Sponsors Link

8 Makna Doa Bapa Kami Katolik dan Kristen

Sponsors Link

Makna Doa Bapa Kami merupakan doa yang memiliki makna mendalam dan sangat berharga yang sudah diajarkan Tuhan Yesus pada kita. Pada doa Bapa Kami ini, Kristus menyebut Allah sebagai Bapa karena kita sudah menjadi anak-anak Allah. Dalam doa ini, Yesus juga sekaligus mengajarkan 2 nasihat penting, yang pertama adalah Ia memberi nasihat pada para murid supaya mereka tidak berdoa seperti orang munafik  dan hanya dijadikan simbol Kristen yang selalu memperlihatkan saat sedang berdoa di hadapan banyak orang dan yang kedua, Yesus juga mengajarkan untuk tidak bertele-tele dalam berdoa seperti seseorang yang tidak mengenal Allah sehingga secara langsung bisa menyampaikan doa yang dibutuhkan pada Allah. Berikut ini akan kami jelaskan makna menyeluruh doa Bapa Kami yang akan kami ulas secara lengkap.

ads

Doa Bapa Kami Bapa Kami, yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin. Berikut ini adalah penjelasan tentang makna dari Doa Bapa Kami yang harus dipahami dengan baik, sebab ini menjadi salah satu cara beribadah agama Kristen yakni dengan memanjatkan doa untuk memuji dan memuliakan nama-Nya.

1. Kehidupan Kekal 

Dalam bahasa Aramaic mrmiliki arti panggilan anak pada ayahnya dan karena kasih-Nya pada kita sebagai umat, maka Yesus mengijinkan kita untuk memanggil Allah sebagai Bapa kita sebab Yesus sudah mengangkat kita sebagai saudara dan saudari-Nya. Setiap kali kita mengucapkan Bapa, sudah seharusnya kita mengingat jika kita sudah diangkat Allah Bapa menjadi anak-Nya karena pertolongan dari Yesus Kristus. St.Teresa dari Avila juga pernah berkata saat ia merenungkan doa Bapa Kami ini, seringkali ia terhenti pada kata “Bapa” dan Tuhan sudah berkenan untuk memberikan karunia penuh sukacita yang tiada tara. Sudah sepatutnya kita juga belajar dari St.Teresa yakni saat kita mengucapkan kata “Bapa”, kita sudah meresapkannya ke dalam hati kita.

Baca juga:

2. Mengangkat Iman

Kata kami menjadi pengingat kita untuk memanggil Allah dengan sebutan Bapa karena Kristus. Saat mengucapkan kata ini berarti kita juga harus membayangkan Kristus yang sudah mengajarkan pada kita semua untuk memanggil Allah sebagai Bapa kami sebab Kristus tidak hanya mengangkat saya namun juga telah mengangkat semua saudara angkat-Nya. Doa Bapa Kami ini adalah doa gereja yang diperuntukan pada Allah Bapa yang sudah mengangkat kita semua sebagai anak-anak-Nya. Dengan ini, sudah seharusnya kita merenungkan bahwa makna Doa Bapa Kami sangat besar yang sudah dibayar oleh Tuhan Yesus untuk mengangkat kita menjadi anggota dari keluarga Allah yakni dengan cara mati di kayu salib.

3. Mengasihi dan Merelakan

Ini bermakna jika kita semua memiliki seorang Bapa yang ada di surga yang selalu mengasihi kita sampai merelakan Anak-Nya wafat di salib bagi kita semua dan ini dilakukan agar semua dosa serta kesalahan kita terampuni dan kita bisa mengambil bagian dalam kehidupan Ilahi-Nya.

4. Dimuliakanlah Nama-Mu, Datanglah Kerajaan-Mu

Kata-kata ini bermakna kerinduan kita semua yang sangat menginginkan semakin banyak orang untuk mengenal Allah dan ini juga mengartikan jika kita sebagai umat-Nya sudah dipakai Allah untuk menjadi alat-Nya dalam memuliakan nama Allah. Ini juga sebagai pengingat supaya kita tidak hanya selalu mengejar kemuliaan kita sendiri dalam segala hal di dunia, sebab semua yang ada pada diri kita sebenarnya adalah milik dari Allah sehingga kita harus memakainya dalam nama kemuliaan Tuhan.

