Sponsors Link

5 Cara Memaafkan Orang Lain Menurut Kristen yang Sebaiknya Dilakukan

Sponsors Link

Ada berbagai macam cara memaafkan orang lain menurut Kristen yang sebaiknya dilakukan. Karena pada dasarnya memaafkan adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh semua umat Kristen. Apabila ada yang bersalah kepada kita, maka kita harus dengan rela hati memberi maaf seperti juga Tuhan sendiri telah memaafkan dosa umat manusia melalui janji keselamatan dalam Alkitab dengan penebusan di kayu salib.

ads

Hal inilah yang mendasari akan kebesaran hati umat Kristen dalam memberikan maaf. Memang semua ini tidak mudah, namun jika dilakukan sepenuh hati pasti akan membawa hasil yang baik. Jika ingin tahu cara memaafkan orang lain menurut Kristen, sebaiknya simak cara-cara berikut di bawah ini.

1. Besar Hati

Cara pertama yaitu dengan bersikap besar hati dan mengakui bahwa diri sendiri juga memiliki banyak kesalahan di dalam kehidupan. Sehingga dengan demikian maka kita akan menyadari bahwa setiap orang tidak ada yang sempurna kecuali hanya Tuhan sendiri. Apabila hal ini terasa berat maka sebaiknya lakukan cara berdoa dalam roh dan minta Allah yang menuntun untuk memberikan kebesaran hati yang mampu memaafkan orang lain.

2. Sabar

Yang paling penting adalah butuh kesabaran tinggi untuk bisa memaafkan orang lain. Karena itu cara berdoa yang benar kepada Tuhan akan membantu untuk dapat memperoleh kesabaran yang tinggi dalam memaafkan. Dengan demikian akan lebih mudah untuk memberi maaf dari dalam hati. Karena memang hal tersebut secara fisik tidak gampang, tetapi bersama dengan Tuhan maka tidak ada yang tidak mungkin.

3. Beriman

Selanjutnya sangat penting untuk selalu beriman kepada Allah sebagai langkah dan cara memaafkan orang lain menurut Kristen. Karena dengan iman maka kita sanggup untuk memaafkan orang lain. Imani bahwa pengampunan dosa dalam Kristen berarti bahwa Tuhan telah memaafkan kita lebih dulu, karena itu sebaiknya maafkan orang yang bersalah kepada kita. Tanpa kesadaran dan iman yang tinggi, maka akan lebih susah untuk bisa memaafkan orang lain.

4. Buah Roh

Memaafkan membutuhkan karakter yang baik, karena itu jika ingin mudah memaafkan orang lain maka milikilah dahulu buah-buah Roh Kudus di dalam hidup kita. Dengan buah Roh yang kita tanamkan akan lebih mudah untuk memiliki kebesaran hati dalam memaafkan orang. Karena buah Roh mengajarkan inti dari kesabaran, kebaikan, kemurahan hati dan segala karakter yang membawa kita lebih mudah memaafkan orang yang bersalah.

5. Roh Kudus

Terakhir selalu berdoa dan minta tuntunan karunia Roh Kudus dalam hidup kita. Apabila hidup dituntun oleh Roh Kudus tentu akan lebih mudah untuk memaafkan orang lain. Karakter dalam hidup seseorang yang penuh hikmat dari Roh Kudus akan berbeda jika tidak dipenuhi oleh pimpinan Roh Kudus dalam hidup. Dengan tuntunan Allah melalui perantaraan Roh Kudus, maka memaafkan seperti kata Alkitab maupun melaksanakan ayat Alkitab tentang pengampunan akan jauh lebih mudah.

Itulah berbagai macam cara memaafkan orang lain menurut Kristen yang sebaiknya dilakukan oleh umat yang percaya. Karena seperti Tuhan selalu memaafkan kesalahan orang, maka seperti itulah umat Kristen harus mampu memaafkan orang lain yang bersalah kepada kita. Tentunya tidak mudah melakukan hal tersebut. Oleh karena itu dengan melakukan sesuai cara-cara di atas, maka diharapkan akan jauh lebih mudah untuk memberikan maaf pada orang yang bersalah. Sehingga disinilah nama Tuhan akan dipermuliakan, di saat umatNya berlaku sesuai dengan firman yang telah Allah ajarkan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Kristen