Sponsors Link

5 Macam Doa Katolik Untuk Orang Tua Yang Sedang Sakit Yang Mudah Diterapkan

Sponsors Link

Salah satu hal penting yang harus dipahami orang Katolik yaitu bagaimana cara doa Katolik untuk orang tua yang sedang sakit. Terutama karena orang tua adalah wakil Allah di dunia yang bertugas mendidik dan membesarkan kita. Seperti tertulis pada Alkitab bahwa kita harus hormat kepada orang tua kita, maka secara tidak langsung kita sebagai orang beriman juga wajib untuk senantiasa mendoakan orang tua kita tersebut. Terlebih jika orang tua baik ayah maupun ibu sedang mengalami suatu sakit penyakit yang menimpa tubuh mereka. Jika bukan anggota keluarga terdekat, tentu tidak banyak orang akan memperhatikan dengan sungguh tentang hal-hal tersebut. Karena itu butuh ayat Alkitab tentang bijaksana dalam hal ini.

ads

Adapun dalam mendoakan orang tua tentu ada beragam cara yang dapat digunakan. Terutama dalam tata doa orang Katolik, umumnya ada beberapa contoh cara berdoa rosario yang bisa dipakai untuk mendoakan orang tua yang sedang sakit. Biasanya inti dari doa tersebut tentunya memohon kesembuhan maupun hasil yang terbaik dari Tuhan. Terutama pada intinya supaya Tuhan mau menjamah orang tua kita yang sedang dilanda sakit penyakit. Ingatlah bahwa Tuhan sendiri merupakan Maha Penyembuh dan mampu meredakan segala macam sakit penyakit di dunia. Sehingga bukan hanya mengandalkan doa, tetapi juga bertekun dalam iman akan simbol pengurapan orang sakit yang akan diberikan. Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa contoh doa Katolik untuk orang tua yang sedang sakit yang dapat dilakukan dan ditiru.

  • Contoh Doa 1

Ya Tuhan Allah Bapa kami yang maha pengasih, saat ini dalam keluarga kami merasa sangat prihatin, karena saat ini orang tua kami sedang mengalami sakit penyakit yang butuh kesembuhanMu. Oleh sebab itu ya Tuhan, dalam rasa prihatin ini kami mengingat akan namaMu, ya Tuhan Yesus Kristus. Karena hanya Engkau yang empunya kuasa untuk menyembuhkan beragam sakit penyakit yang kami rasakan.

Tuhan, kami percaya akan kuasaMu dan kami percaya akan keputusanMu. Oleh sebab itu Bapa, kami letakkan dan serahkan orang tua kami ini di dalam namaMu. Kami mohon dan doakan supaya orang tua kami memiliki iman yang besar akan kesembuhan yang Engkau janjikan ya Bapa. Oleh karena itu yang Bapa yang Pengasih, biarkan orang tua kami memahami lebih dalam makna sakit penyakit yang Engkau ijinkan. Tutup bungkus orang tua kami dengan kuasa darahMu yang kudus dan kekal.

Kami mohon, bantulah orang tua kami dalam melalui sakit penyakit yang mereka rasakan. Berikan mereka kekuatan secara fisik ataupun rohani untuk menjalani masa-masa yang sulit ini. Dan biarlah hanya namaMu saja yang dipermuliakan melalui sakit yang telah diderita tersebut ya Tuhan. Biarlah kasik karuniaMu turun atas kami, umatMu yang berharap supaya orang tua kami segera disembuhkan dan dijauhkan dari sakit penyakit yang diderita.

Tak lupa kami juga berdoa supaya orang tua kami lebih dilembutkan dan lebih percaya akan kuasa kesembuhan yang datang dari Engkau yang Bapa. Dan biarlah apa yang kami alami saat ini menjadi pelajaran berharga dalam kehidupan kami orang percaya. Dimana iman kami merupakan ujian dan tanggung jawab kami. Sehingga dengan demikian pula kami beriman akan kesembuhan yang Engkau berikan melalui perantaraan Tuhan Yesus. Dengan jamahanMu saja yang Bapa, biarkan orang tua kami sembuh dan menikmati kembali hari-hari mereka dalam memuliakan Engkau.

Dan biarlah, apa yang terjadi ini menjadi kesadaran bagi kami dalam menghadapi orang tua kami yang sakit. Biarkan kami menjadi pelayan yang setia dan melayani setiap orang tua kami dengan ketulusan maupun kasih sayang. Biarlah apa segala sesuatu yang diperbuat kami merupakan bentuk pelayanan kami. Dan biarlah doa ini kam panjatkan hanya di dalam nama Tuhan Yesus, juru selamat yang hidup dan berkuasa, dari sekarang dan sampai selama-lamanya. (Amin)

  • Contoh Doa 2

Ya Tuhan Allah Bapa kami yang bertahta di dalam Kerajaan Surga, saat ini kami umatMu berkumpul untuk berdoa dan memohon kesembuhan bagi orang tua kami yang sedang terbaring di rumah sakit karena kondisi kesehatan mereka yang kurang memungkinkan.

Ya Bapa, kami paham bahwa segala sesuatu merupakan hal yang terjadi dengan seijin Engkau. Karena itu kami percaya bahwa Engkau Bapa akan selalu memberikan yang terbaik bagi setiap anak yang dicintainya. Sehingga biarlah dalam tubuh kami tumbuh iman yang luar biasa untuk percaya pada karunia Roh Kudus akan kesembuhan yang senantiasa Engkau janjikan.

Sponsors Link

Tak lupa kami berdoa Ya Allah untuk memberi kekuatan dan ketenteraman dalam hati kami dalam menjalani hari-hari yang penuh rasa khawatir ini akan kesehatan orang tua kami. Selalu kuatkan dan teguhkan kami supaya kami percaya, bahwa di dalam Engkau kami akan beroleh kemenangan. Demikian pula ajar kami untuk tetap percaya akan firmanMu yang ya dan amin, bahwa orang tua kami akan segera dipulihkan menurut kasih kuasaMu yang sempurna. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur, Amin.

  • Contoh Doa 3

Tuhan Yesus, Engkaulah Allah, tempat kami berlindung dan memberi kami kekuatan. Saat ini kami berdoa, memohon penghiburan bagi orang tua kami yang sedang sakit. Ya Bapa jamah dengan kuat kuasaMu dan berikan pemulihan atas kesehatan yang sedang mereka rasakan.

Kami yakin ya Bapa akan kuasa dan mujizatMu. Engkaulah kekuatan kami, karena itu Bapa, mohon supaya Engkau berkuasa mengangkat sakit penyakit dari dalam tubuh orang tua kami. Dan gantikan dengan kesehatan yang dapat kami syukuri.

Ya Bapa, kamipun percaya bahwa di setiap sehabis hujan kami akan lihat pelangi seperti janjiMu. Demikian pula kami percaya akan ada kesembuhan yang Kau nyatakan untuk orang tua kami. Karena itu Bapa, kami mohon kabulkanlah doa kami dan tuntun orang tua kami pada kesembuhan yang penuh. Di dalam nama Tuhan Yesus dan Santa Perawan Maria, kami panjatkan doa kami.

  • Contoh Doa 4
ads

Ya Bapa Putra Allah yang terkasih, kiranya Engkau memperhatikan kami anak-anakmu, yang saat ini bertelut di hadapan Engkau untuk memanjatkan segala puji syukur dan permohonan kami. Ya Bapa, saat ini kami hantarkan dalam nama Tuhan, orang tua kami …. yang sedang sakit dan terbaring di sini. Memohon untuk belas kasihan dan ampunanMu, supaya Engkau berkenan untuk memberikan kesembuhan.

Ya Bapa Putra Allah yang terkasih, kiranya kasih setiaMu melingkupi keluarga kami. Berikanlah kami kedamaian dan ketenangan hati dalam melalui sakit penyakit yang diderita oleh orang tua kami. Sehingga kami mampu berserah dan percaya bahwa Engkau sajalah yang memberi kekuatan dan kemampuan, serta memberikan karunia untuk meringankan sakit yang diderita oleh orang tua kami.

Ya Bapa Putra Allah yang terkasih, biarlah doa permohonan kami ini Engkau terima dalam kekudusanMu. Kasihanilah kami umatMu yang berserah hanya di dalam namaMu. Biarlah namaMu dipermuliakan melalui perantara kesembuhan yang diterima oleh orang tua kami. Dan biarlah doa kami ini menjadi dupa yang harum di hadapanMu. Semoga Allah Bapa mengampuni, mengasihi dan memberkati kita sekalian. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami panjatkan doa dan permohonan kami, Amin.

  • Contoh Doa 5

Santa Maria tak bercela, saat ini kami datang ke hadirat anakmu yang kudus Tuhan Allah Bapa yang bertahta di Kerjaan Surga, memohon ampun dan belas kasihan kepada orang tua kami …. yang saat ini sedang dilanda sakit penyakit yang tak kunjung sembuh.

Oleh karena itu kami memohon akan belas kasihan dan karunia yang datang dari Allah Bapa untuk memberikan kuasa penyembuhan atas orang tua kami saat ini. Supaya apa yang dirasakan oleh orang tua kami dapat sedikit terlewati dan terobati.

Santa Maria Bunda Allah, doakanlah untuk kesembuhan orang tua kami. Supaya apa yang menjadi beban sakit penyakit orang tua kami sanggup dipulihkan. Dan diangkat serta memperoleh kesembuhan yang maksimal. Doakanlah kami pula untuk dapat melewati hari-hari kami dan bertekun dalam iman kepada anakmu Tuhan Yesus Kristus, Putra Allah yang kudus. Dan semoga Roh Kudus menuntun kami untuk berserah, menanti janji Allah yang kudus akan damai sejahtera di dalam kehidupan kami. Termasuk kesembuhan yang Tuhan berikan atas kesakitan yang diderita orang tua kami.

Semoga doa kami ini yang kami panjatkan dengan ketulusan sanggup didengarkan. Dan semoga yang terbaik yang diberikan untuk kesembuhan orang tua kami. Biarlah kami dimampukan untuk tetap percaya akan kebaikan yang Tuhan berikan. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Putra Allah Maha Kudus, kami serahkan doa dan permohonan kami, Amin.

Itulah tadi beberapa contoh doa Katolik untuk orang tua yang sedang sakit yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak perlu cemas dan khawatir apabila ternyata mendapati orang tua kita sedang dalam kondisi badan yang kurang sehat atau sakit. Segera pahami makna doa Bapa kami melalui beberapa contoh doa yang telah dituliskan di atas. Tentunya Tuhan akan mendengarkan segala permohonan umatNya dan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anakNya. Dengan demikian, pastinya sebagai anak yang berbakti kepada orang tua seperti kehendak Allah dalam hidup kita, dapat dinyatakan melalui ketulusan kita dalam cara berdoa dalam roh untuk orang tua kita yang sedang sakit. Semoga bermanfaat, Tuhan memberkati!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa