Sponsors Link

5 Etika Pelayanan Kristen yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Dalam kehidupan kita, kita akan dihadapkan oleh suatu kondisi dimana kita harus melayani orang lain. Pelayanan bukanlah hal yang rendah. Mungkin sampai saat ini masih sering kita temui banyak orang yang menganggap bahwa pelayanan adalah hal yang rendah. Dan orang – orang yang melakukan pelayanan adalah seseorang dengan derajat sosial yang rendah juga.

ads

Padahal pada faktanya, hampir tidak ada seseorang yang hidup tanpa melayani dalam hal terkecil sekalipun. Tidak ada salahnya kita melayani orang lain karena kita memang membutuhkan bantuan orang lain. Mau melayani seseorang dengan tulus dan ikhlas adalah suatu perbuatan yang mulia yang disenangi oleh Allah Bapa di surga. Oleh karena itu, maka kita tidak perlu merasa malu dalam melayani orang lain. Tetapi ternyata dalam pelayanan kristiani terdapat beberapa etika pelayanan kristen yang bisa membantu kita untuk tetap teguh dalam melakukan pelayanan sebaik – baiknya.

Berikut etika pelayanan kristen, yaitu.

1. Percaya kepada Kristus

Salah satu makna kelahiran Yesus Kristus adalah untuk membantu menjembatani hubungan kita dengan Allah yang dulunya telah rusak karena dosa. Dalam ajaranNya, Yesus memberikan teladan untuk saling melayani. Dan untuk melayani orang lain maka kita harus percaya dan kembali melihat Kristus sebagai teladan kita. Sebagai seorang pelayan dalam bentuk apapun, kita haruslah memiliki iman dan kepercayaan kepada Kristus agar kita bisa tetap bersemangat dalam melakukan pelayanan kita. Pelayanan yang kita lakukan tentunya akan menyenangkan hati Tuhan.

2. Mau Menaati Segala Perintah Tuhan

Dalam melayani tentunya kita haruslah juga menaati segala perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya. Hal ini ditujukan agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal pelayanan. Tentunya kita tidak akan jatuh tersesat dalam dosa apabila kita mau menaati perintah Tuhan.

Dan dengan menjalankan perintah Tuhan sendiri maka kita akan menjadi semakin serupa dengan Dia dan menjadikan pelayanan sebagai salah satu karakter kristen sejati. Karena sejatinya, kita hidup didunia ini saling membutuhkan satu sama lain dan sudah selayaknya juga kita mau melayani dan membantu sesama kita tanpa memandang pamrih.

3. Memiliki Sikap Rendah Hati 

Salah satu etika pelayanan kristen yang juga penting untuk dimiliki adalah untuk memiliki sikap rendah hati. Kerendahan hati seolah – olah menjadi kunci dari pelayanan ini. Memiliki sikap kerendahan hati berarti kita tidak arogan atas pendapat dan sikap kita. Kita mau mendengarkan masalah orang lain dan bahkan opini orang lain yang berbeda dari kita juga.

Melayani sesama kita dengan memiliki kerendahan hati akan membantu kita untuk bisa menjalankan tugas orang kristen sebagai garam dan terang dunia dengan sebaik – baiknya. Tentunya untuk memiliki sikap kerendahan hati atau rendah hati bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu waktu dan usaha yang cukup besar agar kita bisa mencapai kerendahan hati.

4. Mau Tetap Diperbaharui oleh Roh Kudus

Roh Kudus selalu menyertai kita dalam segala sesuatu yang kita perbuat. Tubuh kita dimampukan oleh Roh Kudus agar mampu dan berdaya dalam melayani orang lain. Oleh karena itu, apabila kita merasa bahwa kita memang membutuhkan pembaharuan, maka kita harus terbuka dan mau menerima pembaharuan tersebut.

Adanya pembaharuan – pembaharuan ini membantu kita agar kita tetap setia dalam pelayanan dan mau melayani sesama tanpa pamrih. Pembaharuan ini juga membantu kita agar kita terhindar dari berbagai sikap dan sifat buruk yang mungkin saja muncul selama perjalanan pelayanan kita berlangsung.

Sponsors Link

Mungkin dalam perjalanannya kita merasa lelah atau letih dan bahkan kecewa atas keadaan yang menimpa diri kita. Dan oleh karena itu maka kita akan sangat membutuhkan adanya pembaharuan ini untuk membantu memperbaharui diri kita dan membantu menumbuhkan iman dan harapan kita kepada Dia.

5. Hidup Penuh Syukur

Melayani tentulah bukan pekerjaan yang mudah. Kita harus melayani orang lain disamping kita berusaha untuk memenuhi diri kita sendiri. Untuk bisa tetap bertahan pada komitmen kita yaitu untuk melayani sesama kita, maka sudah sepantasnya apabila kita harus terbiasa dan bisa hidup dengan penuh syukur.

Dengan memiliki rasa syukur maka kita tidak akan merasa kekurangan lagi dalam hidup. Seseorang yang kaya raya akan masih merasa kurang hartanya apabila ia tidak bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan kepadanya. Bahkan dalam pengajaranNya, Yesus sendiri seringkali menggunakan ilustrasi Alkitab tentang bersyukur dan persembahan untuk membantu kita mengerti apa yang Ia maksudkan dengan rasa syukur.

Jadi itulah beberapa etika pelayanan kristen yang penting untuk diketahui dan diterapkan agar kita bisa menjadi seorang pelayan yang baik bagi sesama kita dan Tuhan sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini, kita bisa semakin rela dan ikhlas dalam melayani siapa saja tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan balas jasa dari orang tersebut. Semoga dengan kehadiran renungan singkat kristen yang ada pada website kami ini juga bisa membantu Anda untuk membantu merefleksikan segala sesuatu yang ada dan terjadi pada diri Anda sehingga Anda bisa menjadi seorang pribadi yang lebih baik kedepannya. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gereja