Sponsors Link

6 Cara Mendidik Anak Menurut Iman Kristen Yang Baik Dan Benar

Sponsors Link

Cara mendidik anak menurut iman Kristen merupakan suatu hal yang sangat perlu diketahui oleh banyak orang tua Kristen. Hal ini karena didikan adalah hal yang sangat penting menentukan sikap dan karakter anak di kemudian hari. Sehingga memberikan arahan dan didikan menurut iman Kristen merupakan hal penting yang harus disertakan dalam mendidik anak. Inilah yang mendorong pentingnya pengetahuan akan firman Allah terlebih dahulu supaya dapat diaplikasikan pada anak. Berikut ini beberapa cara mendidik anak menurut iman Kristen yang sesuai dan benar.

ads

1. Berdoa

Yang paling utama yaitu mengajarkan anak untuk selalu berdoa dalam memulai sesuatu. Karena berkat dan hikmat tentu datangnya dari tuntunan Roh Kudus yang tiba dari kedekatan dengan Allah. Doa adalah bentuk komunikasi manusia dengan Tuhan. Filipi 4:6 “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” Disinilah akar komunikasi pada Allah, yaitu melalui manfaat berdoa bagi orang Kristen.

2. Sabar

Pastikan mendidik anak-anak dengan kesabaran. Karena memang seorang anak membutuhkan pengajaran berulang hingga mereka mengerti benar tentang apa yang boleh dan tidak boleh sebagai umat Kristen. Terutama saat mendidik ayat Alkitab tentang tanggung jawab pada anak yang masih balita. Tidak mudah melakukannya, namun dengan kesabaran dan bersandar pada Tuhan, tentu akan lebih mudah memberikan hikmat didikan pada anak.

3. Lemah Lembut

Mengajarkan anak sesuai firman tentu juga harus dengan lemah lembut. Karena seperti kata firman dalam Amsal 15:1 “Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.” Jika orang tua mengajarkan dengan penuh kelembutan, maka akan berbeda penerimaannya dengan jika penuh amarah. Sehingga jangan memarahi anak yang tak kunjung mengerti atau melakukan kesalahan dalam melakukan didikan orang tua. Namun ingatkan dengan ayat Alkitab tentang kesabaran dan lemah lembut akan kesalahannya.

4. Tuntunan Roh Kudus

Segala bentuk pengajaran hendaknya sesuai dengan tuntunan Roh Kudus yang berjalan dalam bentuk hikmat lewat perkataan dan ucapan orang tua dalam mendidik anak-anak. Karena itu pastikan untuk meminta peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya dalam menyampaikan didikan Alkitabiah pada anak. Dengan demikian anak akan terbuka menerimanya dan mudah untuk memahami apa maksud Tuhan melalui ajaran orang tuanya.

5. Jujur

Cara mendidik anak menurut iman Kristen yang paling baik yaitu dengan penuh kejujuran dan tidak menakuti anak. Jangan bohongi anak dengan akibat yang akan diterima. Selalu beritahukan sesuai karakter Kristen sejati. Tidak kurang maupun tidak lebih. Sehingga anak paham apa yang harus dilakukan supaya melakukan sesuai keinginan Allah.

6. Takut Tuhan

Yang terakhir paling penting yaitu mendidik anak untuk takut akan Tuhan dan bukan takut pada manusia. Karena dengan takut akan Tuhan maka anak akan menghindari keinginan duniawi dengan buah-buah Roh Kudus meskipun tidak ada yang melihat. Dengan demikian anak akan selalu ingat firman Allah.

Itulah cara mendidik anak menurut iman Kristen yang paling baik untuk diterapkan pada anak. Dengan cara di atas maka anak akan bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus dalam iman yang baik. Sehingga tidak akan mencoba untuk melakukan apa yang tidak diperbolehkan oleh Tuhan. Dengan didikan yang baik sejak awal, maka iman anak akan bertumbuh lebih baik dan mengetahui kehendak Allah di dalam hidup mereka.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen