Sponsors Link

5 Contoh Kesetiaan dalam Alkitab yang Bisa Anda Tiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Kesetiaan adalah salah satu sifat dari Allah. Dalam kehidupan sehari-hari seperti hubungan dengan Tuhan dan sesama kesetiaan sangat diperlukan. Perlu kita ingat bahwa terdapat 9 buah-buah roh kudus yaitu :

ads
  1. Kasih, hukum kasih dalam Alkitab berbunyi untuk mengasihhi Allah dan sesama kita manusia.
  2. Suka cita, jika kita dipenuhi kasih kita akan bersuka cita senantiasa.
  3. Damai sejahtera, Tuhan akan mengisi kekosongan hati kita dengan damai sejahtera.
  4. Kesabaran, Allah menghendaki kita untuk panjang sabar.
  5. Kemurahan, Allah juga mengutus kita untuk bermurah hati kepada siapa pun.
  6. Kebaikan, berbuat baiklah tanpa pandang bulu.
  7. Kesetiaan, setialah karena Allah kita setia dulu, sekarang, dan selamanya.
  8. Kelemahlembutan, Allah mengajarkan kita untuk mempunyai hati yang lemah lembut.
  9. Penguasaan diri, kita harus dapat menguasai diri kita agar tidak jatuh ke dalam dosa.

Jadi dapat dikatakan bahwa kesetiaan termasuk satu dari 9 buah roh yang diajarkan contoh kesetiaan dalam Alkitab oleh Tuhan. Amsal mengatakan, banyak orang menyebut dirinya baik hati tetapi, jarang ditemukan pribadi yang setia. Kesetiaan mempunyai banyak definisi di antaranya :

  • Berpegang teguh terhadap janji karena janji Tuhan bagi orang percaya adalah ya dan amien
  • Patuh dan taat
  • Seberat apa pun tugas yang diberikan tetap pribadi tersebut harus menjalaninya tanpa komplain

Kesetiaan menurut alkitab di perjanjian lama adalah :

  • Kokoh
  • Tidak tergoyahkan
  • Tidak berubah
  • Kebenaran
  • Tulus

Alkitab sendiri mengatakan bahwa kasih Allah tetap selamanya, tidak berubah, dan kasih setia-Nya tetap selama-lamanya. Sedangkan dalam perjanjian baru, kesetiaan dapat diartikan sebagai :

  1. Dapat dipercaya
  2. Taat
  3. Orang percaya
  4. Mempercayai
  5. Pasti
  6. Benar

Janji-janji Tuhan bagi orang yang setia dapat kita lihat pada Ulangan 28:1 di mana ayat tersebut mengatakan Tuhan Allah akan mengangkat kita di atas di antara segala bangsa yang ada di bumi jika kita mendengarkan baik-baik suara-Nya dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya. Tetap di Ulangan 28:13-14, Tuhan Allah akan mengangkat kita menjadi kepala dan bukan ekor dan dibuatnya kita terus naik bukan turun jika kita melakukan perintah-Nya dengan setia.

Apa pun akan diberikan-Nya asal kita melakukannya dengan setia.

Contoh-contoh karakter Kristus salah satunya adalah setia dapat dilihat dari:

Sponsors Link

  • Tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri

Tetap lurus dengan apa yang dikehendaki oleh Tuhan, tidak mencari jalan lain untuk menyelesaikan masalah. Ulangan 5:32-33, mengingatkan kita untuk melakukan semuanya itu dengan setia, jangan contoh kesetiaan dalam Alkitab menyimpang ke kanan dan ke kiri agar lanjut lanjut umur di negeri yang ditempati.

  • Bertahan sampai garis akhir

Ketaatan sampai akhir ini dimaksudkan adalah tidak hanya taat sebagian dan menunda waktu untuk taat. Tuhan menghendaki anak-anaknya taat sampai akhir dengan tidak hanya sebagian atau menundanya. Wahyu 2:10, mengingatkan kita untuk setia sampai mati agar kita memperoleh mahkota kehidupan.

Contoh-contoh tokoh alkitab yang tidak setia :

  • Raja Saul, Raja Saul terkenal dalam memimpin kerajaannya tetapi ia juga jatuh ke dalam dosa. Ia berdosa karena tidak memusnahkan semua ternak dan menyimpan yang baik-baik dengan dalih untuk dipersembahkan pada Tuhan
    Sponsors Link

  • Simon Petrus, Simon Petrus adalah salah satu murid Yesus yang menyangkal Yesus dengan tidak mengakui kalau ia kenal dan murid Yesus
  • Yudas Iskariot, Yudas Iskariot juga salah satu murid Yesus tetapi ia menjual Yesus dengan harga 30 perak

Contoh-contoh tokoh-tokoh alkitab yang kesetiaannya dapat kita contoh :

  • Sadrakh, Mesakh,  dan Abednego, kisah mereka bertiga ini diawali dengan mereka yang tidak mau menyembah berhala yang disuruh oleh Firaun dan memilih untuk tetap setia kepada Allah dan akhirnya mereka dimasukkan ke dalam dapur api tetapi, karena kesetiaan mereka Allah membela mereka
  • Daniel, Sama dengan cerita Sadarakh, Mesakh, dan Abednego, Daniel tetap setia kepada Allah walau pun sudah dimasukkan ke dalam goa singa Rasul Paulus, Rasul Paulus pernah dipenjara, disiksa, dan didear hampir mati untuk memberitakan contoh kesetiaan dalam Alkitab kebenaran tetapi ia tetap setia sampai garis akhirnya

Apa akibatnya kalau kita berlaku tidak setia? Allah akan menyembunyikan wajah-Nya dan melihat bagaimana akhir kita. Selayaknya buku, kehidupan kita harusnya membanggakan Allah agar nama kita berada dalam catatan kehidupan-Nya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Kristen