Sponsors Link

8 Langkah Penting untuk Mendapat Pengampunan Dosa Zina dalam Kristen

Sponsors Link

Salah satu perbuatan daging yang menjurumuskan pelakunya kedalam dosa adalah perbuatan zinah. Perbuatan zinah adalah segala perbuatan pencabulan baik itu secara fisik ataupun hanya sebatas memikirkan dan memiliki rasa mengingini seseorang. Dan zinah dapat terjadi baik kepada mereka yang sudah menikah maupun mereka yang belum menikah. Mengenai perzinahan menurut Alkitab memang sudah diatur tentang keberadaan hukum yang melarang adanya perbuatan cela tersebut. Tetapi pertanyaannya, karena manusia memang rapuh terhadap dosa dan terkadang menjadi gelap mata karena hal – hal tersebut, apakah ada pengampunan dosa zina dalam kristen yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ampunan dari perbuatan tercela yang telah dilakukan? Terlebih lagi banyak angapan yang mengatakan dan bahkan mengklaim bahwa dosa zina adalah salah satu dosa terberat.

ads

Selama kita mau mengakui kesalahan kita dan melakukan pertobatan penuh dan tidak mengulangi hal yang sama maka tentunya kita bisa mendapatkan pengampunan akan dosa – dosa kita. Tidak hanya itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengampunan dosa zina dalam kristen. Berikut ini saya akan membagikan beberapa informasinya yang semoga saja bisa membantu Anda keluar dari lubang dosa perzinahan.

1. Terbuka pada Tuhan

Melakukan keterbukaan tidak hanya dapat diaplikasikan pada perbuatan kita kepada sesama manusia saja tetapi perbuatan ini seharusnya lebih – lebih kita lakukan pada Allah pencipta. Memang Allah mengetahui semua perbuatan dan niatan kita tetapi hal ini bukan berarti menjadi penghalang keterbukaan kita kepada Allah sendiri. Untuk melakukan keterbukaan kepada Tuhan maka Anda bisa melakukan doa secara rutin dan mengakui segala kesalahan Anda pada Tuhan. Manfaat berdoa bagi orang kristen dalam hal ini adalah membantu Anda untuk mau melibatkan Tuhan dalam segala perkara. Dengan melakukan hal ini secara rutin maka Anda tidak hanya melibatkan Tuhan dalam pekara – perkara yang tidak menyenangkan dalam hidup Anda tetapi Anda akan melibatkan Dia dalam segala perkara. Akan lebih baik lagi apabila Anda melakukan pengakuan dosa kepada pastor paroki Anda untuk mendapatkan penitensi yang sesuai dengan beban dosa Anda.

2. Menyadari dampak perbuatan

Apabila Anda sudah berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama maka ingatlah akan adanya hukum tabur tuai. Dengan mengingat – ingat hukum ini maka akan ada besar kemungkinan dimana kita tidak akan melakukan perzinahan kembali karena tentunya ada dampak yang akan timbul setelah kita melakukan suatu perbuatan. Tentunya sebagai manusia kita memiliki naluri untuk tidak ingin mendapatkan hal buruk terjadi pada diri kita. Maka ingat – ingatlah akan dampak buruk yang bisa terjadi dari perbuatan dosa kita dan siapa saja yang bisa terkena dampak buruknya. Akan lebih baik apabila kita mau berkorban dan mengorbankan keinginan daging kita untuk mendapatkan rahmat yang lebih tinggi dan bisa memberikan kebahagiaan rohani tidak hanya bagi diri kita sendiri tetapi juga orang – orang disekitar kita yang kita cintai.

3. Secara aktif mengikuti kegiatan Gereja

Langkah untuk mendapat pengampunan dosa zina dalam kristen yang selanjutnya adalah dengan secara aktif ikut berpastisipasi dalam segala kegiatan yang diselenggarakan oleh Gereja. Segala sesuatu yang dilakukan oleh Gereja tentunya untuk membantu memberikan umat fasilitas untuk tetap berperan aktif dalam Gereja dan membantu mendekatkan manusia kepada Allah. Selain itu, dengan adanya berbagai kegiatan kerohanian maka Anda akan secara perlahan memiliki aktifitas baru yang lebih positif sehingga diri Anda menjadi lebih sibuk dan segala pikiran ataupun niatan buruk mengenai perzinahan akan perlahan memudar. Tidak hanya akan membantu Anda terlepas dari kecenderungan Anda, dengan secara aktif berperan dalam Gereja maka tentunya Anda akan mendapatkan rahmat atas diri Anda. Karena dengan melakukan hal – hal ini maka Anda secara terbuka mau dan ikut bekerja dengan tangan Tuhan untuk menyebarkan kebaikan dan perbuatan positif lainnya yang bisa membuat orang lain tertarik untuk kembali pada jalan Tuhan.

4. Takut akan Tuhan

Apakah Anda sudah memahami akan pengertian takut akan Tuhan dan mendalami hal ini? Apabila Anda telah mencoba untuk memahami hal ini maka tentunya Anda akan memiliki faktor pendorong yang lebih kuat untuk membantu Anda untuk pulih dari kecenderungan dosa. Untuk takut kepada Tuhan bukan berarti kita mematuhi perintah Tuhan karena kita takut terkena hukuman atau akibat buruk yang bisa terjadi karenanya. Tetapi hal ini dilakukan karena diri kita yang tidak ingin jauh dari hadirat dan cinta kasih Allah.

