Sponsors Link

5 Cara Berdoa Dalam Roh Untuk Umat Kristiani

Sponsors Link

Cara berdoa dalam roh merupakan cara berdoa yang harus dilakukan oleh setiap orang percaya sehingga boleh dapat menjadi ciri orang bijak menurut alkitab. Seperti yang diketahui bahwa doa merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh manusia untuk berbicara dengan Tuhan. Pada awalnya manusia dapat berbicara kepada Allah tanpa ada halangan ataupun batasan namun akibat dari jatuhnya manusia ke dalam dosa membuat hal ini tidak mungkin lagi dilakukan oleh manusia, hal ini dapat di lihat dalam perjanjian lama yang mana tidak semua manusia dapat melihat ataupun bebricara langsung kepadaNya.

ads

Namun semua ini dipatahkan oleh matinya Yesus Kristus di atas kayu salib yang menggenapkan janji Tuhan bagi orang percaya sehingga hubungan antara manusia dengan Allah bolehlah dikembalikan seperti sedia kala. Berdoa wajib hukumnya untuk dilakukan karena dengan demikian iman boleh bertumbuh karena dekat dengan Tuhan setiap harinya. Cara berdoa dalam roh haruslah sesuai dengan kehendak Allah, cara berdoa dalam roh dapat seperti:

  1. Berdoa dengan pimpinan roh

Cara berdoa dalam roh adalah dengan mengikuti pimpinan roh kudus itu sendiri. Roh kudus boleh ada hingga saat ini menemani manusia setiap harinya karena ini merupakan bukti nyata dari janji Tuhan sendir untuk menyertai manusia hingga hari kesudahannya. Roh kudus mengetahui apa yang paling di butuhkan oleh manusia hingga kelemahan manusia sendiri sehingga ketika berdoa bolehlah diingatkan agar semua kekurangan kita di atasi dan diserahkan kepada Tuhan.

Dalam roma 8:26 berkata “Demikian juga roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapo roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucap”.

  1. Perkara berdoa tidak hanya sebatas bahasa roh

Bahasa roh adakalanya terdengar asing di telinga beberapa orang karena pada dasarnya bahasa roh tidak semuanya dapat melakukannya. Bahasa roh sering diartikan oleh sekelompok orang sebagai salah satu cara berdoa dalam roh. Bahasa roh sering dikatakan sebagai bahasa dalam bahasa lidah. Bahasa roh terjadi ketika berdoa dalam bahasa lidah, bahasa lidah tidak dapat dimengerti oleh orang-orang kebanyakan karena bahasa yang di ucapkan tidak diketahui dan tidak dapat dipahami. Namun ini semua kembali lagi kepada diri masinh-masing, orang yang tidak dapat berbahasa roh bukan berarti tidak memiliki iman dihadapan Allah karena tidak semua orang dikaruniakan dengan kemampuan ini.

Semua orang sama di hadapan Allah asalkan hati dan iman ketika berdoa hanya tertuju kepada Allah maka tentunya doa yang biasa pun akan di dengarkan oleh Dia. Berdoa sejatinya haruslah berdasarkan pimpinan roh kudus dan menurut kehendakNya sehingga tidak dapat di ukur dalam bahasa lidah, dalam perkara ini kita juga dapat melihat bagaimana karakter Kristus dan keteladanan Yesus Kristus dalam berdoa.

  1. Berdoa haruslah menyembah dalam roh dan kebenaran

Berdoa merupakan senjata yang harus di siapkan dan dimiliki oleh tiap orang percaya dalam menghadapi dunia yang jahat ini. Berdoa dalam roh dapat juga di artikan sebagai salah satu penyembahan kepada Allah karena dengan berdoa kita dapat menyalurkan dan menunjukan kerinduan kita kepada Dia atas hadirat dan kasihNya. Dalam yohanes 4:25 berkata “Allah adalah roh dan barang siapa yang menyembah dia harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran” dengan demikian bagi orang percaya yang menyembahnya harus pula di baptis hal ini dapat diperharikan dalam ayat alkitab tentang baptisan.

Perlu diketahui oleh semua orang bahwa berdoa bukan sekedar tata cara atau bagian dalam proses penyembahan semata melainkan aktivitas yang senantiasa harus dilakukan setiap harinya. Berdoa juga haruslah dalam kebenaran karena ketika kita berdoa bukan hanya didengar oleh manusia namun kepada Allah sehingga segala sesuatunya di dengarkan oleh Dia.

Sponsors Link

  1. Berdoa dalam kekudusan

Manusia di tuntut untuk senantiasa memelihara hidup yang kudus dandam berkenan di hadapan Allah. Roh kudus yang terdapat dalam diri manusia memerlukan bejana yang kudus pula, manusia adalah bejana Allah sehingga bejana yang kudus dan berkenan dihadapan Allah adalah kesukaannya.

Meskipun demikian manusia yang berdosa tidak dapat menjadi bagian dalam bejana Allah ini, hati yang rindu akan hadirat Tuhan merupakandan awal dari hidup yang memunculkan kekudusan bagi tubuhnya. Berdoa dalam kekudusan artinya menjaga kondisi hati dan pikiran kita saat berdoa untuk tidak terpengaruh oleh gangguan dunia. Berdoa dalam kekudusan artinya melibarkan Allah di dalamnya.

  1. Rendah hati dan terbuka di hadapan Allah
Sponsors Link

Berdoa juga harus dilakukan dengan rendah hati dan terbuka dihadapan Allah, manusia tidak akan dekat dengan Allah jika masih saja di sekat oleh kesombongan yang menimbulkan dosa. Rendah hati menunjukan bahwa manusia benar membutuhkan kehadiratan Tuhan dalam hidupnya dan terbuka menunjukan bahwa manusia menyerahkan segala sesuatunya hanya ke dalam tangan Tuhan.

Karena manusia adalah bejananya Tuhan maka suatu bejana haruslah terbuka agar dapat dipenuhi dan di isi oleh Allah sehingga manusia boleh mencerminkan Allah itu sendiri. Berdoa bukan hanya sekedar pintar dalam merangkai kata-kata dan di dengarkan oleh manusia, berdoa artinya berbicara dengan penuh kejujuran kepada Allah.

Perlu diketahui puls berdoa janganlah hanya melibat kekuatan sendiri namun turut mengajak Tuhan untuk menjadi bagian dari kekuatan kita sehingga setiap harinya kita boleh diperbaharui, perkara ini dapat dilihat dalam alkitab tentang bertobat karena ketika bertobat juga memerlukan doa di dalamnya. Perkara berdoa memang terlihat mudah namun sebenarnya lebih rumit sehingga memerlukan pengertian dari Tuhan agar manusis dapat melakukannya dengan baik menurut kehendakNya, tujuan diturunkannya kitab taurat juga dapat membantu manusia untuk lebih memahami kehendak Tuhan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Doa