Sponsors Link

5 Ayat Alkitab Tentang Ngomongin Orang Yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Sering kali orang Kristen memang tidak dapat menemukan dengan tepat ayat Alkitab tentang ngomongin orang. Hal ini karena tentang perbuatan tersebut tidak tersirat secara langsung dalam perkataan firman Tuhan. Namun demikian sebenarnya secara etika ini bukanlah hal yang baik.

ads

Karena sering kali seseorang lebih mudah mengatakan hal buruk tentang orang lain dan berujung pada fitnah. Oleh sebab itu, sebaiknya lebih baik jika selalu berusaha intropeksi diri supaya terhindar dari sifat dosa menurut Alkitab tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang ngomongin orang yang cukup berkaitan.

1. Amsal 16:28

“Orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib.”

Sebenarnya membicarakan seseorang di belakang bisa jadi menimbulkan fitnah terhadap orang tersebut. Oleh karena itu sebaiknya hindari melakukan hal tersebut daripada menjadi batu sandungan. Ada baiknya memperkatakan yang baik saja dan tidak menyinggung orang lain dengan melihat pada ayat Alkitab tentang membicarakan keburukan orang lain. Sebaiknya bertekun dalam doa dan mohon hikmat supaya tidak melakukan hal tersebut dengan mudahnya.

2. 1 Tesalonika 2:4

“Sebaliknya, karena Allah telah menganggap kami layak untuk mempercayakan Injil kepada kami, karena itulah kami berbicara, bukan untuk menyukakan manusia, melainkan untuk menyukakan Allah yang menguji hati kita.”

Di sini jelas bahwa yang terbaik yaitu berbicara yang menyenangkan hati Allah saja. Karena itu hindari membicarakan orang lain. Karena hal ini hanya membawa pada macam-macam dosa menurut Alkitab yang tidak disukai oleh Allah.

3. Amsal 15:4

“Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.”

Sebaiknya selalu jaga perkataan kita. Seperti yang dikatakan pada kitab Amsal, bahwa lidah yang lembut tentu berakhir baik. Seharusnya umat Allah berkata positif saja supaya menghindari menyakiti orang lain dan menjadi makna garam dan terang dunia seperti yang diinginkan Tuhan.

4. Lukas 6:45

“Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya.”

Dari sini jelas hati orang yang baik tentu tidak ngomongin orang tanpa hati-hati. Sebaiknya selalu meminta tuntunan karunia Roh Kudus supaya terhindar dari hal tersebut.

5. Kolose 3:8

“Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.”

Tuhan membenci perkataan yang tidak baik. Karena itu selalu lakukan cara berdoa yang benar supaya dapat memperkatakan apa yang kudus dan positif saja. Hindari membicarakan orang dengan sia-sia.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang ngomongin orang yang sebenarnya tidak disukai oleh Allah. Oleh karena itu sebagai pengikut Tuhan yang baik, cobalah untuk tidak membicarakan orang lain di belakang kita. Apalagi memperkatakan fitnah tentang seseorang. Minta ampun pada Tuhan dan berdoa supaya tidak terjerumus pada kesalahan sepele yang demikian. Ingatlah akan buah-buah Roh Kudus yang menuntun pada perbuatan yang baik dan benar. Dengan demikian maka kita akan menyenangkan hati Tuhan dan sanggup menjadi terang dunia.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen