Sponsors Link

5 Ayat Alkitab Tentang Orang Egois Secara Tersirat yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Ada beberapa ayat Alkitab tentang orang egois yang tujuannya mengingatkan umat Kristen agar menjauhi hal tersebut. Meskipun tidak tersirat secara jelas dan utama, tetapi bentuk sifat egois bukanlah sesuatu yang dikehendaki Allah dalam hidup orang percaya. Oleh sebab itu sangat penting memahami sikap hidup mana yang perlu dilakukan. Seperti misalnya melalui buah-buah Roh Kudus yang jelas-jelas tidak termasuk bersifat egois. Untuk lebih jelasnya akan hal tersebut, simak berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang orang egois yang sebaiknya berusaha dihindari dan jangan sampai terjebak melakukan hal tersebut.

ads

1. Tidak Mengenal Kasih

Hal pertama yang berkaitan yaitu bahwa rasa egois ini tidak mengenal kasih kepada sesama. Padahal jelas firman Tuhan mengatakan pada Matius 22:39 “Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Dengan demikian maka mutlak Tuhan ingin umat Kristen mengasihi sesamanya dengan jalan salah satunya tidak melakukan perbuatan egois namun melakukan perbuatan baik seturut dengan tuntunan tujuan karunia Roh Kudus.

2. Tidak Murah Hati

Perbuatan yang egois sama halnya dengan perbuatan yang jauh dari kata murah hati. Padahal buah roh mengajarkan umat Kristen supaya selalu berbuat murah hati kepada sesama. Egois artinya hanya mementingkan diri sendiri. Karena itu sebaiknya hindari bersikap egois dan mulai lakukan cara berdoa dalam roh supaya dapat lebih murah hati terhadap sesama kita.

3. Tidak Setia

Egois bisa jadi merupakan salah satu bentuk perbuatan yang tidak melakukan contoh kesetiaan dalam Alkitab. Termasuk dalam hal iman menjadi tidak setia kepada Allah. Saat mementingkan diri sendiri, misalnya memikirkan keselamatan diri sendiri, maka bisa jadi orang yang egois akan beralih setia dari Allah demi mengutamakan kehidupannya. Misalkan saat harus memilih antara duniawi dan Allah. Di sini ayat Alkitab tentang orang egois yang tidak setia tertera jelas pada Lukas 16:11 “Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?” Tuhan jelas mengutarakan bahwa mereka yang jauh dari setia tidak akan dipercayakan harta yang lebih besar dan berharga.

4. Tidak Rendah Hati

Orang egois juga umumnya tidak bisa melakukan ciri-ciri rendah hati menurut Alkitab. Padahal firman Allah pada Amsal 18:12 menyatakan “Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.” Karena itu jika ingin mendapat rasa hormat dan kebaikan sebaiknya jangan egois ataupun sombong.

5. Jauh Dari Damai Sejahtera

Egois tentunya akan membuat umat Kristen jauh dari damai sejahtera. Karena itu sebaiknya hindari perbuatan tersebut. Gantikan dengan perbuatan baik yang mengasihi sesama. Sehingga hal tersebut akan membawa hidup yang dipenuhi peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya dan ketenangan jiwa.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang orang egois yang tersirat secara tidak langsung melalui beberapa firman Allah. Walau rasa egois ini tidak dijelaskan dengan spesifik, tetapi semua umat Tuhan tentu memahami bahwa hal tersebut tidak berkenan di hadapan Tuhan. Terutama karena tidak sesuai dengan prinsip kasih tentang Alkitab yang selalu diutamakan. Oleh sebab itu sebaiknya hindari sikap egois dan utamakan kebaikan atau berbuat baik dalam kehidupan. Sehingga dengan demikian maka Tuhan akan berkenan pada segala perbuatan kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen
Search
Sharing Kristen

Kebiasaan Unik Perayaan Natal Yang wajib dilakukan umat kristiani !