Sponsors Link

8 Tujuan Hukum Taurat Sesuai Ajaran Kristen

Sponsors Link

Pertanyaan simple yang mungkin masih banyak yang tidak mengetahuinya. Salah satunya adalah tujuan hukum Taurat untuk umat. Mungkin jawaban yang akan sering terlihat adalah Hukum Taurat ada untuk manusia agar dapat menuntun mereka pada jalan kebenaran yang sesuai dengan jalan kebeneran yang tertulis pada Alkitab. Tetapi pada faktanya, Firman Tuhan tidak menjelaskan demikian dan menjelaskan dimana dengan adanya hukum Taurat maka orang dapat mengenal dosa.

ads

Dalam Alkitab terdapat ayat yang berbunyi Roma 3:19-20 “Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah. Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.” Pada artikel ini akan menjelaskan tentang tujuan hukum Taurat yang bertujuan untuk menyadarkan kita pada tujuan dari hukum yang kita lakukan. Dalam sejarah agama kristen yang terpenting adalah untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan menjalankan amanatnya sesuai dengan hukum kasih dalam Alkitab.

  1. Hukum Taurat dalam keberadaannya akan memberikan tujuan untuk selalu meneguhkan diri dan iman yang kita miliki.
  2. Melalui hukum Taurat maka kita akan mencari adanya kebenaran tentang adanya kedatangan Anak Allah yang memang telah terrulis di dalam Taurat. Dengan ada pencarian yang telah dijelaskan telah menuntun kita pada saatnya untuk dapat menemukan adanya Yesus di dalamnya. Intinya adalah adanya hukum Taurat merupakan penuntun untuk kita dapat menemukan adanya iman di dalam Yesus.
  3. Dengan adanya hukum Taurat maka adanya pelanggaran dan kejahatan yang menimbulkan dosa mulai hadir yang memang datangnya keturunan yang memang disebut dengan janji Tuhan. Keturunan yang mungkin dimaksudkan adalah dengan kdanya keberadaan Tuhan Yesus. Maka dari itu ada beberapa iman dan.
  4. Kitab Roma 3:19-20 katakan, “Supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.” hal ini memberikan tanda dimana sebenarnya adalah manusia tidak akan merasa bisa tanpa adanya Tuhan. Jangan sampai manusia telah merasa dirinya yang paling-paling di dalam hidup, padahal semua yang ada di sekitar berasal dari Tuhan, karena memang kita tidak ada apa-apanya dibanding dengan kebesaran Tuhan.
  5. Agar manusia selalui mengakui Tuhan dan mereka mengetahui dan sadar bahwa mereka akan selalu mengetahui bahwa dirinya akan membutuhkan adanya juru selamat. Apa yang terjadi apabila tidak ada juru selamat yaitu Yesus Kristus adalah tidak ada yang mampu untuk diselamatkan. Percayalah setiap orang akan membutuhkan Yesus, karena tidak ada seorang pun yang mampu untuk dapat menyelamatkan hidupnya sendiri, sehingga kita membutuhkan adanya Yesus Kristus.
  6. Diberikan kepada bangsa Israel agar mereka dapat menyadari dimana tidak ada yang bisa hidup tanpa adaya Tuhan, apa yang mereka butuhkan adalah adanya juru selamat. Diyakinkan mereka tidak akan mampu untuk dapat menyelamatkan adanya diri sendiri dan yang jelas mereka tidak boleh untuk hidup untuk dapat dibenarkan dari segala perbuatan mereka. Hidup yang dijalanin semua semata-mata dikarenakan adanya karunia yang diberikan oleh Tuhan terhadap kita. Luk 24:44 Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”
  7. Hukum-hukum yang Tuhan berikan apabila dilihat maka sekilas akan terlihat bagian luar hukumnya saja akan terlihat bahwa hukum ini sederhana dan juga terlihat untuk mudah dipenuhi, namun apabila dilihat lebih dalam lagi, esensi dari hukum yang ada akan sulit untuk dipenuhi oleh manusia. Namun kebanyakan manusia ini terlalu terburu-buru dari melihat esensi yang benar-benar diperhatikan dari sudut pandang luar. Sehingga Tuhan memang “sengaja” dalam memberikan hukum yang apabila dilihat dari luar akan terlihat mudah padahal aslinya masih sangat kompleks dan rumit.
  8. Pada dasarnya adanya hukum Taurat merupakan hukum yang baik untuk digunakan dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Bagi orang yang memang berdosa dan untuk semua segala sesuatu yang pasti bertentangan dengan ajaran sehat. Fungsi dan tujuannya jelas untuk menahan untuk tidak terjadi dosa. Sehingga sebenarnya hukum Taurat ini diberikan kepada orang yang tidak benar, bukannya untuk orang yang benar dan beriman demi mencerminkan karakter Kristen sejati.

Demikian penjelasan mengenai tujuan hukum taurat yang harus anda ketahui tujuan sebenarnya sesuai dengan Firman Allah. Sesungguhnya haruslah kita bersyukur kepada Tuhan, karena yang akan memberikan kita pembenaran karena iman bukan karena adanya hukum Taurat. Hal ini mengajarkan tentang manfaat berdoa bagi orang kristen untuk menjadikan tujuan hidup orang kristen. Memberikan kita renungan kehidupan yang memang penting untuk kita, apakah kita sudah hidup di dalam iman atau memang kita masih sering meninggalkannya, janganlah pernah kita mencobai Tuhan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, ,