Sponsors Link

9 Makna Hari Natal Bagi Umat Kristiani

Sponsors Link

Perayaan natal sudah banyak dikenal oleh banyak orang, natal yang banyak ditunggu perayaannya oleh umat Kristiani. Karena dari perayaan momen natal, ternyata natal mempunyai makna yang sangat berguna bagi kehidupan orang Kristiani. Hari natal sering kali sebagai hari kehidupan pertama, pada hari natal adalah merupakan kehidupan pertama Kristus menjadi manusia.

ads

Hal, ini menjadikan hari kelahiran sangat berhubungan dengan hari natal. Kelahiran yang mengabarkan arti penting dalam masing-masing setiap manusia. Hari kelahiran yang mempunyai arti penting yang sama pada momen perayaan natal. Lalu apa arti kelahiran sebagai hari natal? Berikut arti hari kelahiran sebagai momen perayaan hari natal.

Arti Hari Kelahiran Sebagai Hari Natal

Hari kelahiran sering sekali dikenal sebagai umat Kristen adalah sebagai hari kelahiran Tuhan Yesus. Natal yang memberikan kelahiran dan keselamatan yang baru bagi kita umat Kristen. Hari kelahiran mempunyai arti yang khusus pada hari yang penting pada saat momen-momen hari natal sebagai berikut:

  • Hari kelahiran merupakan suatu pengidupan yang baru bagi seseorang dengan memberikan kebahagian kepada orang lain.
  • Hari kelahiran merupakan hari yang sudah ditunggu dan dinantikan oleh banyak orang sebagai pelengkap kehidupan mereka.
  • Hari kelahiran memberikan suatu adanya perlindungan bagi kita dan juga pada momen natal bagi umat Kristiani.
  • Hari kelahiran adalah momen yang sangat penting dan berarti bagi kita dan bagi semua umat kristiani dalam menyambut natal.

Baca juga:

Makna Penting Yang Terdapat di Hari Natal

Natal adalah hari perayaan yang sering dikenal oleh umat Kristen, karena natal yang sudah diperingati pada tanggal 25 Desember ini(baca juga: Sejarah Natal). Momen waktu natal adalah hal yang paling membahagiakan, karena banyak sejuta umat Kristen yang merayakan natal tersebut.

Perayaan natal sering kali kita rayakan seperti di gereja, lingkungan sekitar, keluarga, bahkan ada juga perayaan di sekolah. Bagi sebagian orang memaknai hari Natal merupakan hari libur(baca juga: Renungan Singkat Kristen). Padahal banyak sekali momen di hari natal yang dapat kita rasakan seperti maknanya.

  • Natal Memberikan Pengorbanan Bagi Umat Kristiani

Kita sebagai umat Kristen harus mencontoh sikap Yusuf dan Maria. Mereka harus menerima bayi Yesus yang di kandunginya, pahadal mereka belum suami istri. Pada saat hari dimana Maria akan melahirkan, mereka mencari-cari tempat dimana ia harus melahirkan bayi Yesus. Seperti yang sekarang kita tahu, Yesus dilahirkan di kandang domba. Sehingga kita dapat simpulkan, Maria dan Yusuf telah memberikan sebuah pengorbanan karena telah melahirkan sang Juruselamat ke dunia

  • Natal Merupakan Universal Bagi umat Kristiani

Banyak sekali umat Kristiani di berbagai negara. Ini merupakan pemberitahuan yang dapat kita baca di Alkitab bahwa Natal ditujukan kepada seluruh bangsa yang ada di dunia. Sehingga hal ini merupakan bahwa maksud Allah adalah Natal untuk seluruh bangsa dan bukan ditujukan kepada bangsa Israel saja sebagai bangsa yang dipilih Allah. Semua orang bisa merayakan natal. Siapa yang percaya akan Tuhan, dia dapat merayakan Natal.

