Sponsors Link

6 Tips Rajin Membaca Alkitab Setiap Hari Tanpa Terlewat

Sponsors Link

Sebagai ciptaan Allah, kita dituntut untuk mengetahui tujuan hidup kita. Tentu hanya Allah yang mengetahui apa tujuan hidup kita karena Dia yang menciptakan kita. Hal ini tidak berbeda dengan tujuan sebuah mesin dibuat. Hanya pencipta mesin tersebut yang paling tahu untuk apa mesin itu dibuat dengan tepat. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa yang Tuhan inginkan. Ada dua hal yang dapat membuat kita mengetahuinya, yaitu berdoa dan membaca Alkitab. Kita berdoa agar Tuhan membukakan mata hati kita, memberikan pemahaman kepada kita. Firman Tuhan dalam Alkitab membantu kita mengerti apa yang Tuhan kehendaki dan apa yang harus kita lakukan. Alkitab dapat membantu kita memiliki motivasi hidup khususnya dalam ayat Alkitab untuk motivasi hidup.

ads

Alkitab dikenal sebagai kitab suci umat Kristen baik Protestan maupun Katolik. Alkitab merupakan buku yang dijual terbanyak per tahunnya. Namun, seringkali Alkitab tersebut tidak digunakan dengan maksimal. Banyak orang hanya membaca Alkitab saat ibadah Minggu. Bahkan beberapa orang tidak menyentuh Alkitab sama sekali, merasa cukup dengan mendengarkan pendeta atau lektor membacakannya. Keadaan ini tentu sangat miris jika dibandingkan dengan fakta bahwa Alkitab selalu laris terjual.

Tips Rajin Membaca Alkitab 

Sebagai orang yang mengaku percaya pada Kristus, penting untuk kita rajin membaca Alkitab. Tidak cukup bagi kita hanya membaca bacaan Alkitab saat ibadah Minggu. Tentu kita perlu beribadah Minggu dan membaca Alkitab. Namun, bukankah kita perlu tuntunan Tuhan setiap hari? Bukan hanya di hari Minggu? Tantangan yang kita jalani setiap hari pun akan terus berbeda, tidak selalu sesuai dengan bacaan di hari Minggu. Oleh karena itu, sekali lagi, kita perlu rajin membaca Alkitab.

Namun, rajin membaca Alkitab bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan dan godaan yang menanti kita. Belum lagi, masih ada banyak pekerjaan lain yang perlu kita lakukan. Kita sering merasa tidak memiliki cukup waktu untuk membaca Alkitab. Berikut beberapa tips rajin membaca Alkitab yang dapat membantu kita.

  1. Membaca Alkitab pada waktu yang tetap setiap hari

Mengapa kita rutin merayakan Natal setiap tahun? Karena kita tahu kita merayakan Natal setiap tanggal 25 Desember, itu sudah jadwalnya. Mengapa kita rutin pergi ke Gereja setiap minggu? Karena kita tahu kita perlu pergi ke Gereja setiap hari Minggu, itu sudah jadwalnya. Mengapa kita pergi sekolah, kuliah, atau bekerja setiap hari? Karena kita tahu kita perlu pergi setiap hari pada jam tertentu, itu sudah jadwalnya. Rutinitas datang ketika kita memiliki jadwal yang tetap.

Hal ini juga dapat kita berlakukan dalam membaca Alkitab. Tentu sulit sekali jika hanya berkomitmen membaca Alkitab setiap hari. Oleh karena itu, tentukan juga jam dan durasi kita membaca Alkitab setiap harinya. Jika diperlukan, aktifkan pengingat setiap harinya untuk membaca Alkitab pada jam yang sudah ditetapkan. Dengan memiliki waktu yang tetap, ini akan membantu kita untuk terus mau untuk menyisihkan waktu untuk membaca firman Tuhan. Pilihlah waktu yang biasanya memang kosong sesuai jadwal yang kita miliki masing-masing.

  1. Memiliki rencana baca dengan target per hari

Terkadang kita kesulitan memilih durasi waktu untuk membaca Alkitab. Jika memang kesulitan, tips rajin membaca Alkitab selanjutnya adalah memiliki rencana baca. Misalnya, dalam sehari kita memiliki rencana untuk membaca 1 pasal secara berurutan mulai dari Kejadian sampai nanti akhirnya Wahyu. Kita bisa menyesuaikan rencana baca tersebut dengan kapasitas kita masing-masing. Sebagai manusia, kita cenderung memiliki jiwa kompetitor. Jika memiliki target, kita selalu termotivasi untuk memenuhinya. Rencana baca akan mendorong kita untuk berusaha memenuhi rencana tersebut. Tentu kita akan merasa puas jika dapat memenuhi target yang telah kita rencanakan.

