan adanya Yesus, kita bisa mengerti sedikit lebih jelas akan rupa dan sifat – sifat baik Allah untuk membantu menyelamatkan kita dari dosa yang menghantar kita pada kematian dan maut.

3. Allah Roh Kudus

Sponsors Link

Dan pribadi yang ketiga adalah Allah Roh Kudus. Allah Roh Kudus adalah Roh Allah sendiri yang bekerja untuk membimbing dan menyertai kita sepanjang hidup. Atas adanya keberadaan Roh Kuduslah kita dimampukan untuk melakukan berbagai kebaikan dan menghasilkan beberapa buah-buah Roh Kudus atas penyertaan-Nya. Roh Kudus membantu kita dan memampukan kita untuk melakukan berbagai hal baik dengan lebih maksimal. Sama seperti kejadian pada malam pentakosta pada jaman Yesus, banyak dari murid-Nya yang berduka dan ketika turun pencurahan Roh Kudus dalam bentuk lidah – lidah api, para murid Yesus menjadi lebih dikuatkan dan terhibur. Untuk mendapatkan karunia Roh Kudus yang memiliki dampak besar yang baik pada kehidupan kita, tentunya kita harus semakin mendekat kepada Allah dan mematuhi perintah – perintah-Nya.

Dan hal yang perlu Anda ingat – ingat adalah Allah tetap sama sejak dahulu hingga selama – lamanya. Ia akan tetap mencintai dan menyertai manusia untuk menuju kedapa keselamatan yang datang dari padaNya. Itulah beberapa hal mengenai ajaran Gereja tentang Tritunggal Mahakudus yang bisa saya sampaikan kepada Anda. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai topik yang seringklai dibicarakan dalam masyarakat ini Anda bisa memiliki niatan yang lebih untuk mengenal Allah secara lebih dekat. Dan selain itu, semoga tujuan kita ke Gereja tidak hanya untuk mendengarkan pastor ataupun pendeta yang sedang berkotbah lalu melupakan hal yang dikotbahkan, melainkan bisa merenungi dan meresapi serta menerapkan segala hal baik yang telah disampaikan dalam kehidupan kita sehari – hari. Terima kasih atas kesetiaan Anda untuk tetap berada disini bersama kami dan membaca berbagai artikel kristiani yang kami suguhkan. Semoga artikel –  artikel kami bisa membantu Anda untuk mendapatkan siraman rohani yang lebih baik dan dapat membantu Anda untuk sedikit demi sedikit mengembangkan iman dan kepercayaan Anda pada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gereja