Sponsors Link

5. Menjaga pergaulan

Memiliki banyak teman memang merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Tetapi, apakah Anda ingat bahwa tidak semua orang bisa menjadi teman Anda karena beberapa pengaruh buruk yang bisa mereka bawa? Anda tentunya bisa membedakan mana saja orang yang bisa membawa dampak atau pengaruh positif pada diri Anda dengan orang yang bisa membawa pengaruh negatif pada diri Anda. Mungkin apabila Anda secara tiba – tiba menjauh dari mereka – mereka yang bisa memberikan dampak buruk maka hal ini akan sangat terlihat bahwa Anda menjaga jarak dengan mereka. Akan lebih baik bagi Anda untuk hanya sekedar mengenal dan menyapa dan tidak memiliki hubungan pertemanan yang lebih jauh lagi untuk kebaikan diri Anda sendiri.

6. Melakukan firman – firman Allah

Melakukan atau menerapkan firman – firman Allah adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pengampunan dosa zina dalam kristen. Jangan menjadi salah arah dan malah melakukan ajaran mormon yang menyimpang yang hanya akan semakin menjerumuskan Anda kedalam lubang dosa. Membaca firman Allah setiap hari tidaklah cukup apabila Anda tidak berusaha menerapkan dan melakukannya dalam kehidupan sehari – hari. Cobalah dari hal – hal kecil seperti melakukan hukum cinta kasih, mengasihi sesama, dan mau membantu sesama tanpa pamrih. Beberapa hal ini memang adalah hal yang kecil untuk dilakukan, tetapi dengan hal – hal kecil ini, secara perlahan maka Anda akan kembali pada jalan Tuhan karena hati nurani Anda terbuka untuk mendengarkan perkataan Tuhan.

7. Menerima bimbingan Roh Kudus

ads

Roh Kudus memang bekerja dalam kita, tetapi Roh Kudus tidak dapat bekerja dengan maksimal apabila kita tetap saja menolak kehadirannya atau bahkan menolak apa yang telah diarahkan dan dibimbing oleh Roh Kudus. Menerima hadirat, keberadaan, dan bimbingan Roh Kudus berarti kita harus membuka hati kita dan berpikir jernih sebelum melakukan segala sesuatu. Biasanya, sebelum kita melakukan atau sedang berpikir untuk apa yang akan dilakukan dan merasakan adanya kebimbangan, disinilah letak pergolakan batin antara mau membuka diri untuk menerima masukan dari Roh Kudus atau hanya mementingkan keinginan daging kita saja. Menerima bimbingan Roh Kudus sama saja kita memberikan kesempatan pada diri kita sendiri untuk menerima berkat yang lebih besar lagi karena adanya buah – buah Roh Kudus yang kita terima. Keterbukaan diri kita dan penerimaan buah – buah Roh kudus yang bekerja pada diri kita membuat kita menjadi semakin dekat pada Tuhan karena buah – buah Roh Kudus itu akan bekerja untuk membantu kita dan membimbing kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

8. Memiliki tekat bulat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama

Melakukan semua langkah – langkah diatas akan menjadi tidak berguna apabila Anda tidak memiliki tekat yang bulat untuk bertobat dan menghindari dosa zinah lagi. Untuk membantu Anda memiliki tekat yang bulat maka ingat – ingatlah kembali mengapa Anda ingin melakukan hal ini. Ingatlah juga akan siapa saja yang bisa terkena dampak buruk yang tak terelakkan yang bisa berlangsung sepanjang hidup pribadi tersebut apabila Anda melakukan hal ini. Terlebih lagi, ingatlah juga akan dampak buruk apa yang bisa Anda terima. Kebahagiaan abadi hanya berasal dari Allah dan hanya Allah yang dapat memberikan Anda kebahagiaan dan kesejahteraan abadi. Kebahagiaan yang berasal dari daging sifatnya hanyalah sementara, dan kesengsaraan yang didapat dapat dirasakan seumur hidup. Mungkin akan ada beberapa kali kegagalan yang akan Anda alami, tetapi jangan menyerah dan tetaplah minta pendampingan Tuhan untuk keluar dari lubang dosa tersebut.

Anda tidak perlu takut ataupun minder karena dosa zinah ini karena Tuhan Yang Maha Pengampun. Kembali lagi melihat pada jaman Yesus, ada seorang pezinah yang akan dihakimi oleh masyarakat dengan dihukum rajam yaitu pelemparan batu hingga si pezinah mati. Tetapi pada saat itu, Yesus hanya memperbolehkan mereka yang tidak berdosa untuk melemparkan batu pada perempuan pezinah itu, tetapi pada akhirnya tidak ada yang berani melemparkan batu karena mereka semua merasa berdosa dan memiliki dosa. Bahkan, Yesus sendiri yang 100% Allah dan 100% manusia juga tidak melemparkan batu pada perempuan itu dan memberikannya pengampunan dan kesempatan untuk memperbaiki hidupnya dan tidak berbuat dosa lagi. Tetapi, meski begitu, sebaiknya Anda berusaha untuk menghindari segala perbuatan dosa sebaik mungkin.

Mengenai hubungan suami istri dalam kristen hal ini sebenarnya sudah diatur dalam Injil. Dan oleh karenanya juga, ada larangan poligami dalam Injil. Beberapa hal ini memang sudah ditetapkan oleh Tuhan untuk menghindarkan manusia dari situasi keberdosaan dosa zinah. Dan beberapa langkah diatas yang sudah saya paparkan tadi bisa menjadi referensi Anda untuk mendapatkan pengampunan dosa zina dalam kristen. Satu hal lagi yang perlu Anda ingat adalah, dosa memang sangat menggiurkan dan menyenangkan hati tetapi hal ini hanya akan berlangsung selama sesaat saja. Kebahagiaan abadi berada bersama – sama dengan Allah dan untuk mendapatkan kebahagiaan abadi maka selayaknya kita mengikuti jalan Allah dan mau mendengarkan semua nasehat – nasehatNya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian