Sponsors Link

5 Nilai-Nilai HAM Menurut Iman Kristen Yang Sangat Penting

Sponsors Link

Ada beberapa bagian Alkitab yang menyatakan secara eksplisit mengenai nilai-nilai HAM menurut iman Kristen. Oleh sebab itu dunia mulai mengusahakan hukum kebebasan hak asasi manusia supaya setiap orang memiliki haknya dalam memilih atau memutuskan sesuatu. Namun tentunya hal ini harus tetap berjalan sesuai dengan kehendak Allah.

ads

Karena pada dasarnya free will atau HAM menurut iman Kristen ini merupakan kehendak bebas yang diberikan sebagai karunia namun tetap harus dapat dilakukan sesuai firmanNya. Sehingga diharapkan tidak timbul resiko karena umat Kristen berupaya maksimal mengedepankan HAM. Berikut ini beberapa nilai-nilai HAM menurut iman Kristen.

1. Karunia Dan Anugerah

Dalam iman Kristen, kehendak bebas ini sebenarnya adalah tujuan karunia Roh Kudus. Sehingga sebaiknya patut diketahui bahwa ini adalah pemberian dari Allah yang mencintai manusia. Awal mula hak asasi ini diberikan supaya umat Kristen secara sadar memilih untuk memuliakan Allah daripada hal-hal lainnya. Rasa cinta Tuhan yang besar membuat Ia rela memberikan manusia kehendak bebas yang diinginkannya supaya dapat memberi keputusan dalam hidupnya.

2. Ditetapkan Allah

HAM diberikan Tuhan bukan dengan inti manusia bisa semaunya. Namun disini Allah membatasi kehendak manusia supaya tetap berjalan sesuai dengan ketetapan Allah. Bukan berarti saat manusia memiliki kehendak bebas maka manusia bebas melakukan apapun tanpa konsekuensi. Jika manusia melakukan asal mula dosa menurut Alkitab tentu ada harga yang harus dibayar. Karena itu hendaknya karunia kehendak bebas ini dijalani dengan penuh hikmat dari Allah. Jangan asal saja dan gunakan untuk sesuatu hal yang sesuai dengan kehendak Allah.

3. Kebebasan Terarah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa kehendak bebas ini merupakan sesuatu pemberian Tuhan yang tetap dengan batasan. Dalam arti ini merupakan kebebasan yang mutlak namun tetap terarah. Karena Tuhan tidak ingin umatNya jatuh dalam dosa yang lebih dalam. Sehingga dalam memilih dan melakukan kehendaknya tetap harus didasari oleh firman Tuhan. Disinilah firman Allah bekerja sebagai filter yang membantu untuk mengarahkan keputusan-keputusan manusia. Dengan manfaat berdoa bagi orang Kristen maka Allah akan menyampaikan jalan mana yang terbaik dalam kehidupan umatNya. Terutama dalam mengambil keputusan penting.

4. Buah Roh Kudus

Selanjutnya yang patut dipahami, bahwa nilai-nilai HAM menurut iman Kristen tetap harus mengutamakan buah-buah Roh Kudus dalam kehidupan. Sehingga pastikan saat melakukan keinginannya maka tetap dilakukan dengan penuh kasih sesuai ajaran Tuhan Yesus kepada sesama. Bagi siapa yang susah untuk menjalankan kasih, tentu akan susah menghormati dan menghargai nilai-nilai HAM itu sendiri. Karena dasar dari segala sesuatu adalah kasih, seperti yang telah difirmankan oleh Tuhan.

5. Kebaikan

Yang terakhir tentunya penting untuk memahami bahwa pelaksanaan hak asasi manusia atau kehendak bebas sebagai perbedaan antara talenta dan karunia roh Allah diberikan untuk mendatangkan kebaikan. Bukan untuk sebaliknya mendatangkan dosa dan kejahatan. Sehingga sangat perlu bagi umat Tuhan untuk menyadari makna anugerah kehendak bebas tersebut diberikan pada manusia. Dengan demikian maka hal tersebut bukan menjadi batu sandungan namun tetap mendatangkan kebaikan bagi semua orang.

Itulah nilai-nilai HAM menurut iman Kristen yang sepatutnya diketahui oleh para umat Tuhan. Supaya dengan demikian maka dalam menjalankan kehendak bebas tetap ada batasan yang tidak dilanggar. Pastikan apapun pilihan hidup umat sesuai dengan firman Allah. Sehingga melakukan kehendak bebas ini tidak berujung pada jenis-jenis dosa dalam Alkitab. Terutama dosa yang mendatangkan maut. Tuhan memberkati!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen