Sponsors Link

6 Ciri-Ciri Dajjal Menurut Kristen dan Dasar Ayat Alkitab

Sponsors Link

Kita tentu sering mendengar istilah ‘dajjal’. Siapa sebenarnya dajjal itu? Dalam agama Islam, dajjal dikenal sebagai sebuah karakter jahat yang berpura-pura sebagai Almasih. Dajjal dikatakan akan muncul ketika dunia sudah mendekati kiamat. Lalu, apakah agama Kristen mengenal dajjal? Dalam Alkitab sebagai dasar iman agama Kristen, tidak pernah dijelaskan karakter dajjal. Namun, dajjal dalam agama Kristen seringkali disamakan dengan karakter antikristus. Alkitab, khususnya dalam Perjanjian Baru, sangat banyak menjelaskan tentang hadirnya antikristus ini.

ads

1 Yohanes 2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

Alkitab menjelaskan saat ini telah bangkit banyak antikristus. Namun, akan datang seorang antikristus yang menandakan bahwa waktu benar-benar berakhir. Hal ini memiliki maksud kiamat. Jadi, sama seperti dajjal, ‘seorang’ antikristus akan hadir sebagai yang terakhir. Pada artikel ini, antikristus akan disebut dengan dajjal. Sebagai orang Kristen, kita diminta untuk setia sampai akhir. Kita tidak boleh lengah terhadap adanya antikristus yang akan selalu menggoda kita untuk meninggalkan Allah. Kita perlu bijaksana dalam menghadapi adanya dajjal seperti yang tertulis pada ayat Alkitab tentang bijaksana. Oleh karena itu, penting untuk kita terlebih dahulu mengenal ciri-ciri dajjal menurut Kristen. Berikut kumpulan ciri-ciri dajjal menurut Kristen.

  1. Tidak mengakui Yesus

2 Yohanes 1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

Sesuai namanya sebagai antikristus, dajjal tentu tidak mengakui adanya Kristus. Dajjal mungkin percaya akan adanya Allah yang berkuasa atas Bumi ini. Namun, dajjal tidak mengakui adanya Kristus, sang Anak yang telah datang ke dunia sebagai manusia. Ia menyangkal kasih Allah kepada manusia dalam rupa Yesus Kristus. Alkitab menyatakan bahwa dajjal merupakan seorang penyesat. Dajjal tidak percaya akan adanya janji keselamatan dalam Alkitab.

  1. Saat ini sudah berada di dunia

1 Yohanes 4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

Ciri-ciri dajjal menurut Kristen yang kedua adalah sudah hadirnya ia di dunia ini. Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa ia sudah ada dan terus bekerja. Oleh karena itu, kita perlu untuk terus waspada. Dajjal bukan berasal dari Allah. Kita perlu terus berserah kepada Tuhan untuk mendapatkan keteguhan dari-Nya sesuai yang dikatakan dalam ayat Alkitab tentang berserah.

  1. Berasal dari kalangan orang Kristen

1 Yohanes 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Matius 7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetap isesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Dajjal tidak hanya sekedar sudah ada di dunia ini, tetapi ia bahkan menyamar berada di antara kita, kalangan orang Kristen. Namun, mereka bukanlah orang Kristen yang kemudian berkhianat atau murtad. Sedari awal, mereka hanya berpura-pura dan mereka tidak benar-benar merupakan orang Kristen. Mereka dapat diumpamakan seperti serigala berbulu domba. Dajjal tentu tidak mampu melakukan penyembahan yang benar menurut Alkitab.

Sponsors Link

  1. Memiliki atribut dengan bilangan 666

Wahyu 13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Ayat ini menjadi dasar hebohnya perihal angka 666. Angka 666 ini menjadi ciri-ciri dajjal menurut Kristen yang sangat menggambarkan. Namun, Allah mengingatkan bahwa angka itu tidak terlihat secara eksplisit. Kita perlu memiliki hikmat, dengan bijaksana, menghitung adanya angka 666 tersebut. Penjelasan pertanda angka 666 ini bisa muncul dimana saja seperti di media sosial. Hal ini mengingatkan kita untuk terus bijaksana menggunakan media sosial seperti yang diminta dalam ayat Alkitab tentang IPTEK.

  1. Memiliki kuasa di dunia ini

Wahyu 13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.

Sponsors Link

Ciri-ciri dajjal menurut Kristen selanjutnya adalah adanya kekuasaan yang ia miliki di dunia ini. Dajjal bukan karakter yang berperan sebagai orang yang biasa-biasa saja atau bahkan sebagai orang yang tersingkirkan. Ia memiliki kuasa atas segala sesuatu. Ia mampu melawan dan mengalahkan kita, orang Kristen, tentunya jika kita tidak teguh dalam Tuhan. Hal ini juga menandakan bahwa dajjal dikenal oleh banyak orang. Dajjal bertindak seakan-akan ia memenuhi ayat Alkitab tentang keberhasilan.

  1. Merupakan seorang pendusta

1 Yohanes 2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

Dajjal bukan hanya sekedar tidak mengakui Yesus. Lebih lagi, ia merupakan seorang pendusta. Tentu kita tahu bahwa orang yang tidak mengakui Yesus, tentu tidak hanya menyangkal Yesus, tetapi juga menyangkal Bapa. Hal ini disebabkan kasih Bapa yang memberikan Anak-Nya untuk menebus dosa manusia. Menyangkal Yesus berarti menyangkal besarnya kasih Bapa atas manusia.

Itulah ciri-ciri dajjal menurut Kristen. Ciri-ciri ini jelas tertulis di Alkitab sebagai adanya antikristus. Namun, adanya ciri-ciri ini bukan menjadi dasar kita menghakimi orang lain. Singkirkan segala pikiran negatif kita pada orang lain seperti yang diminta dalam ayat Alkitab tentang pikiran negatif. Kita perlu untuk dipenuhi oleh hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan untuk dapat mengenal dajjal yang berkeliaran di sekitar kita. Kiranya kita memiliki hikmat dan kebijaksanaan tersebut. Segala kemuliaan bagi nama Tuhan. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen