Sponsors Link

12 Dasar dan Isi Doa Ucapan Syukur Menurut Kristen Protestan

Sponsors Link

Dalam kehidupan, manusia membutuhkan udara untuk bernapas agar dapat tetap bertahan hidup. Namun, tidak sembarangan udara yang dapat dihirup. Udara tersebut harus mengandung kadar oksigen sehingga dapat dipakai manusia untuk beraktivitas dengan baik. Tentu kita berbicara tentang kehidupan fisik kita. Lalu, bagaimana dengan kehidupan rohani kita?

ads

Dalam kehidupan rohani, kita bernapas dengan doa. Doa seperti udara yang kita hirup sehari-hari. Tanpa udara, tanpa doa, kita tidak dapat bertahan dalam kehidupan rohani kita. Lebih spesifik lagi, kita membutuhkan ucapan syukur. Rasa syukur dapat kita umpamakan seperti oksigen, menjadi satu paket yang tak terpisahkan dari doa. Kita tidak bisa terus hidup dalam keluh kesah, amarah, atau kesedihan. Agar tetap dapat hidup dan beraktivitas dengan baik, kita perlu untuk mengucap syukur.

Mengingat betapa pentingnya doa dan ucapan syukur, seringkali kita perlu untuk memanjatkan doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan. Namun, ingatlah bahwa kita perlu benar-benar mengerti mengapa kita memanjatkan doa tersebut.

Dasar Doa Ucapan Syukur

Berikut dasar doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan.

  • Filipi 4:6

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Ucapan syukur akan membantu kita untuk tidak merasa kuatir tentang berbagai hal. Sebagai manusia, tentu wajar jika kita merasa ragu, memiliki kekuatiran. Namun, sebagai anak Allah, Allah tidak mau kita terus fokus pada kekuatiran tersebut. Kita perlu belajar untuk menyerahkan kekuatiran kita kepada Allah seperti yang dikatakan dalam ayat Alkitab tentang berserah. Oleh karena itu, kita perlu untuk berdoa dan mengucap syukur.

  • Kolose 4:2

Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.

Tuhan selalu megingatkan kita untuk bertekun dalam doa karena doa menjadi sarana bagi kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Namun, Tuhan juga mau mengingatkan kita untuk tidak lupa mengucap syukur. Ucapan syukur membantu kita untuk tetap menjaga hati kita tetap fokus dalam Tuhan. Mengucap syukur akan membantu kita untuk menyingkirkan pikiran negatif, terutama jika didukung dengan ayat Alkitab tentang pikiran negatif.

  • 1 Tesalonika 5:18

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Sekali lagi, kita diingatkan bahwa mengucap syukur sudah menjadi kehendak Allah bagi kita. Tentu sebagai ciptaan-Nya yang terus disertai dan dikasihi tanpa batas, kita perlu untuk hidup seturut kehendak-Nya. Ini berarti kita pun perlu untuk senantiasa mengucap syukur.

  • Kolose 3:17

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Sponsors Link

Kita perlu melakukan segala sesuatu dalam nama Tuhan Yesus sambil mengucap syukur. Dalam segala sesuatu yang kita lakukan, pekerjaan kita, hubungan kita dengan orang lain, juga termasuk dalam doa kita, kita perlu mengucap syukur. Ayat ini mengingatkan bahwa ucapan syukur kita sudah seharusnya ditujukan kepada Tuhan. Doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan membantu kita untuk mengakui kedaulatan Tuhan. Ucapan syukur juga membantu kita untuk memiliki ciri-ciri rendah hati menurut Alkitab.

Isi Doa Ucapan Syukur

Ada sangat banyak hal yang dapat membuat kita mengucap syukur dalam doa kita. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi isi doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan.

