Sponsors Link

3 Perbedaan Antara Talenta Dan Karunia Roh Menurut Alkitab

Sponsors Link

Mengetahui tentang perbedaan antara talenta dan karunia roh merupakan salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh para umat dalam rangka mengetahui apa yang dimaksud dengan pemberian Allah. Diantara talenta dan karunia roh menjadi lebih efektif karena kata-kata tersebut sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Talenta dan karunia roh mempunyai fungsi untuk digunakan dalam kepentingan orang lain dan bukan merupakan kepentingan pribadi. Dalam sejarah agama kristen yang terpenting adalah untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan menjalankan amanatnya sesuai dengan hukum kasih dalam Alkitab.

ads

Dalam Alkitab terdapat ayat yang menjelaskan tentang karunia roh, yaitu 1 Korintus 12:7 “Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.” 1 Korintus 12:11 “Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakinya”. 1 Korintus 14:12 “Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat”. Inti dari ayat-ayat diatas menjelaskan bahwa karunia roh diberikan untuk kepentingan orang lain bukan untuk diri sendiri. Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana perbedaan antara talenta dan karunia roh dalam Alkitab untuk menjadi pengetahuan dan informasi penting. Hal ini mengajarkan tentang manfaat berdoa bagi orang kristen untuk menjadikan tujuan hidup orang kristen.

  1. Kepada siapa talenta dan karunia roh diberikan

Perbedaan dari talenta dan karunia roh dapat dilihat dari kepada siapa talenta dan karunia roh diberikan. Menjadi kombinasi yang tergolong genetik dimana seseorang yang disini diberikan kepercayaan dari Allah dan Kristus serta terdapat bakat alamiah yang hadir. Contoh dari bakat alamiah mungkin dari seseorang yang memiliki bakat bidang kesenian, matematika, musik, dll.

Hal ini bersinergi dengan lingkungan yang ada, seperti dari lingkungan keluarga yang bagaimana kita tumbuh yang dapat membantu mengembangkan talenta yang dimiliki. Maka dari itu Allah mempunyai kuasa untuk dapat memilih orang-orang tertentu yang dapat memiliki talenta tertentu. Karunia Roh diberikan oleh Roh Kudus kepada orang-orang percaya (Roma 12:3, 6)

  1. Asal pemberian talenta dan karunia roh

Menjadi hal yang utama dimana asal dari pemberian talenta dan karunia roh. Hal ini dikarenakan talenta sebenarnya dapat diberikan dan dimiliki oleh siapa siapa, tidak terpatok bagi yang Kristen ataupun bukan Kristen. Tetapi apabila karunia roh memang hanya dimiliki oleh kaum Kristen. Adanya talenta merupakan hasil dari adanya genetik atau memang ada usaha untuk berlatih demi mendapatkan talenta. Sedangkan adanya karunia roh ini berasal dari adanya kuasa roh kudus.

  1. Kegunaan talenta dan karunia roh

Pada dasarnya kepemilikikan talenta dan karunia roh harus ditujukan untuk kemuliaan Kristus yang menjadi acuan dan pedoman kehidupan kita. Tetapi pada prakteknya karunia roh lebih digunakan untuk melakukan kemuliaan Kristus dan berfokus pada melakukan pelayanan dan melayani orang lain. Sedangkan adanya talenta lebih berfokus untuk digunakan dalam kegiatan yang mungkin didalamnya tidak ada unsur ataupun tujuan rohani demi mencerminkan karakter Kristen sejati.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara talenta dan karunia roh yang dapat anda pahami untuk pembelajaran hidup. Dari penjelasan diatas ada baiknya kita untuk tetap fokus pada semua hal yang memang harus kita lakukan. Apa yang ada pada diri kita hanya diri kita dan tuhan yang tahu, maka dari itu apa yang sudah kita terima dan jalani apapun kondisinya haruslah kita bersyukur, jangan sampai ada talenta dan karunia roh yang dimiliki seseorang menjadi bahan untuk saling bermusuhan dan menimbulkan pertikaian. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Sponsors Link
, ,