Sponsors Link

8 Prinsip-Prinsip Etika Kristen Sesuai Aturan Alkitab

Sponsors Link

Sebagai seorang umat Kristen penting kehadirannya untuk kita mempunyai dan terlibat kepada suatu persekutuan sebagai kelompok dimana menjadi tempat bisa saling mengenal dan dapat saling mendoakan dan memberi motivasi dan akan bersama-sama tumbuh dalam Yesus Kristus. Sehingga harus bagaimana orang-orang kristen harus memiliki prinsip untuk menjalani hidup dan memang seharusnya ada di dalam sebuah persekutuan sehingga dapat berjalan dengan baik. Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana prinsip-prinsip etika kristen yang tertulis dan diatur dalam Alkitab.

ads
  1. Bersifat terbuka (1 Yoh 1:7)

Allah memiliki sifat yang terang dan di dalam terang tersebut tidak ada yang disembunyikan. Hal itu berlaku juga di dalam persekutuan, keterbukaan merupakan suatu hal yang harus diutamakan untuk terjalin persekutan yang baik. Keterbukaan yang dilakukan di dalam komunitas merupakan awal dari munculkan kejujuran dan juga tetap adanya kepercayaan yang terjalin diantara anggota persekutuan. Dengan adanya keterbukaan maka anggota akan saling mendukung satu sama lain dan akan munculnya keharmonisan.

  1. Berani menegur (Ams 27:6)

Sahabat sejati seharusnya harus berani untuk saling menegur, bahkan harus berani untuk “memukul” sahabatnya asalkan hal itu dimaksudkan untuk hal yang baik. Apabila memang teguran yang dilakukan bisa dengan memperhatian waktu dan jarak yang tepat, maka tidak perlu takut dan mengkhawatirkan untuk teguran tersebut akan memicu adanya jarak diantara kalian, dengan itu tidak perlu ada kekhawatiran kembali. Melakukan teguran untuk teman harus menggunakan cara yang baik, lalu pastikan untuk menegur sikapnya bukan pribadinya. Terguran itu juga ada tingkatannya, mulai dengan menegur untuk bertemu berdua langsung, dengan membawa 1-2 saksi, dan apabila jika tidak membuahkan hasil maka tegurlah di dalam forum perkumpulan (matiud 15:15-20)

  1. Memiliki hati yang besar didalam setiap teguran (Ams :18)

Dapat berbesar hati untuk menerima teguran dari oranglain. Harus mengerti bahwa teguran yang diberikan adalah suatu wujud tanda kasih. Saat kita di tegur berarti kita dikasihi karena kita diinginkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan terhindari dari perilaku yang menyimpang dan tidak sesuai dengan ajarannya, jangan berfikiran bahwa suatu teguran itu merupakan suatu hinaan dan membuat anda sakit hati lalu membenci.

  1. Mengampuni (Matius 18:21-35)

Disetiap persekutuan tidak jarang terjadi gesekan dan hendaknya dapat dijadikan gesekan tersebut untuk menajamkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Pengampunan dan kerendah hatian adalah cara paling tepat untuk dapat menerima perbedaan dan merupakan syarat penting untuk kita bisa bertumbuh.

  1. Meminta maaf

Meminta maaf atas kesalahan kita bukanlah suatu kelemahan yang harus kita hindari, melainkan meminta maaf merupakan cara untuk dapat memulihkan hubungan yang retak dan dapat membuat rasa benci, amarah dan kepahitan menghilang dari diri kita dan dapat menjalin kembali hubungan dengan baik.

  1. Tidak menghakimi sendiri (mat 7:1; Gal 6:1-2)
  2. Ramah dan penuh kasih (efensus 4:32)
  3. Dapat membawa kedamaian (roma 14:19)

Demikian penjelasan tentang prinsip-prinsip etika Kristen yang dapat ditanamkan untuk berperilaku didalam kehidupan sehari-hari. Perlu diingat bahwa saat kita sedang bersekutu bukan ajang untuk saling menjatuhkan, bukan untuk saling membicarakan keburukan orang, tetapi tujuan utamanya adalah untuk saling mengangkat, mendukung, dan akan bertumbuh bersama karena kita harus sadar  bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing untuk diterima untuk kehidupan yang dalam dan saling menghargai satu sama lain. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Kristen