Sponsors Link

5 Ayat Alkitab Tentang Euthanasia Wajib Diketahui Umat Kristen

Sponsors Link

Banyak orang Kristen bisa jadi merasa bingung jika ditanyakan mengenai ayat Alkitab tentang euthanasia. Karena sebenarnya hal ini tidak dijelaskan secara langsung oleh Allah di dalam firmanNya. Yang ditekankan hanya bahwa keputusan tersebut harus melalui cara doa dikabulkan menurut iman Kristen dengan baik. Jika tidak maka bisa jadi keputusan yang diambil bukanlah sesuai dengan kehendak Tuhan. Oleh sebab itu sangat penting untuk selalu peka terhadap keinginan Allah. Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang euthanasia yang walaupun tidak secara langsung namun masih berkaitan.

ads

1. Keluaran 20:13

“Jangan membunuh.”

Dalam firman Allah telah tegas mengatakan supaya kita tidak membunuh orang lain. Karena itu jika euthanasia sama halnya dengan pembunuhan sebaiknya hindari hal tersebut. Bertekun saja dalam doa dan minta prinsip kasih tentang Alkitab yang berasal dari Allah terhadap keluarga yang menderita sakit penyakit, maka biarkan Allah saja yang bekerja mengangkat sakit penyakit tersebut.

2. 1 Korintus 10:23

“Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.”

Tidak ada larangan untuk melakukan euthanasia secara spesifik. Tetapi hal ini jangan sampai dipaksakan. Sebaiknya berdoa untuk mencari kehendak Tuhan. Baik dokter yang bersangkutan maupun keluarga pasien. Karena Tuhan akan memiliki jawaban yang paling baik. Karena itu utamakan tujuan karunia Roh Kudus supaya tidak salah dalam mengambil keputusan. Dengan demikian maka akan terlihat penting tidaknya melakukan euthanasia.

3. Amsal 16:3

“Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.”

Yang terbaik saat menghadapi situasi ini adalah ayat Alkitab tentang berserah. Dengan demikian maka kita memberi Tuhan jalan untuk melakukan apa yang menjadi kehendakNya. Sebaiknya hindari melakukan keinginan emosi diri kita dan berserah saja pada Allah.

4. Roma 14:8

“Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.”

Inilah dasar yang penting dari ayat Alkitab tentang euthanasia, bahwa hidup setiap orang adalah milik Tuhan. Karena itu doakan saja dan biar Tuhan yang memutuskan. Jika orang tersebut berhak hidup maka biarkan saja Allah yang memberi kesembuhan dan menyatakan ayat Alkitab kesembuhan orang sakit di hidupnya.

5. Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Terakhir sebaiknya tetap utamakan ayat Alkitab tentang kepercayaan bahwa Allah selalu berikan yang terbaik. Karena itu percaya saja bahwa Allah selalu memberikan damai sejahtera. Dengan demikian maka tidak akan salah langkah dalam memutuskan euthanasia pada seseorang.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang euthanasia. Sebaiknya hal ini memang didoakan secara maksimal. Jika perlu ambil waktu saat teduh, kemudian atur waktu untuk berdoa dan tata cara puasa orang Katolik supaya dapat mengambil keputusan yang terbaik seperti kehendak Tuhan. Karena bagaimanapun nyawa seseorang adalah urusan Allah, bukan keputusan manusia. Jika memang ingin menjadi umat Kristen yang taat, sebaiknya lebih banyak berserah dan biarkan Allah yang bekerja memutuskan yang terbaik bagi kita dan keluarga nantinya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen