Sponsors Link

5 Ayat Alkitab Tentang Adat Istiadat yang Wajib di Pahami UmatNya

Sponsors Link

Ada beberapa ayat Alkitab tentang adat istiadat yang belum banyak diketahui oleh umat Kristen. Oleh sebab itu cukup penting untuk memahami apa saja yang dituangkan dalam Alkitab dan firman Allah yang menyangkut hal tersebut. Tentunya semua saling berkaitan untuk kebaikan umat Tuhan. Sekalipun adat istiadat merupakan hal yang harus diikuti, namun ada batasan yang tidak sesuai dengan firman Allah.

ads

Oleh karena itu umat Kristen harus bijaksana dalam memutuskan contoh kebudayaan yang melanggar firman Tuhan serta yang bisa dilakukan dan mana yang harus dihindari atau berhenti dilakukan. Supaya lebih jelas, berikut ini ayat Alkitab tentang adat istiadat yang sebaiknya diketahui:

1. Adat Ramalan 

Firman Tuhan jelas mengatakan pada Ulangan 18:10 “Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir.” Karena itu segala adat istiadat yang berkaitan dengan ramalan ataupun sihir sebaiknya dihindari. Karena pada dasarnya ini merupakan salah satu cara Iblis untuk menjatuhkan manusia ke dalam asal mula dosa menurut Alkitab.

2. Menyembah Patung

Selanjutnya adat istiadat yang harus dijauhi termasuk juga jika masih mengikuti tradisi arti penyembahan berhala dalam iman Kristen baik kepada patung atau benda lain. Karena firman Tuhan dalam 1 Korintus 10:14 “Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!” Dengan jelas Allah memerintahkan supaya umatNya menghindari hal tersebut. Karena itu segala adat istiadat yang masih mempercayai animisme ataupun dinamisme dan melakukan penyembahan berhala harus dihilangkan. Seperti jika masih berdoa melakukan pemujaan di hari besar tertentu. Sebaiknya jangan lakukan hal ini supaya tidak jatuh dalam dosa yang mendatangkan maut.

3. Memanggil Roh

Seringkali dalam adat istiadat ada upacara pemanggilan roh nenek moyang. Ini merupakan suatu kekejian di mata Allah sehingga sebaiknya dihindari dan jangan dilakukan kembali. Karena jelas perbuatan tersebut tidak sesuai dengan buah-buah Roh Kudus dan dibenci oleh Allah.

4. Hanya Taati Perintah Tuhan

Dalam Alkitab tertulis pada Matius 15:9 “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.” Sehingga jika ajaran Alkitab bertentangan dengan adat istiadat, maka seharusnya adat tersebut boleh untuk dilanggar. Seperti yang telah dijelaskan bahwa mengikut Tuhan berarti tidak mengikut yang lain. Karena itu hindari melakukan adat istiadat yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Jika belum yakin sebaiknya lakukan manfaat berdoa bagi orang Kristen supaya mendapat jawaban dari Roh Kudus.

5. Keselamatan

Yang paling penting adalah hindari adat istiadat untuk menjauhkan dari keselamatan yang telah ditawarkan oleh Allah. Karena jika demikian maka tidak akan ada tempat di Kerajaan Allah bagi yang menduakan Allah. Minta hikmat dan karunia tuntunan karunia Roh Kudus dalam melihat bagaimana adat yang akan dilakukan. Seperti misalnya syukuran, tidak ada salahnya untuk menghormati keluarga. Jika syukuran berdoa pada Tuhan tentu tidak ada salahnya mengucap syukur pada Allah. Lain halnya jika dilakukan dengan memberi sesaji pada roh nenek moyang. Sepatutnya hal itu dihindari saja.

Itulah ayat Alkitab tentang adat istiadat yang sebaiknya dipahami dan dicerna dengan jelas. Sehingga dalam menjalankan adat istiadat tidak perlu adanya kontroversi serta pelanggaran terhadap firman Allah. Tujuan kebudayaan menurut pandangan Kristen yang jelas serta adat yang membangun memang perlu untuk tetap dilestarikan demi menghargai nenek moyang. Tetapi setiap budaya dan adat istiadat yang tidak sesuai dengan kehendak Allah sebaiknya dihindari serta tidak perlu dilakukan kembali.

Sponsors Link
, , ,