5. Jadilah Kehendak-Mu diatas Bumi Seperti di Dalam Surga

Sponsors Link

Kata ini bermakna penyerahan diri dengan seluruh kerendahan hati kita pada Tuhan dan juga masyarakat. Kita sebagai manusia, seringkali memaksa saat memohon pada Tuhan. Akan tetapi dengan kata yang terdapat dalam doa Bapa Kami ini, Yesus mengajarkan kita untuk selalu berserah pada Bapa, sebab Bapa mengetahui semua yang kita butuhkan dan terbaik, tidak hanya untuk di dunia namun juga kehidupan kekal di surga.

Baca Juga:

6. Berilah Kami Rejeki Pada Hari Ini

Kata dalam doa Bapa Kami ini memiliki arti jika Yesus sangat mengasihi dan peduli pada kita sehingga Yesus mengajarkan doa ini pada kita. Ini menjadi pengingat jika rejeki kita merupakan berkat yang kita peroleh dari Tuhan dan Tuhan sudah mengijinkan kita untuk memperoleh rejeki pada hari ini serta mendapatkan kesehatan serta hidup sampai saat ini dan membuat kita bisa menikmati rejeki yang sudah Tuhan berikan untuk kita. Ini juga mengingatkan makna Doa Bapa Kami kita pada orang yang sedang berkekurangan, sebab rejeki yang kita peroleh hari ini tidak sepenuhnya milik kita, namun juga harus kita bagi pada orang yang berkekurangan.

7. Dan Ampunilah Kesalahan Kami Seperti Kamipun Mengampuni Yang Bersalah Pada Kami

Sponsors Link

Kita bisa melihat jika tidak ada penekanan pada kata :ampunilah kami” namun lebih kepada diri kita yang mengampuni orang lain yang sudah bersalah kepada kita sehingga nantinya kita juga bisa diampuni oleh Bapa. Tuhan akan mengampuni semua kesalahan kita, jika sebelumnya kita juga sudah mengampuni sesama yang bersalah pada kita. Tentu saja, perkataan ini akan sangat sulit diucapkan khususnya saat kita sedang merasa sakit hati dengan sikap yang dibuat orang lain pada kita. Akan tetapi, ini semua harus kita lakukan supaya kita juga mendapatkan pengampunan dari Tuhan. Makna yang tersimpan dari perkataan ini adalah kita mengampuni orang lain sebenarnya tidak hanya demi orang tersebut, namun juga untuk kebaikan kita supaya memperoleh pengampunan dari Tuhan.

Baca Juga:

8. Dan Janganlah Masukkan Kami ke Dalam Pencobaan, Tetapi Bebaskanlah Kami Dari Yang Jahat

Makna dari perkataan ini adalah kita harus menyadari jika kita hanyalah manusia lemah yang sangat mudah jatuh ke dalam dosa dan juga kesalahan. Kita sebagai manusia belum sepenuhnya bebas dari segala cobaan dan juga godaan seperti masalah keluarga dan pekerjaan, masalah kehidupan, menghadapi sakit sebuah penyakit, ketakutan akan masa depan dan sebagainya. Ini juga sebagai pengingat jika kita tidak boleh terlalu sombong dan yakin jika kita tidak akan jatuh ke dalam dosa kembali. Sebab ada kalanya saat seseorang sedikit saja menyinggung perasaan kita, maka kita akan langsung kehilangan rasa kesabaran, maka lebih baik kita selalu berjaga-jaga dan terus meminta kekuatan pada Tuhan dan bergantung pada-Nya.

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari doa Bapa Kami yang terbilang singkat dan sederhana, sebenarnya renungan singkat kristen ini memiliki arti yang sangat mendalam. Dengan lebih meresapkan doa Bapa Kami ini, kita juga bisa menilai apakah doa yang sudah kita ucapkan selama ini sudah cukup baik. Ini merupakan doa yang sudah diajarkan Tuhan Yesus pada kita semua sehingga tidak seharusnya hanya dihafal dan diucapkan saja, namun juga diserap makna yang terkandung di dalam doa tersebut sehingga kita bisa melaksanakan cara berdoa yang benar.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian