Sponsors Link

3 Bentuk Pelayanan Koinonia Dalam Tugasnya di Gereja

Sponsors Link

Gereja membantu kita sebagai umat kristiani agar kita bisa memiliki ukuran pertumbuhan rohani yang semakin besar dan menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepannya nanti. Ada berbagai hal yang dilakukan oleh Gereja, dan hal – hal ini memiliki beberapa bentuk pelayanan dan salah satu bentuk dari pelayanan itu sendiri adalah bentuk pelayanan koinonia. Berbicara mengenai koinonia atau persekutuan, mungkin banyak orang akan menganggap bahwa hal yang bisa kita lakukan untuk melaksanakan bentuk pelayanan ini hanyalah dengan secara rutin mengikuti ibadah yang diadakan di gereja masing – masing.

ads

Tetapi ternyata, bentuk pelayanan ini sebenarnya lebih fundamental dan menargetkan kita untuk melakukan hal – hal kecil yang bisa kita lakukan sehubungan dengan persekutuan. Yang ingin Gereja lakukan adalah membuat adanya transformasi sehingga umat bis amenjadi umat yang lebih baik dan tetap berada pada jalan Tuhan. Karena memang ada beberapa jenis pelayanan yang dilakukan oleh Gereja, maka berikut ini adalah beberapa bentuk pelayanan berjenis koinonia yang bisa kita lakukan.

1. Mengikuti doa lingkungan

Bentuk pelayanan koinonia pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti doa lingkungan yang biasanya diadakan secara rutin dari satu keluarga ke keluarga lainnya. Dengan mengikuti doa lingkungan maka kita secara langsung dan sadar ingin ikut mengambil bagian dalam persekutuan bersama – sama dengan saudara seiman kita. Dengan berdoa bersama – sama, memuji, dan memuliakan nama Tuhan maka Tuhan sendiri hadir ketengah – tengah kita terlebih lagi apabila kita menerapkan dan menghayati cara berdoa yang benar.

Dalam penyelenggaraan doa lingkungan juga kita bisa mengambil bagian untuk membantu menyiapkan segala persiapan yang diperlukan mulai dari susunan acara, penataan tempat, sampai pada makan bersama – sama dengan saudara seiman kita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat persekutuan terasa menjadi lebih dekat dan nyaman untuk dilakukan ketika kita turut serta mengambil bagian dan menjalankan segala sesuatunya dengan ikhlas.

2. Mengikuti acara yang diselenggarakan Gereja

Gereja akan membantu umat untuk tumbuh dan berkembang dalam iman dan kepercayaannya akan Tuhan Yesus. Selain itu, Gereja juga membantu umat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Ada beberapa bentuk pelayanan koinonia yang diselenggarakan oleh Gereja dengan tujuan baik tersebut. Dan sebagai umat, maka ada baiknya kita juga mengapresiasi dan mengetahui tujuan baik yang Gereja ingin capai demi kebaikan kita semua. Dalam setahun, Gereja bisa menyelenggarakan banyak acara mulai dari retret, camping rohani, seminar, dan masih banyak hal lainnya.

Ada juga contoh peran Gereja sebagai institusi sosial yang dilakukan seperti mengajak umat beriman untuk menggalang dana dan menyumbangkan sedikit uang mereka untuk saudara – saudara kita yang kurang beruntung. Mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Gereja juga membuat kita tergerak aktif untuk mengikuti persekutuan yang ada. Segala acara yang diselenggarakan oleh Gereja juga tentunya akan membantu umat dalam perkembangan iman dan kepercayaan karena tentu akan ada kotbah, ataupun bahan renungan yang disampaikan oleh penyelenggara acara atau bahkan secara langsung dibawakan oleh pastor paroki atau pendeta.

3. Mengikuti kaum pemuda pemudi dalam gereja

Salah satu tantangan Gereja masa kini adalah kurangnya minat para pemuda dan pemudi untuk ikut ambil bagian dalam perkembangan Gereja. Banyak dari mereka yang cenderung untuk memikirkan kepentingan pribadi dan seolah bisa menyelesaikan segala sesuatu sendiri. Menanggapi hal ini, maka sebagian orang yang sangat peduli dengan keadaan Gereja berusaha untuk membuat perkumpulan pemuda pemudi dengan lebih menarik sehingga akan lebih banyak pemuda dan pemudi yang mau dan ikut ambil bagian dalam persekutuan iman tersebut.

Sponsors Link

Sebagai seorang pemuda atau pemudi, kita juga mendapatkan manfaat dari adanya persekutuan tersebut karena kita telah berhasil melakukan satu dari sekian banyak bentuk pelayanan koinonia yang bisa kita lakukan. Ketika kita pada akhirya terjun dan ikut ambil bagian dalam kegiatan pemuda dan pemudi ini, maka hanya dengan memberikan ide akan acara apa yang akan dilakuakn selanjutnya saja kita sudah memberikan kontribusi pada pelayanan koinonia. Jadi, kita tiak perlu berkecil hati apabila kita tidak bisa menyelenggarakan persekutuan yang besar karena dengan ide kita saja kita sudah memberikan kontribusi yang baik dengan niatan yang baik pula.

Sekian dulu beberapa informasi mengenai bentuk pelayanan koinonia yang bisa saya bagikan kepada Anda. Ingatlah bahwa untuk melakukan berbagai jenis pelayanan apapun, kita tidak perlu memikirkan hal – hal yang terlalu besar untuk dilakuakan terlebih dahulu. Pikirkan saja dulu apa hal – hal kecil yang bisa kita lakukan, karena tanpa adanya hal kecil, hal besar juga tidak akan terwujud. Dan dengan melaukan hal – hal kecil itu juga yang sesuai dengan kemampuan kita maka kita akan dapat melakukan pelayanan dengan semaksimal mungkin dan dengan sepenuh hati demi kemuliaan Tuhan. Terima kasih atas waktu yang telah Anda berikan, semoga semua artikel dan berbagai renungan singkat kristen yang ada pada website kami ini bisa membantu pertumbuhan iman dan kepercayaan Anda kepada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gereja