Sponsors Link

5 Contoh Perbuatan Dosa dalam Kristen yang Perlu Dihindari

Sponsors Link

Dalam kehidupan kita sehari – hari, diri kita tidak jauh dengan hal ataupun perbuatan yang disebut dengan dosa. Apakah Anda sudah mengerti tentang pengertian dosa menurut Alkitab sebelum kita membahas beberapa contoh perbuatan dosa dalam kristen secara lebih jauh? Jika belum, maka saya akan kembali mengingatkannya kepada Anda. Pada dasarnya, dosa adalah segala sesuatu perbuatan yang kita lakukan dan hal itu membuat kita menjadi lebih jauh dari Allah. Dengan kata lain, dosa adalah perbuatan kita menolak cinta kasih Allah pada kita. Melakukan semakin banyak dosa akan membuat hubungan kita dengan Allah menjadi semakin renggang. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan kembali hubungan yang baik dengan Allah adalah dengan melakukan pengakuan dosa atau yang basa dikenal juga dengan pengampunan dosa dalam kristen. Untuk membantu Anda mengetahui secara konkret akan beberapa contoh dosa, maka berikut ini saya memiliki beberapa contoh nyata yang bisa Anda hindari dengan tujuan untuk membuat pribadi kita menjadi lebih baik.

ads

1. Khawatir akan hari esok

Mari kita awali contoh pertama dengan hal yang sering kita lakukan. Hal itu adalah rasa khawatir yang kita miliki akan hari esok. Baik itu kekhawatiran akan makanan apa yang harus dimakan besok, bagaimana cara mendapatkan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari, dan lain sebagainya.

Kekhawatiran ini tidak hanya muncul apada orang dewasa tetapi juga pada kaum muda yang misalnya mengkhawatirkan nilai ujian yang akan datang. Berbagai macam kekhawatiran ini adalah suatu bentuk keraguan kita akan janji – janji Tuhan Yesus bagi orang percaya dan kuasa Tuhan. Tuhan Allah sendirilah yang mengatur segala sesuatunya untuk kita dan segala sesuatu telah direncanakan sesuai dengan waktu dan kondisi yang tepat. Tetap lakukan saja yang Anda bisa lakukan dengan semaksimal mungkin dan serahkan sisanya kepada Tuhan.

2. Keserakahan 

Saya merasa, masih banyak dari kita yang tidak mengetahui apa itu arti bersyukur dalam Alkitab. Sebagai bukti nyatanya, masih banyak orang yang terlalu serakah dalam melakukan berbagai hal tertentu untuk kemakmuran dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Bahkan, tipe orang seperti ini juga bisa hanya menyembah Tuhan untuk membantunya mendapatkan hal – hal yang dia inginkan.

Ingin menjadi yang terbaik dan mendapatkan hal – hal yang baik dalam hidup memang tidaklah salah. Yang salah adalah apabila keserakahan Anda sudah terlalu tinggi sehingga Anda hanya memperalat sesama manusia dan bahkan Tuhan untuk mendapatkan hal yang Anda inginkan.

3. Penyembahan berhala

Contoh perbuatan dosa dalam kristen selanjutnya adalah melakukan penyembahan berhala. Arti penyembahan berhala dalam iman Kristen sendiri tidak hanya terbatas pada penyembahan berhala seperti yang dilakukan oleh orang jaman dahulu yang menyembah dewa – dewa baal. Penyembahan berhala pada masa yang modern ini menjadi semakin banyak dan berkembang dan semuanya adalah demi untuk memenuhi keinginan daging. Contoh penyembahan berhala yang nyata pada masa kita adalah penyembahan berhala terhadap uang.

Tidak sedikit orang yang pada akhirnya meragukan kuasa ataupun keberadaan Tuhan dalam kondisi mereka yang sulit dan kekurangan uang misalnya. Hal ini membawa mereka untuk berusaha menyembah uang dan membuat uang menjadi hal yang paling utama karena mereka merasa bahwa uang bisa membeli segalanya.

4. Sulit untuk mengampuni

Dalam menjalankan kehidupan kita sehari – hari, tidak jarang bahwa kehidupan ini membuat kita kecewa. Kekecewaan yang kita dapatkan juga seringkali datang dari orang – orang terdekat yang kita cintai. Mengetahui hal ini tentunya sangatlah sakit dan kecewa hati kita sehingga kita merasa sulit untuk mengampuni. Dan oleh karenanya mungkin kita perlu membaca lagi mengenai hal – hal mengampuni dalam Alkitab.

Sponsors Link

Sebagai manusia yang lemah dan tidak sempurna tentunya kita membuat banyak kesalahan, tetapi apabila Allah Bapa mampu mengampuni kita dan mau menerima kita kembali bahkan sampai Ia mengorbankan Putra-Nya yang tunggal, mengapa kita tidak mencoba untuk melakukan hal yang serupa? Tidak peduli apakah orang yang kita ampuni tadi akan tetap mengulang kesalahan yang sama atau tidak, tetapi paling tidak kita secara perlahan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dan percayalah Tuhan juga akan semakin dekat dengan Anda dan mencurahkan berkat-Nya untuk Anda.

5. Memutuskan untuk tidak melakukan hal benar

Terkadang, hanya untuk kepopuleran belaka, kita lebih memilih untuk melakukan hal yang salah. Contoh konkretnya adalah lebih memilih untuk mencuri uang orang tua untuk membeli barang – barang high end yang sebenarnya juga tidak dibutuhkan. Tetapi, demi tuntutan popularitas Anda tetap melakukannya tanpa memperhatikan keadaan keluarga Anda. Contoh lainnya adalah ketika ada dua teman Anda yang bertengkar dan Anda lebih memilih diam dan pergi karena takut apabila pihak yang lebih dominan menjadi membenci Anda dikemudian hari. Lakukanlah hal yang benar karena Tuhan dan bukan manusia.

Beberapa contoh perbuatan dosa dalam kristen yang telah saya jabarkan tadi adalah beberapa contoh dosa yang sering kita lakukan dalam kegiatan sehari – hari. Bahkan, tak jarang kita sering melakukan beberapa dosa tersebut. Bacalah terus tentang beberapa artikel mengenai arti penebusan dosa dan juga dampak dosa yang bisa kita dapatkan selama hidup kita untuk membantu mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel yang saya berikan ini bisa membantu Anda untuk lebih dekat dengan Tuhan dan memperhatikan sesama manusia. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen