Sponsors Link

11 Jenis-Jenis Dosa dalam Alkitab Dalam Perjanjian Lama yang Paling Utama

Sponsors Link

Contoh perbuatan dosa dalam kristen ada sangat beragam. Dosa – dosa ini membuat kita menjadi lebih jauh dari Allah dan menjadi lebih dekat kepada iblis. Hal ini tentunya membuat Allah sedih karena sebagai manusia, kita sangat dicintai oleh Allah. Karena dosa memiliki berbagai bentuk dengan jumlah yang bisa dibilang tidak terbatas mulai dari dosa kecil yang mungkin bisa saja tidak kita sadari sampai dosa besar yang memerlukan perencanaan matang untuk melakukannya.

ads

Berdasarkan berbagai dosa yang telah kita perbuat, ternyata dosa terbagi menjadi jenis jenis dosa dalam Alkitab. Lebih tepatnya, saya membagi dosa kedalam dua jenis pada artikel kali ini. Saya akan lebih menekankan kepada sepuluh perintah Allah, semoga Anda bisa memahaminya dan artikel ini bisa membantu.

1. Dosa kepada Allah

  • Menyembah berhala

Dosa pertama yang tergolong dalam dosa yang kita perbuat pada Allah adalah lebih memilih untuk menyembah berhala dibandingkan Allah. Penyembahan ini pada masa yang lampau adalah sepeti penyembahan pada dewa – dewa baal ataupun penerapan ajaran mormon yang menyimpang. Tetapi, pada masa sekarang, penyembahan berhala bisa terjadi kapanpun dan dimanapun bahkan tanpa kita menyadarinya. Ambil saja contohnya seperti seseorang yang terlalu meninggi – ninggikan uang diatas segalanya, harta kekayaan, tahta, dan banyak hal lainnya juga bisa menjadi penyembahan berhala.

  • Menyebut nama Tuhan dengan tidak hormat

Anda tentunya pernah mendengar kata sumpah. Sumpah biasanya dibuat kebanyakan orang untuk membantu meyakinkan suatu pernyataan kepada orang lain. Ada juga sumpah – sumpah yang dibuat dengan mengatasnamakan Tuhan, dan yang lebih parahnya lagi, sumpah yang dibuat tidak berlandaskan kebenaran alias palsu. Hal – hal seperti inilah yang juga menjadi perbuatan dosa kepada Allah karena kita telah menyebut namaNya secara tidak hormat.

  • Meninggalkan Gereja secara perlahan

Pada sepuluh perintah Allah meninggalkan Gereja secara perlahan juga bisa disamakan dengan tidak menguduskan hari Tuhan. Tujuan kita ke Gereja, tidaklah hanya untuk mendengarkan firman yang dikotbahkan oleh pengkotbah tetapi disana kita juga bisa mendapatkan ampunan apabila kita mau mendengarkan dan membuka hati kita untuk mendengarkan firman Tuhan. Meninggalkan Gereja secara perlahan juga bisa menjadi bukti bahwa kita tidak percaya lagi dengan Tuhan atau bahkan membutuhkanNya, dan hal ini juga menyakiti hatiNya.

  • Meragukan Tuhan

Dalam jenis jenis dosa dalam Alkitab, salah satu dosa yang seringkali kita perbuat adalah rasa ragu akan kuasa Tuhan. Meragukan Tuhan memang acapkali tidak kita sadari karena perbuatan paling sederhana saja bisa membuat kita meragukan Tuhan. Contoh konkretnya adalah perbuatan menyontek. Kita sudah belajar semalaman atau bahkan lebih dan masih ragu dan takut apabila nilai kita menjadi jelek dalam ujian nanti. Anda seringkali lupa bahwa penyertaan Tuhan adalah nyata, selama Anda telah berusaha keras maka Anda akan mendapatkan nilai yang memang sesuai dengan kemampuan Anda. Mendapat nilai yang jelek juga tidak selamanya merupakan hal yang buruk karena dari situ Anda bisa melihat kesalahan yang masih Anda lakukan yang mungkin saja kesalahan – kesalahan itu tidak Anda sadari sebelumnya.

2. Dosa kepada sesama manusia

Untuk jenis – jenis dosa kepada sesama manusia ini saya ambil sepenuhnya dari Alkitab, untuk lebih tepatnya yaitu dari sepuluh perintah Allah.

Sponsors Link

  • Tidak menghormati ibu dan bapak

Orang tua kita adalah dua pribadi yang sangat menginginkan kehadiran kita. Sebagaimanapun perbuatan mereka kepada kita, tanpa mereka tentunya kita tidak akan bisa berada di dunia ini untuk berjuang mendapatkan kehidupan abadi di surga. Mereka akan rela melakukan apa saja untuk menjamin kebahagiaan Anda, untuk menjamin pemenuhan kebutuhan Anda sesuai dengan kemampuan mereka. Dan tentunya mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk itu. Banyak juga kutipan – kutipan yang menyatakan bahwa orang tua adalah malaikat kita di dunia dan hal itu memang benar adanya. Untuk membalas cinta kasih mereka pada kita maka sebaiknya kita menghormati kedua orang tua kita atau paling tidak, berusaha untuk tidak melakukan atau mengucapkan hal – hal yang dapat menyakiti hati mereka.

  • Membunuh

Banyak sekali kasus pembunuhan yang diawali dengan adanya amarah, benci, dan rasa dendam yang mendalam akan perbuatan atau perkataan yang telah dilakukan seseorang atau sekelompok orang. Mungkin memang amarah dan dendam yang telah terpendam selama bertahun – tahun misalnya memang akan hilang dalam sekejap mata ketika kita melihat orang yang paling kita benci tiada. Tapi, bukankah hal ini malah membuat Anda menjadi lebih kejam dibandingkan dia? Apakah Anda tidak ingin menjadi seorang pribadi yang lebih baik dari orang yang Anda benci? Bukankah hal – hal mengampuni dalam Alkitab telah tertulis? Tuhan Yesus sendiri telah menjadi teladan kita untuk mengampuni, mengasihi, bahkan mendoakan musuh kita.

  • Mencuri
ads

Mencuri adalah suatu perbuatan dimana kita mengambil milik seseorang tanpa seijin pemilik aslinya dan mengklaim barang tersebut sebagai milikinya. Banyak faktor yang menyebabkan atau melatarbelakangi tindakan pencurian seperti contohnya saja iri hati dan lain sebagainya. Tindakan ini membuat rugi dua pihak yaitu pihak yang mengalami pencurian dan pihak yang menjadi pencuri. Bagi pencuri, maka sang pencuri akan menjadi malas dalam melakukan segala hal dan cenderung menyepelekan suatu masalah dengan mengambil barang milik orang lain. Dan bagi orang yang mengalami pencurian, tentunya orang ini akan sangat dirugikan, bagaimana bila ternyata barang yang dicuri itu lebih dibutuhkan oleh sang pemilih asli dibandingkan sang pencuri?

  • Berzinah

Jenis jenis dosa dalam Alkitab selanjutnya adalah melakukan perbuatan zinah. Berzinah sendiri adalah suatu perbuatan dimana seseorang yang telah menikah melakukan hubungan seksual dengan orang lain yang bukan pasangannya sendiri. Dosa ini selain melanggar hukum Allah, hal ini juga bisa merusak hubungan atau ikatan perkawinan yang ada dan menyakiti perasaan pasangan yang sesungguhnya. Tidak hanya berlaku kepada seseorang yang telah menikah, bagi mereka yang belum menikah dan melakukan segala tindak pencabulan ataupun memiliki pikiran yang mengingini tubuh seseorang pun sudah bisa dikategorikan sebagai perbuatan zina. Perzinahan menurut Alkitab sudah cukup jelas hukumnya karena ada beberapa ayat yang bisa Anda temui mengenai perbuatan dosa ini. Beberapa ayat itu adalah Matius 5:27, Matius 15:9, Markus 10:11, dan Matius 5:28.

