Sponsors Link

4 Syarat-Syarat untuk Baptisan Kristen Beserta Maknanya

Sponsors Link

Baptisan kudus merupakan sakramen yang dilakukan dalam sakramen dalam Gereja Katolik. Sakramen terdiri dari dua bagian, dua sakramen yang telah dianugerahkan oleh Tuhan, diantaranya adalah sakramen dengan Baptisan Kudus dan sakramen dengan Baptisan Air. Baptisan kudus telah dilakukan berkali-kali di Gereja, tetapi mungkin banyak yang belum mengetahui tentang arti dari mengikuti baptisan kudus. Bagaimana kebenaran mengikuti baptisan kudus menurut Alkitab, hal ini penting untuk kita pelajari dan pahami. Untuk mengikuti baptisan kudus penting untuk mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi. Pada artikel ini akan membahas tentang apa saja syarat untuk mengikuti baptisan kudus menurut ajaran Alkitab.

ads

Ketentuan Mengikuti Baptisan 

Di dalam 1 Korintus 11 walaupun secara tersirat telah menjelaskan bahwa siapa yang diperbolehkan untuk mengikuti baptisan Kudus, syarat-syaratnya meliputi :

  • Percaya kepada Tuhan Yesus

Percaya akan adanya Tuhan Yesus menjadi syarat pertama untuk dapat mengikuti baptisan kudus. Hal ini jelas hanya ditujukan kepada orang-orang Kristen yang ada di Korintus. Syarat ini mutlak untuk mempercayai Tuhan Yesus dengan segala karyaNya, dalam kematiannya dan kebangkitanNya yang akan menyelamatkan kita semua (band. 1 Korintus 15:3-4). setelah adanya kepercayaan dan telah menerima bahwa Tuhan Yesus merupakan Tuhan dan Juru selamat, maka anda telah memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti adanya Baptisan Kudus.

  • Menguji kelayakan diri

Syarat untuk mengikuti Baptisan Kudus selanjutnya adalah dengan menguji kelayakan diri. Kita harus memastikan apakah kita siap untuk mengambil satu bagian dalam suatu makna Baptisan Kudus bagi orang percaya. Apabila hal ini tidak terjadi maka haruslah meminta pengampunan Tuhan Yesus dan selanjutnya adalah harus mengikuti Baptisan Kudus. Janganlah sampai menghindari adanya Baptisan Kudus karena Tuhan Yesys akan selalu merindukan pertobatan yang kita lakukan. Sehingga dengan ini berkat Tuhan akan ada melalui adanya Baptisan Kudus.

  • Menghayati adanya Baptisan Kudus

Untuk dapat mengikuti Baptisan Kudus haruslah menghayati apa yang dimaksud dengan Baptisan Kudus tersebut. Hal ini dapat ditandai dengan di dalam ibadah yang sedang dilaksanakn, maka biasanya anak-anak akan dipisahkan dan akan diikutkan dalam sekolah minggu. Hal ini bertujuan untuk menghayati adanya Baptisan Kudus. Karena diketahui bersama bahwa anak-anak akan lebih sulit untuk menghayati perjamuan kudus karena memang orientasi mereka masih bermain maka lebih baik diikutkan dalam sekolah minggu untuk menambah pemahaman mereka dalam menjalankan makna ibadah rabu abu.

Adanya sekolah minggu merupakan suatu dukungan dan doongan yang dilakukan oleh orang tua guna membantu anaknya untuk mengenal pribadi Kristus secara perlahan dan akan mengajarkan anak-anak untuk dapat lebih menghayati adanya kepercayaan terhadap kehadiran Kristus dengan cara yang lebih menyenangkan. Sehingga setelah dewasa mereka akan merasakan kerinduan untuk datang dan akan mengikuti Baptisan Kudus.

  • Mencari kebenaran yang sesungguhnya

Demikian penjelasan mengenai syarat mengikuti Baptisan Kudus yang harus umat penuhi menurut ajaran perbedaan antara Alkitab dan kitab mormon. Pada akhirnya kita harus mengerti dan memahami bagian dari ibadah Baptisan Kudus harus kita lakukan dengan pemahaman yang benar dan dengan kesungguhan hati. Sehingga dengan ini Tuhan Yesus akan memuliakan dan akan menumbuhkan kehidupan rohani. Karena seperti yang kita tau, di dalam kehidupan seperti berkat, mukjizat dan adanya kesembuhan dapat menjadi suatu bagian dan kuasa bagi umat dari Tuhan Yesus yang akan membuat kita lebih bersungguh-sungguh dalam menaati setiap perintahNya, serta dapat mengambil hikmah di dalam setiap Baptisan Kudus-Nya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Sakramen