Sponsors Link

6 Cara Melawan Hawa Nafsu Menurut Kristen Secara Rohani

Sponsors Link

Berbagai cara melawan hawa nafsu menurut Kristen semuanya telah dijelaskan di dalam Alkitab. Hal ini sangat penting karena hawa nafsu merupakan cikal bakal asal mula dosa menurut Alkitab yang dapat mempengaruhi dan datang kapanpun. Oleh karena itu sebaiknya selalu pertahankan iman dan keyakinan dengan jalan menghindari keinginan daging atau duniawi dan hawa nafsu yang menyesatkan.

ads

Sehingga terlepas dari resiko berbuat dosa dan mendukakan hati Allah. Jika ingin tahu bagaimana langkah yang tepat, simak berikut ini beberapa cara melawan hawa nafsu menurut Kristen yang sebaiknya diusahakan semaksimal mungkin untuk dilakukan:

1. Berdoa

Tentunya hal yang paling penting yaitu dengan berdoa dan meminta supaya Tuhan tuntun menjauhkan diri dari keinginan daging yang membawa pada hawa nafsu. Dengan manfaat berdoa bagi orang Kristen maka hati dan pikiran akan selalu tertuju pada pikiran Allah. Otomatis keinginan yang tidak sesuai pikiran Allah juga tidak akan mengikuti pikiran kita. Karena itu selalu sempatkan waktu untuk berdoa dan saat teduh.

2. Berpuasa

Ada beberapa hal yang tidak dapat diusir hanya melalui berdoa. Karena itu tidak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk menjalankan jenis puasa dalam Kristen supaya lebih dekat dengan Allah dan dapat mendengarkan suara Allah lebih nyata dalam kehidupan. Beberapa hal memang butuh untuk berpuasa supaya dapat dilepaskan. Dengan demikian maka kita akan dijauhkan dari keinginan daging yang bertentangan dengan Allah dan lebih fokus untuk hidup kudus seperti yang dimau Allah dalam kehidupan umat percaya.

3. Berserah

Selanjutnya jangan lupa untuk berserah kepada Tuhan. Karena kemampuan menjauhkan diri dari hawa nafsu bukan hanya dengan kekuatan diri kita sendiri, tetapi semata-mata berkat karunia dari Allah. Oleh karena itu dengan berserah maka Tuhan yang akan tuntun dan arahkan hati kita untuk hidup menurut kebenaran firman Allah.

4. Roh Kudus

Selalu minta pimpinan tujuan karunia Roh Kudus dalam melakukan sesuatu. Dengan memasrahkan diri pada pimpinan Roh Kudus, maka hidup akan dipimpin sesuai firman Tuhan. Karena disini Roh Kudus akan selalu menegur dan mengingatkan jika terjadi sesuatu yang di luar dari kehendak Allah.

5. Bersekutu

Cara melawan hawa nafsu menurut Kristen selanjutnya yaitu dengan bersekutu dan menerapkan cara beribadah agama Kristen. Sebaiknya jangan lewatkan bersekutu dengan teman seiman supaya selalu mendapat kekuatan. Sehingga apabila mengalami masalah maka ada banyak teman rohani yang akan membantu secara nyata termasuk juga membantu dalam doa.

6. Baca Firman

Terakhir, jangan lupa juga untuk tetap setia membaca firman sebagai cara menenangkan hati dan pikiran menurut Alkitab. Karena dari situ kita dapatkan hikmat dan pemahaman bagaimana terlepas dari hawa nafsu yang dapat menyesatkan. Dengan memahami firman Allah akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan sehingga terhindar dari resiko mengikuti hawa nafsu dan kedagingan.

Itulah beberapa cara melawan hawa nafsu menurut Kristen terutama bagi yang hidup di dalam lingkungan dengan berbagai macam godaan. Hendaknya umat Kristen selalu menjadi terang bagi sekelilingnya. Karena itu hindari mengutamakan hawa nafsu dan berakhir dengan berbagai perbuatan yang buruk entah itu judi, kemabukan, pesta pora dan berbagai larangan dalam agama protestan. Karena itu semua adalah hal yang tidak menyenangkan hati Tuhan. Dengan makin dekat pada Tuhan, maka akan makin mudah untuk memahami kehendakNya dan menjauhkan diri dari keinginan daging yang menyesatkan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Etika dan Moral