  • Bersaksi dusta

Bersaksi dusta mungkin seringkali Anda akan lebih familiar apabila Anda mendengar kata fitnah. Baik fitnah ataupun bersaksi dusta adalah hal yang sama. Pada dasarnya, fitnah atau bersaksi dusta adalah suatu perbuatan dimana Anda mengatakan suatu pernyataan tentang sesuatu atau seseorang yang sebenarnya tidak benar dengan tujuan untuk menjatuhkan orang itu sendiri. Perbuatan ini tentunya akan sangat sangat berdampak besar terhadap kehidupan seseorang. Bayangkan saja, apabila Anda sedang mengetik teks singkat ataupun chat dan mengalami “typo” hal ini bisa mengubah persepsi dan makna akan suatu pernyataan, terlebih lagi apabila Anda bersaksi dusta mengenai sesama Anda. Entah apa maksud dari sekelompok kecil orang melakukan hal ini, entah itu untuk keuntungan pribadi atau lain sebagainya tetapi akan lebih baik bagi ita untuk menerapkan hukum kasih dalam Alkitab, karena dengan menerapkannya maka tentunya hubungan kita dengan Allah dan terlebih lagi dengan sesama manusia akan terjaga dengan baik.

  • Mengingini istri sesama

Manusia memang tergolong lemah dan rapuh akan dosa. Tetapi apabila kita mendalami dan mengerti benar akan pengertian takut akan Tuhan maka tentunya kita akan memiliki kekuatan untuk menghadapi situasi dunia yang berada dalam dosa dan memiliki keyakinan iman yang teguh untuk melawan dosa dan untuk tidak terjatuh berulang kali kedalamnya. Salah satu dosa yang juga tercantum didalam sepuluh perintah Allah adalah mengingini istri sesama. Wanita memang makhluk ciptaan Allah yang mulia baik secara fisik maupun tugasnya yang diemban yaitu menjadi seorang ibu setelah berkeluarga. Seorang wanita juga memiliki daya tarik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya karena wanita itu cantik sesuai dengan keunikannya masing – masing. Tak jarang, dalam pernikahan terkadang seorang suami menjadi bosan pada istrinya dan melihat istri sesamanya dan menginginkannya. Dan hal ini sebaiknya tidak terjadi karena walaupun sesempurna apapun istri – istri kita tetapi kita selalu akan melihat bahwa istri orang lain lebih menarik karena adanya keinginan daging yang kuat. Syukuri apa yang sudah kita pilih dan miliki.

  • Mengingini milik sesama

Rumput tetangga memang jauh lebih hijau katanya. Walau pada kenyataannya rumput halaman kita lebih bagis tetapi mungkin karena kita terlalu sering melihatnya dan merasa bosan akan rumput kita sendiri maka tak jarang kita melihat bahwa rumput orang lain lebih bagus dari rumput kita. Mungkin perumpamaan sederhana ini bisa menggambarkan situasi hati dan pikiran kita ketika mungkin ada sesama kita yang memiliki barang baru dan kita sangat mengingini barang itu. Mengingini milik sesama apabila diiringi dengan niatan baik seperti motivasi baik untuk mendapatkan suatu barang dengan cara yang benar atau bekerja keras adalah hal yang baik. Yang salah dan tergolong kedalam jenis jenis dosa dalam Alkitab adalah ketika kita mengingini milik sesama dan memiliki niatan jahat terselubung untuk mendapatkan barang tersebut.

Itulah dua jenis jenis dosa dalam Alkitab yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga informasi ini bisa membantu menyadarkan Anda dan menambah pengetahuan Anda mengenai jenis – jenis dosa. Dan saya berharap juga Anda bisa semakin dekat dan dekat kepada Than dengan memnaca berbagai artikel yang telah kami sajikan. Tuhan Yesus memberkati.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian