Sponsors Link

3 Contoh Etika Kristen Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat

Sponsors Link

Etika Kristen merupakan tahap dimana kita bisa menyelidiki, mengontrol, mengoreksi dan mengarahkan cara yang baik untuk dilakukan. Ukuran untuk mengetahui bagaimana cara yang baik adalah dengan melihat bagaimana etika pada umumnya dan dapat menyesuaikan dengan tuntutan masyarakat pada umumnya dan harus sesuai dengan kata hati dan bagaimana keputusan batin untuk melakukan yang baik. Yang dimaksud dengan etika kristen merupakan tolak pikir yang yang mengacu tentang iman kepada Tuhan yang memang telah menyatakan diri di dalam Tuhan Yesus Kristus. Etika Kristen merupakan salah satu dari ilmu normatif yang berfungsi untuk menguraikan masalah tentang apa yang baik. Didalam ilmu Kristen apa yang baik itu dinilai dari segala sesuatu yang merupakan kehendak Tuhan. Yang dimaksud dengan kehendak Tuhan sudah diatur di dalam Hukum dan Perintah Tuhan. Maka dari itu etika merupakan suatu tindakan atau perbuatan yang memang dapat diwujudkan dengan hasil dan analisa akal budi atas suatu masalah, dan bagaimana pertimbangan dan keputusan batin tentang apa yang dimaksud perbuatan baik. Hal itu akan mendapat kesadaran yang penuh untuk seseorang yang akan melakukan perbuatan. Artikel ini akan menjelaskan tentang contoh etika kristen dalam kehidupan sehari-hari.

ads
  1. Iman

Citra Allah merupakan potret atau bayangan yang memiliki sifat yang sama. Kecitraan manusia dengan Tuhan yang terkait dengan tugas manusia menjadi satu yang harus dimengerti. Tuhan dan manusia memang segambar tetapi tidak dengan  sifat atau keadaannya serta tabiat yang imanen di dalam diri manuia tetapi kedudukan manusia yang didapatkan karena berhadapan dengan Tuhan atau karena ada hubungannya dengan Tuhan. Citra Allah dimiliki manusia yang merupakan suatu persekutuan dengan Tuhan sebagai suatu berkat dan karunia sehingga sikap dan perilaku manusia dapat sama dengan gambaran Tuhan. Pada dasarnya manusia mencerminkan dan memantulkan cahaya kemuliaan yang dimiliki Tuhan Allah. Sehingga manusia mempunyai tugas untuk menguasai dan memerintah dunia dengan segala isi makhluknya. Menguasai dan memerintah memiliki arti yang berarti memelihara , menjaga, mengusahakan dan membangun dunia menjadi tempat yang baik (Kej 1:28; 2:15).

  1. Pengakuan tentang manusia

Asal atau titik pangkal Etika Kristen adalah memiliki Iman. Karya Tuhan dan pemeliharaan-Nya terhadap semua makhluk. Sehingga dari sini etika Kristen dapat memperhatikan tindakan manusia karena pada hakikatnya “…. sebab segala sesuatunya adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Dia adalah kemuliaan sampai selama-lamanya” (Rm 11:36)

  1. Manusia dengan tingkah lakunya

Etika merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak mungkin terpisahkan dengan segala tingkah lakunya. Manusia dapat dinilai dari bagaimana dia beretika dengan melakukan tindakan beserta tingkah lakunya. Didalam etika jawa ada sebutan dora sembada yang mempunyai arti berbohong tetapi tetap baik atau kata lain hal ini merupakan kejahatan kecil yang menyelamatkan. Sebagai umat Kristen harus berkompromi terhadap permasalahan di zaman modern seperti sekarang, contohnya perang, penindasan, diskriminasi, politik dan ada beberapa masalah lainnya.

Demikian penjelasan tentang contoh etika kristen dalam kehidupan sehari-hari untuk kita mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Karena sulit maka selalu ada Tuhan yang menjadi sumber dari segala yang baik dan hanya Tuhan yang mempunyai hak untuk menjawab apa yang baik karena kebaikan yang dimiliki oleh Tuhan adalah mutlak. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Kristen