  • Natal Memberikan Sukacita Bagi Kehidupan Kristiani

Mengapa kita harus bersukacita pada saat hari natal? Para malaikat yang mebawakan kabar gembira kepada orang-orang bahwa sang Juruselamat telah lahir. Manusia yang penuh akan dosa akan diselamatkan oleh sang Juruselamat. Maka, kita haruslah bersukacita memuji dan memuliakan nama Tuhan Yesus yang telah datang ke dunia dan mau menyelamatkan dosa-dosa manusia.

  • Natal Mengingatkan Kita Untuk Bersolidaritas

Kita ingat bahwa natal merupakan hari dimana sang Juruselamat lahir. Yesus sebagai anak Allah yang rela datang ke dunia untuk menyelamatkan hidup manusia. Yesus mau berhimpun dengan orang lain tanpa memandang status, suku, ekonomi dan lainnya. Bahkan Yesus sendiri mau berhimpun dengan orang-orang berdosa dan mau bermain ke rumahnya. Yesus juga mau membantu orang lain tanpa memandang orang yang Ia bantu. Maka kita sebagai umat Kristiani harus hidup seturut Yesus untuk menunjukan sikap solidaritas dan persaudaraan. Tanpa adanya sikap rasa solidaritas, maka tidak akan ada arti dalam diri kita sendiri.

  • Natal memberikan Kemenangan bagi umat Kristiani

Hidup manusia selalu dipenuhi oleh dosa, kemarahan, dan kejahatan. Tetapi akan lahirnya sang Juruselamat, manusia berdosa telah terbebaskan oleh dosa dan manusia yang berdosa telah menang dari pengaruh iblis. Sebagai umat Kristiani, kita harus bangkit dan berjuang dalam melawan iblis, dosa dan berbagai penderitaan. Allah mau kita bisa hidup atas kemenangan seturut dengan Yesus. Allah mau kita harus tetap dalam kemenangan, karena hanya kemenanganlah yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik. Jika kita tidak bangkit dan melawan iblis dari kemenangan, kita akan selalu terjatuh dalam dosa dan membuat diri kita semakin jauh akan Tuhan

  • Natal memberikan arti kesederhanaan

Kelahiran Yesus di kandang domba memberikan arti kesederhanaan. Yesus sebagai anak Allah mau lahir di kandang domba. Berita akan kelahiran Yesus pun bukan kepada para raja, nabi, atau orang besar tetapi kepada para gembala domba. Sehingga kita harus merayakan natal dengan sederhana tanpa harus mewah.

  • Natal merupakan sebuah penggenapan 

Allah telah membuktikan akan janji-Nya dan Allah tidak akan pernah berdusta. Lahirnya sang Juruselamat merupakan penggenapan Allah kepada manusia. Melalui natal, ini mengingatkan kita bahwa kasih Allah tidak akan pernah berubah dan tidak ada yang mustahil.

  • Natal Memberikan Keselamatan Hidup Umat Kristiani

Hari natal sebagai datang kelahiran Tuhan Yesus, Tuhan Yesus yang mempunyai peran penting di dunia yaitu menyelamatkan seluruh umat dari sebuah dosa. Banyak umat yang masih belum mengenal siapa Tuhannya? Untuk itu Yesus sangat berperan penting memberitakan Kerajaan Allah di surga. Tak ada salahnya manusia jika ingin membeli baju, dan hadiah, karena itu merupakan hal sederhana yang dapat kita lakukan dalam hari natal.

  • Natal memberikan Penghidupan Yang Kekal

Dengan momen yang sudah datang dalam kehidupan kita, kita akan mendapatkan penghidupan yang layak dan kekal bersama Kristus dengan mengikuti semua ajarannya. Kita sebagai umat Kristiani juga harus memberitakan kabar gembira ini kepada semua orang yang belum mengenal tentang Kristus.

Banyak sekali momen perayaan yang diperingati oleh umat Kristiani apalagi momen hari natal. Tadi kita sudah membahas tentang artikel makna natal. Ini merupakan beberapa sedikit penjelasan dari makna hari natal, dengan menjelaskan tentang arti kehidupan yang penting sebagai hari perayaan natal.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 15th, April 2017 / 04:56 Oleh :
Kategori : Natal