Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Ajaran Sesat Kristen Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Ajaran sesat yang ada dalam kristen merupakan suatu ajaran yang menyimpang dan tidak sesuai dengan ajaran yang diajarkan dalam Alkitab dan yang jelas menyimpang dari ajaran yang menuju kebenaran. Ajaran sesat ini yang membuat banyak umat yang tersesat dan melakukan yang tidak sesuai dengan ajaran yang benar. Hal yang perlu ditanggulangi adalah kita harus mengerti bagaimana ciri-ciri ajaran sesat kristen, agar kita mengerti dan tahu mana yang benar dan mana yang salah sehingga terhindar dari ajaran sesat yang ada. Berikut adalah beberapa ciri-ciri ajaran sesat dalam kristen yang harus anda ketahui.

ads
  1. Membawa kebenaran baru atau wahyu yang baru

Salah satu ciri ajaran sesat pertama adalah adanya suatu keyakinan bahwa adanya kebernaran baru atau wahyu baru yang kehadirannya lebih baik daripada yang sudah ada sebelumnya. Salah satu ajaran yang meyakini bahwa adanya wahyu pada zaman modern adalah ajaran Mormon. Prinsip mereka yang mengikut ajaran mormon ini adalah “ apabila Allah berbicara pada zaman dulu, maka Allah juga dapat menyatakan wahyuNya pada masa kini”. Sehingga mormon tidak hanya mempercayai Alkitab melainkan ada empat sumber firman yang di inspirasikan Allah, yaitu Alkitab, KItab mormon, doktrin, dan perjanjian serta mutiara yang berharga. Namun kitab mormon tidak bisa disalahkan karena memiiki otoritas yang tinggi. Pengertian dosa menurut Alkitab bisa juga berbeda dengan apa yang kita tafsirkan jadi adanya perbedaan banyak menghasilkan pengertian yang menyimpang.

  1. Membawa penafsiran yang baru

Ajaran sesat juga menggunakan penafsiran baru seperti prinsip hermeneutis. Penggunaan prinsip hermeneutis hanya menggunakan pada pendekatan tertentu saja. Manfaat berdoa bagi orang Kristen akan selalu membawanya ke jalan yang benar asal tetap sesuai dengan apa yang diajarkan.

  • Children of God

Seperti yang ditafsirkan children of GOd dalam menempatkan segala kepunyaan menjadi kepunyaan bersama, bukan hanya berlaku pada harta benda tetapi berlaku juga untuk pertian tubuh. Sehingga menetapkan pengertian tertentu dengan pendekatan harafiah secara berlebihan. Terlebih dalam ajaran ini didalam suatu kegiatan sharing yang dimana memboleskan komunitasnya untuk bebaas berhubungan seksual dengan sesama anggota, walaupun hubungan pernikahan teteap berlaku

  • Saksi Yehovah

Ajaran saksi Yehovah lebih menekankan pada pendekatan hermeneutis yang terkait tentang berbagai larangan dan pantangan seperti berjudi, merokok, dan minu-minum keras. Mereka juga melarang untuk merayakan hari besar agama Kristen dan hari raya termasuk Natal dan Paskah. Selain itu mereka juga dilarang untuk menghormat pada bendera dan masuk ke dinas militer. Larangan juga berlaku pada pemilihan umum dan menjadi pegawai negeri.

  1. Mempunyai pandangan yang salah terhadap Alkitab

Perkembangan ajarannya, ajaran sesat kristen tetap berpatok pada Alkitab, namun ada beberapa yang mengabaikan adanya kebenaran hukum kasih dalam Alkitab yang terungkap dan mereka berfikir bahwa hal itu tidak sesuai dengan ajaran yang mereka yakini atau dapat dikatakan sebagai “Injil minus”. serta menambahkan beberapa pemahaman atau kitab lain pada Alkitab atau dikatakan sebagai “Injil plus”.

  1. Ajaran Trinitas yang tidak seimbang 
    Sponsors Link

Seperti yang sudah diketahui bersama, ajaran sesat atau bidat merupakan ajaran yang menyimpang dari sesuatu yang seharusnya dan pada umumnya. Mereka mempunyai pemahaman sendiri terhadap Allah, Yesus, Roh Kudus, keselamatan, dan lainnya. Hal ini sudah diperingatkan oleh Rasul Petrus untuk kita berhati-hati terhadap ajaran-ajaran dan guru-guru palsu. Tujuan hidup orang Kristen merupakan mengabdikan ajaran-ajaran kristen sesuai dengan pegangan Alkitab.

Serta ada beberapa ciri-ciri lain yang harus dipahami agar tidak salah dalam memahami sesuatu yang sudah ada dan memilih jalan yang sesat.

  1. Adanya gerakan zaman baru
  2. Membawa sumber otoritas tertulis baru selain alkitab
  3. Menggambarkan sosok Yesus yang baru
  4. Menggunakan istilah Alkitab dengan makna non-Alkitabiah
  5. Mengkultuskan pimpinan
  6. Membuat kepalsuan-kepalsuan

Itulah beberapa ciri-ciri ajaran sesat kristen yang dipaparkan dlam tulisan ini. Semoga kita semua terhindar dari ajaran sesat yang akan membawa kita ke jalan yang salah dan berbuat dosa dan semoga Allah selalu melindungi kita semua. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Kristen