  1. Mengucap syukur atas kesempatan untuk berdoa.
  2. Mengucap syukur atas Tuhan yang memenuhi janji keselamatan dalam Alkitab dan pengampunan dosa.
  3. Mengucap syukur atas rasa sukacita yang kita alami seperti yang dikatakan ayat Alkitab tentang sukacita.
  4. Mengucap syukur atas kebutuhan yang boleh terpenuhi.
  5. Mengucap syukur atas iman kepercayaan atas janji Tuhan untuk terus menyertai dalam kesusahan dan kekurangan kita, Tuhan akan memberikan keberhasilan seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang keberhasilan.
  6. Mengucap syukur untuk kehadiran orang lain dalam kehidupan kita.
  7. Mengucap syukur untuk apa yang boleh terjadi dalam kehidupan orang sekitar kita.

Contoh Doa Ucapan Syukur

ads

Daftar ini hanya sekedar panduan untuk mengingat kebaikan Tuhan. Dalam doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan, sebisa mungkin kita menyebutkan kebaikan Tuhan yang kita alami secara spesifik. Jika memang masih memiliki hal lain yang merupakan kebaikan Tuhan, tentu kita dapat menambahkannya. Berikut contoh doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan.

Bapa, Yesus, dan Roh Kudus, aku datang ke hadirat-Mu saat ini. Aku mengucap syukur ya, Tuhan, kalau aku masih dapat menghadap Engkau di tengah segala kesibukanku. Aku mengucap syukur kalau Roh Kudus masih mengingatkan aku, mendorongku untuk berkomunikasi dengan-Mu karena aku percaya bahwa tidak ada yang lebih aku butuhkan dibandingkan Engkau.

Tuhan, pertama-tama aku mau mengucap syukur kalau aku boleh teringat akan keselamatan yang telah Engkau berikan kepadaku. Aku mengucap syukur Engkau telah disalibkan, mati, dan boleh bangkit kembali. Engkau mengampuni dosa ku di masa lalu, masa kini, bahkan di masa datang. Aku mengucap syukur kalau kasih-Mu tidak pernah terbatas bagiku dan pengampunan-Mu selalu tersedia.

Aku mengucap syukur ya, Tuhan, kalau aku hari ini boleh merasakan sukacita yang begitu luar biasa. Hari ini aku boleh menyelesaikan rangkaian ujianku dengan baik. Aku mengucap syukur kalau Engkau terus menyertaiku, memberikan aku kepintaran di dalam mengerjakan ujian-ujian itu. Aku juga mengucap syukur kalau Engkau masih memberikan aku hati yang jujur saat ujian. Tuhan, aku juga mengucap syukur kalau aku hari ini masih dapat makan dan minum dengan cukup. Bersama-Mu, Bapa, aku tidak pernah merasa kekurangan. Aku sungguh mengucap syukur untuk itu.

Tuhan, kalau saat ini aku sedang membutuhkan uang lebih untuk tugas kuliahku, kiranya Engkau, Allah, yang mau mencukupkan. Saat ini aku sedang berusaha untuk mencari pekerjaan tambahan, kiranya Engkau yang bantu. Aku percaya bahwa Engkau akan menyertaiku, Engkau akan memberikan jalan keluar yang terbaik, segala kebutuhanku akan terpenuhi. Aku mengucap syukur kalau aku masih memiliki Engkau sebagai tempatku bergantung dan berlindung.

Aku juga mengucap syukur, Tuhan, untuk Mama yang boleh Engkau hadirkan dalam hidupku. Terima kasih Engkau terus menyertai dia dengan kesehatan, sukacita, dan kasih yang tak pernah terbatas untukku. Terima kasih, Tuhan, aku mengucap syukur kalau hari ini Engkau boleh berikan ia kesembuhan dari sakit demamnya. Kiranya Engkau yang terus menyertai dia.

Inilah doa ucapan syukurku ya, Tuhan. Engkau Allah yang mendengar dan menyertai. Terima kasih, Tuhan. Dalam nama-Mu, Tuhan Yesus Kristus, aku berdoa. Amin.

Itulah contoh doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan. Tentu kita dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan apa yang kita rasakan. Belajarlah untuk terus menilik apa yang sudah Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita. Ingatlah bahwa yang terpenting dalam doa adalah bagaimana sikap hati kita. Pastikan ucapan syukur yang kita sebutkan bukan hanya gombalan belaka, tetapi sungguh berasal dari hati kita. Segala kemuliaan bagi nama Tuhan. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa