Sponsors Link

Asal Mula Dosa Menurut Alkitab dan Pandangan Iman Kristen

Sponsors Link

Pada awal penciptaan Allah menciptakan langit dan bumi. Lalu Allah menciptakan segala sesuatunya sampai pada akhirnya Ia menciptakan manusia pertama yaitu Adam dan juga Hawa sebagai pendampingnya untuk membantu menjaga dan merawat segala ciptaan Allah. Hingga pada akhirnya Allah melarang manusia ciptaan-Nya untuk memakan buah terlarang di tengah taman yang pada akhirnya juga dimakan oleh Adam dan Hawa karena adanya bujukan dari sang iblis. Iblis inilah yang membuat dosa itu ada.

ads

Pada mulanya malaikat memiliki kehendak bebas untuk menentukan dan melakukan sesuatu yang mereka ingin lakukan. Adanya pemberontakan malaikat pada Tuhan membuat berubahnya malaikat menjadi iblis. Sama seperti malaikat, Allah Bapa telah mengaruniai kita dengan tiga kemampuan yang membuat kita berbeda dengan ciptaan Allah yang lain. Kemampuan itu adalah kehendak bebas, akal budi, dan hati nurani. Kehendak bebas adalah kemampuan yang kita miliki untuk memilih dan memutuskan untuk melakukan suatu hal baik itu hal yang benar ataupun hal yang salah.

Fungsi Adanya Pembatisan

Sebelum Anda membaca lebih lanjut mengenai asal mula dosa mungkin akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui pengertian dosa menurut alkitab terlebih dulu. Asal mula dosa menurut alkitab bermula pada saat Hawa memutuskan untuk memakan buah terlarang yang berada ditengah – tengah taman. Hal ini menandakan bahwa Hawa tidak mempercayai akan kehendak dan rancangan Bapa yang baik yang telah dipersiapkan untuknya. Ada banyak sekali contoh perbuatan dosa dalam kristen yang seringkali kita lakukan. Ada banyak persepsi yang salah mengenai dosa keturunan menurut kristen. Banyak yang menjelaskan bahwa dosa keturunan atau dosa asal itu berasal dari orang tua atau bahkan berasal dari Adam dan Hawa. Tetapi, sebenarnya, bayi adalah suci dan tidak berdosa.

Fungsi dari pembaptisan adalah untuk membantu menjaga bayi dalam perkembangan dan pertumbuhannya nanti menjadi manusia dewasa untuk terhindar dari bisikan iblis yang bisa menjatuhkan seseorang kedalam lubang dosa berkali – kali. Keadaan dunia yang sudah berdosa membuat setiap bayi yang lahir ke dunia juga memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa nantinya. Manfaat sakramen baptis sebagai sakramen yang pertama kali diberikan adalah untuk membantu mengikat hubungan antara manusia dengan Tuhan. Bisa juga dikatakan bahwa apabila Anda menerima sakramen ini, Anda telah mengakui dan menerima keberadaan Tuhan dalam diri Anda.

Penjabaran Dosa Menurut Alkitab dan Pandangan Kristen

Meski sebenarnya akan lebih baik bagi Anda untuk memahami asal mula dosa menurut Alkitab seperti yang telah saya paparkan diatas, tetapi masih ada saja beberapa versi pengertian dosa asal atau asal mula dosa yang beredar dikalangan masyarakat kita. Berikut ini akan menjabarkan beberapa versi tersebut:

1. Berasal dari Adam dan Hawa

Pada pandangan yang pertama ini, kebanyakan orang menganggap bahwa semua manusia di bumi memiliki dosa asal karena kita semua adalah keturunan Adam dan Hawa. Hal ini dikarenakan mereka berdua adalah manusia yang berada di bumi sebelum ada manusia lainnya dan melakukan perbuatan dosa dan menghasilkan keturunan. Pada pandangan ini, bisa dibilang bahwa setiap manusia yang ada di bumi mewarisi dosa yang telah dilakukan oleh Adam dan Hawa. Mungkin beberapa orang yang memiliki anggapan seperti ini seringkali lupa akan tujuan kedatangan Yesus ke dunia.

Penebusan dilakukan oleh Yesus dan dengan kehadiranNya, Ia mengembalikan hubungan manusia dan Allah yang telah terputus akibat perbuatan dosa Adam dan Hawa. Arti penebusan dosa seringkali disalahartikan oleh banyak orang. Banyak orang mengira bahwa penebusan dosa sama dengan artinya dosa kita dihapuskan padahal hal ini berarti bahwa dosa Anda akan diampuni tetapi tentunya ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai bahan penebusan dosa Anda itu. Mungkin lebih mudah hal ini diibaratkan seperti penitensi yang Anda dapatkan setelah melakukan pengakuan dosa. Penitensi adalah salah satu cara yang harus Anda lakukan agar dosa Anda terampuni, selain itu Anda juga harus berusaha sebaik mungkin agar dosa yang sama tidak terulang kembali.

Sponsors Link

2. Berasal dari orang tua

Pada pandangan kedua adalah adanya pemahaman akan dosa keturunan menurut kristen ataupun juga menurut kebanyakan orang dimana dosa yang dimiliki sejak kita lahir adalah berasal dari orang tua. Dosa asal ini juga dikenal sebagai dosa keturunan. Karena kedua orang tua kita memiliki dosa maka kita terlahir dengan dosa. Semenjak kita berada didalam kandungan ibu kita dosa itu telah ada dan melekat pada diri kita.

Jadi itulah beberapa pandangan mengenai asal mula dosa menurut alkitab yang bisa saya bagikan kepada Anda. Mungkin ada lebih banyak pandangan – pandangan yang menilai atau memberikan penjelasan mengenal dosa asal. Tetapi, pendekatan terbaik untuk mengerti arti dari dosa asal itu sendiri akan lebih baik untuk dipahami sesuai dengan uraian saya pada bagian awal artikel ini. Mengapa begitu? Karena yang pertama, bayi yang baru akan memasuki dunia belum pernah berbuat apapun dan ia memanglah suci tanpa dosa. Dan yang kedua, meskipun dosa itu sendiri dapat diwariskan baik itu dari orang tua sang bayi ataupun berasal dari Adam dan Hawa, tetapi Yesus sendiri sudah datang ke dunia dan memberikan dirinya untuk berkorban bagi manusia untuk menebus dosa – dosa manusia itu sendiri. Mungkin untuk membantu Anda mengetahui defisin dari dosa asal ini akan lebih baik juga bagi Anda untuk mempelajari dan mengerti penjelasan akan pengampunan dosa dalam kristen.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen