Sponsors Link

12 Cara Bertobat Orang Kristen Protestan Sejati yang Benar

Sponsors Link

Dalam kehidupan di dunia dan menjalani tujuan hidup orang Kristen, manusia diberikan 2 pilihan yakni berada dalam jalan kebenaran dan juga kudus serta jalan lain yang jahat dan tercemar seperti halnya Allah Bapa di surga dengan segala kesempurnaanya dalam kebenaran atau lebih memilih iblis yang juga sempurna dalam segala kejahatan dan dosa. Kita sebagai pengikut Kristus tentunya ingin menjadi anak-anal Allah sehingga nantinya kita bisa memperoleh kehidupan kekal di surga. untuk itu, kita juga harus mengerti dengan baik tentang apa yang menjadi kehendak Allah Bapa di surga atas hidup kita.

ads

Cara bertobat orang Kristen Allah Bapa selalu berkehendak supaya kita selalu ada dalam jalan kebenaran dan juga kudus seperti layaknya Allah Bapa. Sedangkan iblis akan selalu berusaha menggagalkan semua rencana Allah dalam membuat kita menjadi sempurna dengan cara selalu menghasut kita untuk terus jatuh dalam dosa dan semakin bertambah dari hari ke hari. Kita sebagai manusia tentunya tidak akan ada yang luput dari dosa, entah itu dosa kecil atau dosa berat. Untuk itu, pertobatan sangat diperlukan agar kita bisa kembali ke jalan Tuhan dan tidak binasa.

Cara Bertobat Yang Benar

2 Petrus 3:9, “Allah menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat dari dosa-dosanya. Penggalan ayat ini mengartikan bahwa jika kita sudah terlanjur jatuh ke dalam dosa, maka sudah selayaknya kita berbalik dan segera melakukan pertobatan serta menyesali segala dosa tersebut sehingga kita bisa memperoleh kehidupan kekal di surga.

  1. Akui Dosa Yang Sudah Diperbuat

Cara bertobat pertama yang bisa anda lakukan adalah mengawalinya dengan mengakui dosa-dosa yang sudah diperbuat tersebut dan dengan ini maka kita akan dibenarkan. “Aku berkata: `Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,’ dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku.” Sebab itu, engkau juga patut mengakui dosa-dosamu sendiri”. Penggalan ayat ini, maka Tuhan akan mengampuni kesalahan kita, sebab orang yang sudah mengakui dosanya sendiri akan lebih takut untuk mengulangi dosa yang sama. (baca juga: Pandangan Iman kristen Terhadap Gaya Hidup Modern)

  1. Singkirkan Rasa Marah

Singkirkan juga perasaan sakit hati, marah, dendam dan segala perasaan buruk yang ada di dalam hati akibat dari perbuatan orang yang tidak kita senangi atau musuh-musuh kita. Sebab hanya dengan jalan mengampuni kesalahan sesama terhadap kita, maka dosa-dosa yang sudah kita perbuat juga akan diampuni oleh Allah Bapa di surga. Sebab jika kamu mengampuni kesalahan orang lain, maka Bapamu yang ada di surga juga akan mengampuni kesalahanmu.

Baca juga:

  1. Tinggalkan Cara Hidup Lama

Dalam pertobatan, hal yang harus dilakukan adalah meninggalkan cara hidup lama yang penuh dengan dosa tersebut dan melakukan cara bertobat orang Kristen dengan kembali pada Tuhan sambil terus menjalani kehidupan baik yang baru. Hal semacam ini biasanya akan dilakukan oleh seseorang yang baru saja berhasil melewati cobaan hidup dengan pertolongan dari mujizat Tuhan Yesus seperti contohnya kesembuhan dari sakit parah dan sebagainya.

  1. Ubah Perilaku

Saat bertobat, maka hal penting yang harus dilakukan adalah mengubah segala perilaku tidak baik yang sudah kita lakukan sehingga menyebabkan dosa tersebut. Hal ini memang terasa sulit untuk dilakukan namun sangat harus dan wajib serta bisa anda lakukan jika anda bersungguh-sungguh melakukan pertobatan.

  1. Perbaiki Masalah Yang Ditimbulkan
ads

Bertobat juga berarti memperbaiki segala masalah yang dihasilkan dari kesalahan serta perbuatan dosa tersebut. Kita tidak hanya harus meminta maaf, namun juga harus menerima konsekuensi yang harus kita terima dari perbuatan dosa seperti contohnya mencuri. Apabila dosa yang dilakukan adalah berbohong, maka anda harus mengatakan tentang kebenaran dan mengakui kebohongan yang sudah anda lakukan pada orang yang bersangkutan. Lakukan semua cara yang bisa anda kerjakan sehingga bisa membuat hati Tuhan kembali senang dan tidak terluka dengan dosa yang sudah kita lakukan. (baca juga: Menjadi Murid Kristus)

  1. Ambil Hikmah Dari Dosa

Semua perbuatan tidak baik tentu ada hal yang bisa kita pelajari dan memiliki sebuah makna sehingga untuk kedepannya bisa kita perbaiki dan menghindari perbuatan tidak baik tersebut. Buatlah kesalahan tersebut jadi bermakna sehingga akan membantu anda agar terhindar dari dosa lainnya.

  1. Hidup Pada Jalan Menyenangkan Tuhan

Bertobat juga bisa dilakukan dengan memulai hidup di jalan yang bisa menyenangkan hati Tuhan dan menjauhi semua larangan-Nya. Bertobat tidak hanya mengartikan kita mengakui kesalahan yang sudah diperbuat, namun juga memulai hidup baru yang bisa menyenangkan Tuhan.

  1. Bergabung Dengan komunitas Gereja

Cara bertobat juga bisa dilakukan dengan menjaga diri anda agar tidak kembali berbuat dosa. Hal ini bisa didapatkan dengan bergabung dan berperan aktif dalam komunitas gereja. Lakukan pelayanan dengan rutin dan bicara dengan para jemaat tentang jalan kebenaran yang sudah Tuhan berikan. (baca juga: Keluarga Kristen)

Baca juga:

  1. Baca Alkitab

Mulailah untuk membaca ayat suci di dalam Alkitab sehingga bisa memperoleh cahaya penerangan dan juga jalan terbaik yang sudah Tuhan berikan. Dengan rajin membaca Alkitab, maka ini bisa menjadi pengingat sekaligus penguat agar tidak jatuh kembali ke dalam dosa dan melakukan pertobatan itu dengan sungguh-sungguh dengan cara memperdalam dan meresapi ayat-ayat di dalam Alkitab.

  1. Mengaku Dosa

Dalam Katolik seperti halnya pada agama lain juga percaya jika sebelum kita mengakui semua kesalahan kita, maka dosa tersebut tidak akan diampuni. Sakramen tobat ini akan memberikan pengampunan, dengan cara mengakui semua kesalahan serta dosa yang sudah diperbuat pada Tuhan lewat perantara Pastur dan diikuti dengan rasa penyesalan yang mendalam dan berjanji tidak akan jatuh lagi dalam dosa tersebut.

  1. Berdoa
Sponsors Link

Bertobat juga tidak bisa lepas dari doa dan cara berdoa yang benar juga harus diterapkan dengan sangat baik. Memperbanyak doa sangat diperlukan dalam pertobatan sebagai salah satu bukti jika kita sebagai manusia yang berdosa mau melakukan pertobatan dan lebih sering dan mendalami apa yang sudah Tuhan Yesus perintahkan untuk kita jalani.

  1. Ubah Lingkungan

Apabila perbuatan dosa dan kesalahan yang dilakukan berasal dari lingkungan, maka rubahlah lingkungan serta orang yang membuat anda terjerumus dalam dosa tersebut supaya bisa menjadi lebih baik, sebab ini juga merupakan cara orang Kristen dalam melakukan pertobatan, yakni membantu sesama yang juga jatuh dalam dosa seperti kita.

Tuhan mengajarkan kita supaya kita bisa mendapatkan keselamatan kekal seperti yang sudah Tuhan janjikan pada kita yakni dengan segera berbalik dan melakukan pertobatan selama Tuhan juga masih memberikan kita kesempatan yang besar untuk kembali menjadi anak-anakNya yang selalu taat pada segala yang Ia perintahkan sekaligus melaksanakannya.

Cara bertobat orang Kristen lebih menekankan tentang apakah kita sudah menerima hadiah yang Allah berikan pada kita dan memiliki ikatan dengan Tuhan Yesus sehingga bisa membuahkan pengampunan dosa dan kehidupan kekal di surga. Semoga jalan kebenaran akan membuka pikiran kita orang percaya yang pada akhirnya juga akan membawa kita menuju pertobatan sesungguhnya dalam Yesus kristus. Marilah membuat makna kebangkitan Kristus menjadi sangat berarti dengan melakukan pertobatan segera mungkin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 16th, June 2017 / 06:25 Oleh :
Kategori : Renungan Harian