Sponsors Link

4 Arti Penyembahan Berhala dalam Iman Kristen yang di Benci Tuhan

Sponsors Link

Pada artikel kali ini, saya akan membahas arti penyembahan berhala dalam iman Kristen. Berhala adalah benda mati maupun hidup (patung, lukisan, gambar, batu besar, pohon besar) yang disembah seseorang sebagai pusat keimanan / keyakinannya. Umumnya, kita bisa melihat penyembahan berhala dalam agama nenek moyang kita, yaitu dinamisme dan animisme. Masalahnya, bagaimana mungkin seorang Kristen yang sudah menerima sakramen Baptis tetap menyembah berhala?

ads

Di bawah ini adalah arti dari penyembahan berhala dalam iman Kristen beserta artinya:

1. Tidak Menghormati Allah

 Berhala yang sering disebutkan dalam Alkitab adalah patung dewa-dewi dan patung binatang yang melambangkan dewa-dewi tersebut. Dalam Alkitab, penyembahan berhala termasuk mempersembahkan korban terhadap dewa-dewi selain Allah, mempersembahkan korban manusia, mengucurkan darah ke tanah demi dewa-dewi tersebut, bahkan pelacuran bakti untuk menghormati dewi Ishtar (1Raj 14:24; 18:28; Yer 19:3-5; Hos 4:13, 14; Am 2:8). Baca juga pengertian kafir menurut Kristen.

2. Tidak Mempercayai Tuhan Allah Sendiri

Dalam kehidupan umat Kristen, seringkali orang yang sudah memeluk agama Kristen dan mempercayai Allah Bapa tetap masih sering mempersembahkan makanan/minuman dan berdoa kepada arwah nenek moyang. Mereka juga sering memanggil roh-roh orang mati dan meminta pertolongan kepada dukun, yang jelas-jelas meminta pertolongan dari roh-roh lain selain Tuhan. Hal ini juga termasuk penyembahan berhala, karena seseorang yang melakukan hal ini jauh lebih mempercayai kekuatan roh nenek moyang daripada Roh Kudus atau Tuhan. Hal ini cenderung sulit dihilangkan dalam beberapa adat istiadat suku tertentu, karena mereka sudah mempraktekkan hal ini jauh sebelum memeluk agama Kristen. Baca juga kebiasaan buruk umat Kristen.

3. Tidak Peduli Kepada Allah

Menginginkan milik orang lain (dengki dan iri hati terhadap orang lain) juga termasuk penyembahan berhala karena keinginan tersebut sudah melebihi keinginannya untuk memuliakan Tuhan dan menjadikan Tuhan sebagai tujuan utama dalam hidup (Kol 3:5). Intinya, melakukan arti penyembahan berhala dalam Iman Kristen segala sesuatu demi keinginan daging dan menjadikan keinginan itu lebih penting daripada Tuhan adalah penyembahan berhala.

4. Hanya Butuh Kekuasaan

Yang paling sering terjadi pada kehidupan sekarang ini adalah orang jauh lebih mementingkan uang dan kekuasaan daripada Tuhan. Mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang dan kekuasaan tersebut, dan mereka lupa bahwa semuanya berasal dari Tuhan. Baca juga ukuran pertumbuhan rohani Kristen.

Perlu diingat, bahwa penyembah berhala belum tentu bisa menikmati janji Tuhan kepada orang percaya, karena mereka sendiri cenderung kurang percaya kepada Tuhan.

Kita juga harus menyadari, bahwa tidak arti penyembahan berhala dalam Iman Kristen. Patung-patung yang ditaruh di dalam gereja adalah suatu nilai seni yang dipersembahkan kepada Allah. Patung-patung dan ukiran-ukiran dibuat untuk memperindah bait Allah, bukan untuk disembah. Contoh yang bisa kita lihat di Alkitab adalah patung kerub dalam bait Allah yang dibangun oleh Raja Salomo (1Raj 6:23, 28, 29).

Demikianlah penjelasan singkat tentang penyembahan berhala dalam iman Kristen. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 07:45 Oleh :
Kategori : Renungan Harian