Sponsors Link

12 Prinsip Gereja Terhadap Politik Sesuai Ajaran Alkitab

Sponsors Link

Dalam semua aspek kehidupan pasti kita akan mengalaminya dan dalam bersikap harus sesuai dengan ajaran yang kita yakini sesuai dengan sejarah agama kristen. Dalam Alkitab semua sudah diajarkan dan diberitahu sesuai dengan ajaran kristen yang harus diteladani. Umat kristen memiliki tanggungjawab untuk menciptakan keadilan sosial, ekonomi,politik, budaya dan lain-lainnya sesuai dengan cita-cita bersama di Indonesia. Hal ini harus dilihat bagaimana prinsip gereja terhadap aspek-aspek berkehidupan di masa sekarang. Contohnya bagimana prinsip gereja terhadap politik, arti politik sendiri adalah pengetahuan terkait tentang ketatanegaraan yang merupakan tindakan pemerintah untuk bertindak dan membuat kebijakan di suatu negara. Artikel ini akan menjelaskan tentang seperti apa prinsip gereja yang akan diterapkan kaitannya dengan kehidupan berpolitik.

ads

Prinsip_prinsip Kristiani dalam Kehidupan Berpolitik

  1. Memberikan kasih kepada tuhan, kepada diri sendiri dan sesama manusia serta kepada alam semesta merupakan hukum kasih dalam Alkitab.
  2. Sikap kebangsaan, kita merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang mempunyai senasib dan sepenanggungan dan mempunyai cita-cita nasional yang sama dengan masyarakat yang adil dan makmur dilandasi dengan pancasila
  3. Kemerdekaan, bebas untuk berbicara, berkumpul dan berserikat serta berhak atas hak-hak yang telah diatur dalam Undang-Undang 1945. atau kalau dilihat dari segi negatifnya maka dapat terhindar dari penjajahan, penindasan serta ketakutan yang mengintimidasi dari siapapun secara langsung ataupun tidak langsung.
  4. Menjunjung keadilan, setiap orang mempunyai hak untuk mendapat perlakukan yang adil, disini tugas negara yang harus memastikan bahwa setiap warganya memperoleh keadilan.
  5. Mencari kebenaran, kebenaran adalah milik Tuhan akan bersifa abadi tidak bisa diganggu gugat.
  6. Kesetiakawanan, mempunyai empati terhadap sukses dan kegagalan yang dialami oleh oranglain, setia kepada oranglain khususnya selalu ada disaat mereka menderita.
  7. Berjiwa tulus, berani menerima kekalahan dan menghormati kemenangan oranglain, dapat berbuat sesuai dengan perkataan, tidak memiliki niat lain dibalik memberikan bantuan sebagai manfaat berdoa bagi orang kristen.
  8. Kejujuran, berani dalam mengakui kekurangan yang ada pada dirinya, dan mampu bersikap obeyktif untuk mengatakan salah itu salah dan benar itu benar.
  9. Kerendahan hati, tidak sombong dan merendahkan oranglain dan mampu bersikap mendengarkan cerita orang dan siap melayani dan memberi bantuan itulah tujuan hidup orang kristen.
  10. Menjadi pelopor, mempunyai kesiapan dan keberanian untuk mengambil suatu tantangan untuk meningkatkan prestasi demi kepentingan bersama.
  11. Kesamaan, setiap manusia memiliki martabat yang sama dan memiliki hak dan kewaiban yang sama dimata hukum dan pemerintah, agar dapat menerima perlakuan yang adil.
  12. Kesetiaan, dapat menjalankan tugas sesuai dengan apa yang sudah dipercayakan dan dapat setia kepada bangsa dan negaranya

Menurut Alkitab, prinsip gereja terhadap politik adalah segala upaya dan suatu proses untuk memahami dan cara memaknai relitas politik dari cara pandang dan cara berpikir yang telah diajarkan dalam Alkitab. Mengupayakan suatu kesejahteraan kota dalam hal ini dimaksud dengan politik merupakan suatu amanat yang dituliskan Alkitab untuk seluruh umat Tuhan dan memberikan arti dari pengertian dosa menurut Alkitab. Maka dari itu penataan politik tidak bisa lepas dari urusan Tuhan tanpa melihat tempat, ruang dan waktu. Apa yang tercantum dan diajarkan oleh alkitab bukan semata-mata konsep atau aturan yang baku melainkan hanya suatu konsepsi yang dijadikan poros kepada para umat Tuhan, dan Alkitab memberikan kesempatan untuk merumuskan seluas-luasnya apa yang dimaksud dengan kehidupan berpolitik.

Demikian penjelasan mengenai prinsip gereja terhadap politik, hal ini adapt menjadi catatan bagi kita untuk dapat mematuhi dan meneladani sesuai dengan ajaran gereja dalam berpolitik, jangan sampai menyalahgunakan sesuatu yang sudah diperintahkan serta wewenang yang sudah dipercaya. Semoga bermanfaat dan terimakasiih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Gereja