Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Rasa Bersalah Menurut Kristen Paling Ampuh

Sponsors Link

Seringkali di dalam hidup kita umat Allah menghadapi masalah dan lantas berpikir bagaimana cara menghilangkan rasa bersalah menurut Kristen. Terutama saat kita menyakiti orang lain dan kemudian itu merupakan orang terdekat kita. Entah itu orang tua, anak atau pasangan hidup kita.

ads

Di sinilah Allah memberikan contoh dalam firmanNya untuk mengatasi rasa bersalah dalam hidup kita tersebut. Sehingga hendaknya anak Tuhan memahami dengan benar bagaimana mengatasi akan hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, pahami cara menghilangkan rasa bersalah menurut Kristen berikut ini.

1. Berdoa

Yang pertama tentunya lepaskan rasa tersebut dengan jalan manfaat berdoa bagi orang Kristen dan minta kekuatan pada Tuhan. Sehingga dengan demikian Tuhan sendiri yang akan memberi kemampuan pada kita untuk melepaskan rasa bersalah terhadap segala masa lalu kita yang kurang baik. Dengan demikian maka kita dapat merasakan hidup tenang untuk di kemudian harinya.

2. Bertobat

Apapun masalah dan dosa kita di masa lalu, sebaiknya segera lakukan cara bertobat orang Kristen dan minta ampun kepada Allah. Sebaiknya juga lakukan hal ini kepada orang yang telah kita sakiti. Minta maaf sepenuh hati dan selesaikan perkara tersebut. Dengan bertobat maka hati akan terasa lebih lega dan rasa bersalah otomatis akan menghilang dengan sendirinya.

3. Berserah

Cara menghilangkan rasa bersalah menurut Kristen selanjutnya yaitu dengan berserah kepada Allah. Karena dengan demikian maka Allah yang akan memberikan kita cara menenangkan hati dan pikiran menurut Alkitab dalam mengatasi perasaan tidak nyaman di hidup kita tersebut. Lain halnya saat kita tidak mengutamakan Allah untuk melakukan perkara tersebut. Tentunya akan lebih berat dan susah untuk mengatasinya.

4. Tuntunan Roh Kudus

Jangan lupa pula untuk minta tuntunan tujuan karunia Roh Kudus dalam hidup kita. Sehingga bukan kekuatan kita sendiri yang melakukan perkara tersebut, tapi bergantung pada kekuatan Allah. Dengan Roh Kudus maka segala perkara dalam hidup akan lebih mudah dijalani.

5. Melepaskan

Sebaiknya lepaskan segala perkara yang meliputi di masa lalu. Berdamailah dengan kesalahan yang telah diperbuat. Jangan diingat lagi dan selalu percaya akan ayat Alkitab tentang masa depan. Dengan berdamai dan melepaskan tentu akan membantu membebaskan dari rasa bersalah yang mengganggu.

6. Iman

Umat Kristen juga harus yakin dan percaya, memiliki iman yang besar kepada Allah bahwa Tuhan sendiri yang akan membebaskan perasaan bersalah tersebut. Karena dalam firman Allah menjanjikan penyertaan karunia Roh Kudus untuk memberikan ketenangan dan damai sejahtera. Sehingga rasa cemas dan rasa bersalah tidak perlu menghantui hidup kita.

7. Hidup Baru

Terakhir, ubahlah hidup sesuai tuntunan Allah. Dengan buah-buah Roh Kudus dalam hidup kita maka kita akan mampu untuk hidup baru dan melupakan dosa masa lalu. Ini akan membantu menghilangkan rasa bersalah dengan menebus kesalahan melalui segala bentuk ketaatan pada Allah di masa yang sekarang, yaitu salah satunya dengan berbuat kebaikan.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa bersalah menurut Kristen yang dapat dilakukan. Dengan beberapa sikap di atas yang diambil, tentunya hidup akan jauh dari perasaan kalut dan tidak nyaman karena diliputi perasaan bersalah. Tidak sebaiknya mengingat terus apa yang ada di belakang, tetapi sebaiknya selalu memandang ke depan dan percaya akan penyertaan Allah di dalam hidup kita. Maka rasa bersalah akan hilang dengan sendirinya dan digantikan oleh damai sejahtera. Tuhan memberkati!

Sponsors Link
, , ,