Sponsors Link

Perkembangan Sejarah Gereja Perdana Beserta Ajarannya

Sponsors Link

Pembahasan yang menarik dan penuh dengan sejarah agama kristen apabila membicarakan tentang sejarah gereja perdana atau lebih dikenal dengan sebutan Gereja Orthodox sesuai dengan hukum kasih dalam Alkitab. Banyak orang yang akan merasa asing dan bingung dengan istilah tersebut karena belum banyak yang mengetahui asal dari gereja tersebut dan merupakan aliran yang seperti apa, terlebih bagi orang-orang di Indonesia yang belum mengenal keberadaan Gereja Orthodox.

ads

Pengertian Gereja Perdana

Pengertian sederhana dari Gereja Perdana adalah menggambarkan bahwa Gereja Perdana merupakan gereja mula-mula atau gereja yang awal berdiri. Hal ini merupakan pengertian suatu kumpulan umat yang mempercayai bahwa Yesus Kristus merupakan Tuhan dan Guru, yang merupakan Sang Juru Selamat. Kisah yang menceritakan tentang Yesus Kristus berawal dari Yesus Kristus wafat, lalu dimakamkan dan bangkit kembali lalu naik ke surga. Setelah itu para pengikut Yesus Kristus bersatu membentuk suatu perkumpulan. Seperti dapat diketahui bahwa pada putusan pengadilan yang diatur pada Pemerintahan Romawi yang dialami oleh Yesus Kristus. Pada saat sidang sedang berlangsung sebagian besar umatNya tidak menyingkir, mereka telah mengendap-endap dari kejauhan melihat secara langsung Gurunya diadili dan dibawa ke pengadilan. Namun sesuai dengan perkataan dan perintah dari Yesus Kristus, para pengikutNya mengerti dan semua telah terjadi sesuai dengan apa yang telah disampaikanNya. Sejak saat itu mulai berdiri gereja, jemaat atau pengikut Kristus.

Perkembangan Gereja Perdana

Perkumpulan yang telah terbentuk yang memberikan nama bagi dirinya dengan gereja atau jemaat dewasa mulai berlomba untuk membuktikan bahwa kumpulan mereka yang paling pantas untuk disebut sebagai penerus ajaran para murid Kristus. Mereka akan berlomba untuk melihat siapa yang lebih berkompeten dan paling mengerti dari semua ajaran murid Kristus. Hal ini disebabkan karena para kelompok ini berebut untuk dianggap merekalah yang dapat disebut dengan Gereja Perdana. Perkumpulan ini akan berusaha untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan Gereja Perdana dan akan mengikutinya sebagai kebiasaan hidup mereka dan hal ini adalah manfaat berdoa bagi orang kristen.

Ketika Yesus Kristus masih bersama para murid-muridNya dalam Injil Matius Mat16:18 yang berkata “dan Akupun berkata kepadamu : Engkau adalah Petrus dan di atas abtu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Melalui ayat tersebut para pengikut Kristus yakin bahwa gereja dan jemaat telah didirikan oleh para murid Kristus. Mereka meyakini bahwa pimpinan dari murid-murid Kristus adalah Petru si Batu Karang atau si Kefa. Petrus merupakan murid yang paling sering tampil dan dianggap sebagai juru bicara diantara pada murid Kristus, hal ini dapat dilihat dari Kisah Para Rasul di Perjanjian Baru.

Peran Simon Petrus

Pada Injil Yohanes yang merupakan salah satu dari empat Injil Kanonik, terdapat pada Yoh 21:15-17 yaitu bahwa Yesus Kristus pernah sampai tiga kali memberi perintah pada Petrus untuk menggembalakan domba-domba yang dimiliki oleh Kristus. Pada akhirnya ditarik kesimpulan bahwa Gereja Perdana tidak pernah lepas dari kehadiran Simon Petrus. Sehingga para kumpulan yang ada menganggap mereka adalah kumpulan pengikut Kristus dan menempatkan Petrus sebagai gembala jemaat.

Ajaran Gereja Perdana

Dalam Yesus, Allah telah menjadi manusia (Yoh 1:14) yang artinya dapat dilihat dan nampak dengan kasat mata (1 Tim 3:16, 1 Yoh 1 : 1) dan dengan ini dapat digambarkan. Menjelaskan tentang sosok Allah yang merupakan penampakan sebagai manusia yang digambar bukan menjelaskan tentang ke-AllahanNya yang tidak terlihat. Dalam Gereja Perdana sangat melarang menggunakan patung, melainkan menggunakan dan lebih menekankan sebagai sebuah Ikon. Karena Yesus Kristus lah Allah itu (Kol 1:15).

Dari sejarah Gereja Perdana dan beberapa pembelajaran yang dapat kita ambil sebagai pembelajaran adalah kita harus merefleksikan hidup dan mengambil pembelajaran dari nilai-nilai yang terdapat pada Gereja di abad pertama untuk mendapatkan kekuatan bertahan dan berkembang dalam mengenal Tuhan Yesus yang sesuai dengan ajaran. Mengajak untuk mengembalikan panggilan kita terhadap Gereja milik Kristus yang dibuat dari batu karang yang teguh dan kuat. Sehingga pada tahun-tahun selanjutnya dapat diteruskan kembali ajaran mata rantai Gereja Tuhan dengan pengenalan ajaran Kristus kepada generasi selanjutnya.

Teladan yang dimiliki dan diberikan oleh Gereja Perdana harus diteladani dan diikuti serta dikembangan agar Gereja bisa memberikan terang Injil Kristus dan memberitahu kepada seluruh dunia dan menjadi tujuan hidup orang kristen. Maka dengan itu kita harus teladan dalam mempelajari firman-firman Tuhan dan menerapkannya pada kehidupan kita sehari-hari dan tidak lupa untuk tekun pada ibadan dan doa kepada Tuhan untuk selalu diberi kekuatan dalam menjalani hidup serta selalu setia pada ajaranNya dan menyadari tentang pengertian dosa menurut Alkitab. Kiranya semoga Tuhan memberikan nikmat dan anugerahNya kepada kita semua dan memberikan pengetahuan yang benar serta meneruskan apa yang sudah dimulai oleh Gereja di Abad pertama.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Gereja