  1. Memiliki teman atau kelompok membaca Alkitab

Manusia adalah makhluk sosial. Kita sering kehilangan motivasi jika kita bekerja sendirian. Kita berpikir orang lain tidak melakukan hal ini, mengapa kita terus melakukannya. Kita berpikir orang lain tidak melakukan ini, tidak apalah kalau kita gagal mencapai target kita. Oleh karena itu, penting untuk memiliki lingkungan yang mendukung kita untuk rajin membaca Alkitab.

Sponsors Link

Kita dapat berkomitmen bersama seorang atau lebih teman atau bahkan kita bisa berkomitmen secara berkelompok. Adanya teman atau kelompok akan membantu untuk mengingatkan dan memotivasi kita jika kita mulai merasa malas atau lelah dengan rutinitas membaca Alkitab. Adanya teman atau kelompok juga dapat membantu kita memahami isi dari apa yang sedang kita baca.

  1. Membawa Alkitab kemanapun

Tips rajin membaca Alkitab ini akan sangat membantu bagi kita yang kesulitan untuk menyisihkan waktu khusus. Tips ini juga akan membantu bagi kita yang dituntut untuk sering bepergian. Dengan membawa Alkitab kemanapun, kita dapat memakai waktu luang kita, meski hanya sebentar, untuk membaca Alkitab. Membawa Alkitab juga dapat membantu kita untuk mengingat bahwa kita perlu membaca Alkitab. Jika kita kesulitan membawa Alkitab dalam bentuk buku, tentu tidak masalah jika kita memiliki Alkitab elektronik. Ini juga membantu kita untuk memanfaatkan IPTEK dengan benar sesuai kehendak Tuhan dalam ayat Alkitab tentang IPTEK.

  1. Menikmati bacaan Alkitab

Menikmati bacaan Alkitab adalah hal yang paling penting dalam membaca Alkitab. Jangan terlalu terbeban untuk mengerti isi bacaannya. Dalam renungan harian atau saat teduh pribadi, tentu kita dituntut untuk mengerti isi bacaan Alkitab. Namun, ketika melakukan bacaan Alkitab harian, hal yang terpenting pertama kali adalah membacanya terlebih dahulu. Jika kita kesulitan untuk mengerti, tidak perlu merasa takut atau kehilangan motivasi.

Lakukanlah cara menenangkan hati dan pikiran menurut Alkitab. Tetaplah membaca sambil berdoa meminta pertolongan Tuhan untuk menjelaskannya pada kita. Kita mungkin tidak mengerti bacaan tersebut saat membacanya. Namun, jika kita sungguh-sungguh meminta kepada Tuhan, kita dapat mengerti suatu hari nanti ketika kita teringat akan bacaan tersebut. Nikmati membaca Alkitab, rasakan sukacita seperti yang dikatakan ayat Alkitab tentang sukacita.

Sponsors Link

  1. Tidak takut untuk berproses

Kita adalah manusia yang penuh kedagingan. Terkadang kita kesulitan untuk memenuhi target kita. Terkadang kita lebih memilih kedagingan kita untuk bermalas-malasan atau terlalu fokus dengan kegiatan kita, sehingga kita memilih untuk tidak membaca Alkitab. Jika gagal sehari membaca Alkitab, tentu kita tidak perlu takut! Tips rajin membaca Alkitab yang terakhir adalah tidak perlu takut untuk berproses. Jika pernah terlewat sehari, itu tidak berarti kita tidak bisa lagi melanjutkan rencana awal kita.

Jika pernah terlewat sehari, itu tidak berarti kita sungguh berdosa dan tidak pantas untuk kembali membaca Alkitab. Ingatlah yang terpenting bagaimana motivasi dan isi hati kita. Minta ampunlah kepada Tuhan dan minta kekuatan kepada Tuhan untuk terus memiliki rasa haus akan firman Tuhan. Lakukanlah yang terbaik dan berharaplah kita mendapatkan keberhasilan seperti yang tertulis pada ayat Alkitab tentang keberhasilan.

Itulah tips rajin membaca Alkitab. Ingatlah bahwa membaca Alkitab adalah salah satu cara yang Tuhan pakai untuk dapat berbicara kepada kita. Saat membaca Alkitab, meski tidak mengerti, tetap andalkan Tuhan dan minta Tuhan untuk membuat kita mengerti. Berserahlah kepada cara Tuhan membuat kita mengerti seperti yang dikatakan ayat Alkitab tentang berserah. Ingat juga bahwa kita tidak melakukan rutinitas membaca Alkitab hanya karena sekedar rutinitas, untuk orang lain, tetapi kita melakukannya karena kita rindu mengerti firman Tuhan. Jadikan pembacaan Alkitab sebagai bentuk penyembahan yang benar menurut Alkitab dari kita untuk Tuhan. Segala kemuliaan bagi nama Tuhan. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian