Sponsors Link

9 Perbedaan Gereja Kharismatik dan Pentakosta Sesuai Perkembangannya

Sponsors Link

Gereja kharismatik dan pentakosta tidak memiliki banyak perbedaan yang besar. Lebih bisa dilihat melalui kebiasaan-kebiasaan yang memiliki ciri khas sendiri dan dillakukan dengan landasaran Alkitab. Gereja kharimatik dan pentakosta memiliki karakter dan kebiasaannya sendiri – sendiri. Penekanan-penekanan yang menjadi khas setiap gereja menjadi sebuah ciri dan identitas dalam membedakannya dan tetap mengajarkan hukum kasih dalam Alkitab. Tentunya tidak dapat dilihat Gereja mana yang lebih baik, karena pada dasarnya ini hanya tentang pandangan dan perspektif setiap umat, sehingga akan membuat perbedaan dalam keanekaragaman bersatu menjadi wujud perdamaian yang didamba semua umat. Artikel ini akan menjelaskan tentang perbedaan Gereja Kharismatik dan Gereja Pentakosta dan mengenal prinsip gereja terhadap politik.

ads

Gereja Pentakosta

Gereja yang di Indonesia juga disebut dengan Gereja Pentakosta, gereja yang lebih menekankan tentang peranan karunia-karunia Roh Kudus sesuai dengan sejarah agama kristen.

Ciri-ciri umum gereja pentakosta adalah :

  1. Gereja Pentakosta adalah Gereja yang menekankan pada peranan Roh Kudus dan karunia yang dimiliki Roh Kudus di dalam kehidupan sehari-hari para pengikutnya.
  2. Menekankan pada pembaharuan infrastruktur ibadah, seperti lagu-lagu rohani dalam Gereja yang digunakan ditampilkan lebih modern yang dibandingkan dengan lagu lama yang memiliki nuansa gregorian
  3. Gereja akan mengizinkan peran perempuan yang bertugas dalam pelayanan Gereja dan menjadi tujuan hidup orang kristen.
  4. Mensucikan hubungan antara imam dan jemaat yang akan ditekankan dalam nilai kekeluargaan, sehingga tidak ada kesan kesenjangan tingkat kerohanian.

Pengikut Gereja Pentakosta tidak sama dengan orang fundamentalis,yang terpenting tidak termasuk dalam ciri-ciri ajaran sesat kristen. Karena pada orang fundamentalis lebih menekankan pada pengalaman rohani pribadi. orang pentakosta mempunyai perdpektif dunia yang dilihat dari trans rasional. Mereka juga meyakini ortodoks atau dengan keyakinan yang benar, ortopati atau perasaan yang benar juga mereka yakini dan atau ortopraksis

Atau biasa disebut dengan refleksi atau tindakan yang benar mengajarkan tentang manfaat berdoa bagi orang kristen. Penggunaan nalar menjadi suatu hal yang berharga dan menjadi bukti dari suatu kebenaran yang kongkret, orang-orang pentakosta juga tidak membatasi bukti dan kebenaran yang sudah ada tapi hanya memfokuskan pada nalar yang diyakini.

Suatu gerakan yang bernama pentakosta ini terlihat diantara gerakan kesucian yang memiliki nama dan dimulai dengan nama istilah pentakostal.pentakostalisme dimulai dari tahun 1901. Gerakan pentakosta modern muncul di Eropa. Gerakan pentakosta muncul karena adanya gerakan yang disebabkan oleh keinginan untuk memberi informasi terkait apapun yang anda inginkan

Gereja Karismatik

Gereja kharismatik memiliki ciri-ciri khas yang dimiliki juga oleh pentakostalisme. Karunia-karunia Roh seperti yang terdapat pada Alkitab.

Gerakan kharismatik dapat memiliki banyak kesamaan dengan aliran pentakosta. Karena perkembangan pemahamam pentakosta tidak akan terlepas dari perkembangan kharismatik. Keduanya mengakui adanya kuasa Roh Kudus. Gereja Pentakosta dan Kharismatik memiliki gaya khotbah yang berapi-api dan banyak diterima secara meluas di khalayak dan masyarakat. Tetapi disamping itu gereja pentakosta dan gereja kharismatik memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Walaupun terlihat sama dan untuk beberapa faktor sulit untuk membedakan . kemiripan yang sulit untuk dibedakan, maka ada beberapa faktor yang menjadi pembeda keduanya, yaitu :

  • Pada gereja karismatik banyak yang menolak keutamaan glossolalia yang diberlakukan pada gereja pentakosta sehingga hal ini menjadi perbedaan yang cukup terlihat dari gereja pentakosta dan gereja kharismatik.
  • Ada bebeapa faktor yang menolak ajaran yang diberlakuka gereja Pentakosta yang dianggap legal oleh gereja karismatik.
  • Banyak gereja karismatik yang kerap menjadi denominasi sendiri, dan tidak akan mendirikan gereja baru, contoh yang digunakan adalah adanya gereja karismatik katolik di gereja kalotik roma.
  • Yang menjadi pembeda yang mungkin terlihat adalah cara berkotbah, melakukan penyembahan dan melakukan cara pelayanan 
    Sponsors Link

    altar.
  • Aliran yang menganut pentakosta telah lahir jauh lebih dulu dibanding dengan gerakan karismatik.

Karena Gereja Pentakosta dan Gereja Kharismatik merupakan gambaran ajaran yang mempunyai kemiripan dan pada faktanya di masa kini lebih sulit untuk di bedakan. Tidak ada satupun gerakan yang akan terlihat terpisah. Sehingga ada definisi yang akan baik untuk disepakati secara luas dan menjadi satu aliran, karena pada dasarnya gerakan mereka yang terpisah tetap pada satu aliran-aliran kristen yang relatif masih muda.

Gerakan Gereja Karimatik akan menjadi sub gerakan yang menjadi besar yang berada pada kalangan Katolik Roma, yang akan tumbuh bersama dengan Katolik Tradisionalis. Hal ini akan memperlihatkan situasi dimana banyak otoritas gereja yang mungkin tidak setuju dengan ajaran karismatik namun akan sulit untuk menentangnya karena gerakan karismatik ini didukung oleh anggota-anggota yang memang memiliki otoritas di Gereja.

Demikian penjelasan tentang perbebdaan kharismatik dan pentakonsta yang harus anda ketahui. Mengerti dan rajin beroda dan akan ada di barisan depan saat berdoa tidaklah cukup apabila anda belum mendalami dan menerapkannya pada kehidupan sendiri. Semua Gereja mempunyai garis besar, ajaran dan prinsip yang tidak jauh berbeda, karena Gereja yang baik adalah gereja yang benar-benar mendasari kokohnya gereja dengan ajaran Alkitab yang akan menuntun kita ke jalan yang selalu dikasihi-Nya.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Gereja