Sponsors Link

3 Syarat Mengikuti Perjamuan Kudus Dalam Ajaran Alkitab

Sponsors Link

Meski memiliki prinsip iman yang sama, ternyata ada sedikit perbedaan sakramen katolik dan protestan yang cukup tampak. Pada agama katolik akan ada sakramen ekaristi sedangkan pada agama kristen protestan akan ada sakramen perjamuan kudus. Sebenarnya keda sakramen ini adalah sama, hanya bedanya pada gereja karolik, umat akan menerimakan sakramen ekaristi ini pada setiap kali mereka datang ke gereja atau paling tidak seminggu satu kali. Sedangkan pada umat gereja kristen protestan maka sakramen perjamuan kudus ini akan diterimakan pada saat merayakan hari – hari besar saja.

ads

Karena sakramen merupakan sarana keselamatan yang diberikan oleh Allah kepada manusia, maka ada beberapa hal yang perlu kita sebagai manusia persiapkan agar kita bisa menjadi lebih layak dan siap untuk menerima keselamatan dari Allah kita. Berbicara mengenai perjamuan kudus, maka berikut ini saya akan membagikan  beberapa syarat mengikuti perjamuan kudus yang perlu Anda ketahui sebagai seorang kristiani untuk membantu anak – anak Anda atau mungkin diri Anda sendiri dalam mempersiapkan diri sebelum menerima sakramen ini. Berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

1. Percaya kepada Yesus Kristus

Syarat mengikuti perjamuan kudus yang pertama tentunya adalah seseorang tersebut harus memiliki iman dan percaya kepada Yesus Kristus sendiri. Karena sarana keselamatan yang diberikan oleh Allah ini adalah melalui Yesus Kristus maka seseorang tersebut haruslah memiliki iman pada Kristus. Dengan adanya rahmat pemberian dari Allah dan rasa penerimaan kita berupa kepercayaan kita kepadaNya, maka berkat keselamatan ini akan tersampaikan dengan baik.

Tentunya tujuan perjamuan kudus juga akan tercapai apabila kita mau membuka diri dan menerima sarana keselamatan Allah sendiri. Untuk memiliki iman dan kepercayaan pada Kristus, mengikuti perjamuan kudus saja mungkin tidak cukup. Untuk mengenal pribadi yang Anda percayai maka akan dibutuhkan usaha lebih untuk itu. Beberapa usaha yang bisa dilakukan seperti berdoa dan mengucap syukur setiap hari dengan menerapkan beberapa cara berdoa yang benar, membaca Alkitab, meditasi, melalukan refleksi, dan lain sebagainya.

2. Mau dan bisa menghayati perjamuan kudus

Untuk syarat mengikuti perjamuan kudus yang kedua ini adalah umat diajak untuk mau dan bisa menghayati makna perjamuan kudus bagi umat protestan. Mungkin Anda seringkali melihat apabila selama ibadah sedang berlangsung, maka anak – anak akan dipisahkan dan diikutkan dalam sekolah minggu. Karena anak – anak akan mengalami kesulitan dalam menghayati perjamuan kudus karena sifat mereka yang mudah bosan maka mereka terlebih dahulu diikutkan sekolah minggu.

Sekolah minggu yang diadakan oleh gereja dengan dukungan para orang tua mereka akan membantu para anak untuk terlebih dulu mengenal pribadi Kristus sambil secara perlahan – lahan mengajarkan mereka untuk menghayati iman dan kepercayaan mereka terhadap Kristus melalui cara yang menurut mereka menyenangkan. Setelah nanti mereka bertumbuh dewasa dan memiliki keinginan dan kerinduan untuk datang dan mulai mengenal Tuhan maka mereka mulai bisa untuk mengikuti perjamuan kudus. Dengan adanya kerinduan ini maka mereka secara perlahan akan berusaha untuk memahami makna dari perjamuan kudus dengan sepenuh hatinya.

3. Ingin mencari kebenaran

Mungkin sampai saat ini ada banyak interpretasi yang salah atas kekristenan. Banyak orang menganggap bahwa hanya dengan menganut agama kristen maka kita akan terselamatkan dan hidup kita terjamin dalam Tuhan. Padahal, pandangan ini salah. Memang dengan mempercayai Kristus kita akan terselamatkan, tetapi apabila dalam perjalanan hidup kita, kita tidak mau mengikuti perintah Bapa dan menjauhi segala hal yang bisa menjerumuskan kita semakin masuk ke dalam lubang dosa maka kita juga tidak dapat diselamatkan.

Tidak adanya kerja sama dari kedua belah pihak yaitu ketika Bapa telah menawarkan keselamatan tetapi kita sendiri sebagai manusia tidak mau menerima keselamatan itu maka tujuan dari kedua belah pihak akan adanya keselamatan tidak akan tercapai. Dan yang perlu diingat adalah akibat dosa menurut Alkitab yaitu kerusakan hubungan antara manusia dan Tuhan karena manusia lebih memilih untuk tergoda kedalam dosa dan menuruti kemauan iblis. Maka, Anda juga perlu memiliki hasrat untuk mau mencari kebenaran dalm Kristus itu sendiri.

Sponsors Link

Jadi itulah beberapa syarat mengikuti perjamuan kudus yang bisa saya bagikan kepada Anda. Sebenarnya anak – anak juga diijinkan untuk mengikuti perjamuan kudus, hanya saja karena mereka belum memiliki pengertian yang jauh akan apa itu perjamuan kudus maka mereka akan diikutkan sekolah minggu terlebih dahulu. Semua orang beriman kepada Kristus juga diijinkan untuk mengikuti perjamuan kudus selama mereka mau dan memiliki kerinduan untuk datang kepada Tuhan dengan memahami arti dari perjamuan kudus. Semoga informasi ini bisa berguna dan membantu Anda untuk mempersiapkan diri Anda ataupun anak – anak Anda nantinya dalam menerimakan sakramen perjamuan kudus ini. Mungkin untuk membantu mempersiapkan diri Anda dengan lebih baik maka Anda juga bisa secara rutin membaca dan merefleksikan hal – hal yang telah Anda perbuat setiap harinya dengan membaca beberapa renungan singkat kristen yang telah tersedia pada website kami ini. Terima kasih atas waktu yang telah Anda berikan untuk membaca artikel yang telah kami sajikan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Sakramen