Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Pembawa Damai Menurut Iman Kristen Yang Disukai Kristus

Sponsors Link

Dalam kehidupan masa kini, tentu tidak mudah menemukan ciri-ciri pembawa damai menurut iman Kristen. Terutama karena saat ini banyak orang yang melupakan apa saja buah-buah Roh Kudus yang dikehendaki Tuhan dalam hidup kita. Sering kali ada banyak orang yang lebih senang melakukan apa yang jahat di mata Tuhan karena tergoda oleh ucapan iblis. Baik rasa marah, kebencian, sombong dan sebagainya ini merupakan pekerjaan iblis yang menjauhkan orang Kristen dari kasih Tuhan.

ads

Oleh sebab itu sebagai umat Kristen tentu yang paling penting salah satunya yaitu berusaha menjadi contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia dengan jalan melakukan berbagai macam perbuatan yang berkenan di hadapan Tuhan. Salah satunya melalui perbuatan yang penuh kasih dan setia kepada sesama. Tentu saja ini tidak mudah, namun harus selalu dicoba hingga maksimal. Jika ingin menerapkan hal itu dan ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa ciri-ciri pembawa damai menurut iman Kristen yang tentunya harus dipahami dan dicontoh sebisa mungkin.

1. Penuh Kasih

Umumnya ciri pertama yang dibawa oleh orang yang cinta damai adalah sikap yang penuh hukum kasih dalam Alkitab kepada seluruh sesamanya. Kasih ini juga tidak berbeda-beda antara dengan orang yang satu dan yang lain. Melalui perbuatan yang penuh kasih ini, maka umat Kristen akan lebih mudah memberikan damai pada sekelilingnya. Karena seperti firman Tuhan ajarkan bahwa kasih akan sanggup mendatangkan damai bagi semua orang. Oleh sebab itu jika berbuat penuh kasih pada sesama tentu akan membantu membawa kedamaian pada umat manusia.

2. Sabar

Orang yang umumnya dapat membawa damai adalah orang yang pandai dalam bersabar. Hal ini karena orang yang sabar selalu dapat mengendalikan emosinya sehingga tidak mudah marah ataupun membawa pada kebencian. Oleh sebab itu orang yang sabar dapat pula dikatakan sebagai pembawa kedamaian pada orang lain di sekitarnya.

Dengan perbuatan yang sabar dan baik hati, maka tentu tidak mudah mendatangkan musuh dan disukai oleh banyak orang. Sehingga secara tidak landung hidupnya ini juga akan berkenan di hadapan Allah. Tentunya ini semua dapat dilakukan dengan bantuan penyertaan Roh Kudus.

3. Rendah Hati

Selanjutnya, ciri-ciri orang pembawa damai menurut iman Kristen berikutnya yaitu selalu berusaha rendah hati kepada semua sesamanya. Dengan demikian maka dihindari sikap yang sombong dan tidak disukai oleh Allah. Karena itu jika ingin membawa damai pada lingkungan sekitar sebaiknya berlakulah rendah hati seorang akan yang lain. Sehingga tidak mudah menjadikan amarah dan senantiasa berkenan di hadapan Allah. Bila perlu berdoa supaya dapat menerapkan ciri-ciri rendah hati menurut Alkitab ini kepada semua orang yang ada di sekitar kita dengan baik dan merata.

4. Tidak Mudah Emosi

Pembawa damai yang sejati tentunya adalah orang yang mudah untuk mengontrol emosi. Hal ini terlihat dari perilaku sehari-hari yang lebih sabar dan berusaha memahami kesulitan orang lain sebaik mungkin. Orang yang tidak mudah terpancing emosinya umumnya akan lebih mampu melakukan hal-hal secara bijaksana.

Oleh sebab itu dalam kebijaksanaan juga tersimpan kebaikan dan kedamaian yang menyeluruh. Sehingga tidak melukai perasaan orang lain dan bahkan dapat mampu menyenangkan hati orang lain di sekitarnya. Inilah yang menjadi salah satu ciri pembawa damai sejati yang sebaiknya ditiru dan dilakukan oleh seluruh umat Kristen.

Sponsors Link

5. Tidak Pemarah

Jika ingin menciptakan damai secara maksimal, maka sebaiknya hindari sikap yang mudah marah. Karena kemarahan akan mendatangkan pertengkaran dan menjauhkan kita dari rasa damai. Menjadi pemarah akan penuh dengan emosi dan pada akhirnya hanya mampu menyakiti orang lain di sekitar kita. Karena itu kendalikan emosi dan halangi keinginan untuk marah supaya berkenan dan membawa damai yang sejati ke sekitar kita sehari-hari.

6. Mengampuni

Pembawa damai tentunya juga lebih mudah untuk mengampuni orang yang bersalah kepadanya. Hal ini memang tidak pernah mudah. Tetapi dengan jalan demikian maka akan mudah tercipta damai di seluruh sekitar umat Kristen. Tentunya sangat sulit melakukan hal ini tanpa bantuan karunia Roh Kudus. Karena itu selalu berdoa dan minta kekuatan saat disakiti oleh orang lain supaya dapat memaafkan dan mengampuni perbuatan orang lain tersebut.

Sponsors Link

7. Murah Hati

Terakhir, tentunya orang yang membawa damai akan selalu dapat bersikap murah hati kepada sesamanya. Oleh sebab itu selalu berlaku murah hati pada setiap orang supaya dapat menciptakan suasana damai yang kondusif dan tidak berseteru satu dengan yang lain. Jika merasa susah berbuat demikian hendaknya lakukan cara berdoa dalam Roh supaya diberi kekuatan Allah untuk lebih murah hati pada sesama.

Itulah beberapa ciri-ciri pembawa damai menurut iman Kristen yang tentunya sesuai dengan kehendak Allah. Oleh sebab itu sebaiknya selalu berusaha lakukan sifat-sifat yang disukai oleh Allah. Sehingga dapat membantu menciptakan kedamaian di dunia. Selain itu juga secara tidak langsung menjadi salah satu dari tugas orang Kristen sebagai garam dan terang dunia bagi sesama. Karena itulah perbuatan yang disukai oleh Allah dan mempermuliakan Allah dengan maksimal. Melalui bantuan Roh Kudus dan doa yang tulus, maka hal ini akan dapat dilakukan oleh umat Kristen.

Sponsors Link
, , , ,