Sponsors Link

Perzinahan Menurut Alkitab: Penyebab, Akibat dan Larangannya

Sponsors Link

Perzinahan adalah perbuatan yang melanggar arti dari kesucian ikatan sebuah perkawinan di dalam keluarga Kristen dan perbuatan ini sangat dibenci oleh Allah. Jika meninggalkan istri atau suami dipandang sah untuk kita sebagai manusia, namun Allah memandang ini sebagai perzinahan. Hawa nafsu sendiri adalah bentuk dari perzinahan dan juga tertulis dalam salah satu ayat di Alkitab yakni Matius 5:27 yang berbunyi “Jangan berzinah”.

ads

Kita berpendapat jika perzinahan terjadi karena kontak fisik antar wanita dan pria yang bukan pasangannya. Namun, ada juga perzinahan hati atau pikiran yang memang tidak melibatkan fisik secara langsung yakni dengan berimajinasi berhubungan seks dengan wanita atau pria lain selain pasangannya. Berikut ini akan kami jelaskan tentang perzinahan menurut Alkitab, tentang hukuman dan akibatnya dalam hidup.

Penyebab Terjadinya Perzinahan

Perzinahan menurut Alkitab sendiri bisa terjadi karena adanya niat serta kesempatan sehingga akhirnya membuahkan perzinahan yang merupakan salah satu dosa besar menurut Kristen.

  • Niat, perzinahan selalu diawali dengan munculnya niatan dosa tersebut. Dengan timbulnya niat, maka secara otomatis manusia akan ingin mewujudkan niat tersebut menjadi nyata. (baca juga: Cara Masuk kristen)
  • Kesempatan, meskipun pada awalnya seseorang tidak berniat untuk melakukan perzinahan, namun jika ada kesempatan maka yang terjadi seseorang bisa terjerumus ke dalam perzinahan tersebut dan perzinahan sendiri adalah kejatuhan yang akan meniadakan nilai kekristenan.

Hal tentang perzinahan, ada beberapa hal yang berhubungan atau berkaitan dengan perzinahan dan sangat bertentangan dengan ajaran Tuhan yang sudah tertulis di dalam Alkitab, sebagai berikut:

  1. Perzinahan Mengikat dan Roh Yang Memperhambat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, perzinahan terjadi karena adanya sebuah kesempatan dan disaat kesempatan tersebut hadir, maka akan mengikat dan menjadi roh yang memperhamba manusia. Apabila ini dilakukan terus menerus akan menyababkan kita semakin lebih jauh kepada Tuhan. (baca juga: Perbedaan Agama Kristen dan Katolik)

  1. Perzinahan Menghancurkan Tubuh Sebagai Bait Roh Kudus

Seseorang yang melakukan perzinahan tidak akan bisa mengalami kebangkita karena tubuh kita sendiri merupakan bait Roh Kudus. Seseorang yang melakukan perzinahan akan direndahkan dan kemuliaan hanya bisa dialami oleh orang yang berjalan dalam kebenaran.Selain itu mungkin tubuh kita atau layak yah setelah kita meninggal tidak akan diterima Tuhan.

  1. Perzinahan Adalah Tindakan Bodoh

Perbuatan zinah tidaklah terjadi dengan spontan atau tiba-tiba namun merupakan buah. Yang dimaksud dengan buah disini adalah akibat dari sering menonton, membaca atau melihat sesuatu yang cabul. Tindakan yang tanpa sadar dilakukan ini akan membuahkan perzinahan dan menjadi tindakan bodoh menjerat dan akan sangat sulit untuk ditinggalkan. (baca juga: Peran Gereja Dalam Masyarakat)

  1. Perzinahan Bisa Dihindari

Perzinahan menurut Alkitab bukan hal yang mustahil untuk dijauhi sehingga tidak sampai terbuai dengan perbuatan duniawi yang sangat berdosa tersebut. Perzinahan bukan sesuatu hal yang harus dihadapi namun dijauhkan dan ini bisa dimulai dengan meninggalkan atau menghindari berbagai unsur yang berhubungan dengan perbuatan zinah tersebut seperti menonton, membaca, melihat dan berbagai tindakan zinah lainnya.

Baca juga:

  1. Perzinahan Sangat Memalukan Tuhan
Sponsors Link

Dengan melakukan perbuatan zinah, maka itu artinyya juga kita mempermalukan nama Tuhan dimana nama Tuhan sendiri haruslah selalu dimuliakan dengan cara hidup dalam kekudusan sehingga orang akan kagum saat melihat kita membawa nama Tuhan dengan sangat baik sebab Kristen hidup di dalam kita semua. (baca juga: Janji Tuhan Bagi Orang Percaya)

Hukuman Karena Perzinahan

Dalam Hosea 5:4 tertulis jika perbuatan yang sudah dilakukan tidak membuat mereka tidak bisa berbalik pada Allah sebab roh perzinahan ada di antara mereka dan mereka juga tidak mengenal Tuhan. Kutipan dari ayat ini menjelaskan tentang kejadian yang sudah menyebar sekarang ini yakni tentang roh perzinahan.

  1. Merusak Diri Sendiri

Perzinahan adalah perbuatan yang sangat sia-sia sehingga membuat segala sesuatu yang dimiliki seseorang akan terbuang begitu saja. Sampai suatu saat orang tersebut tersadar dengan perbuatan zinah yang berdosa tersebut, semuanya sudah terlambat sebab ia sudah kehilangan banyak hal mulai dari kesehatan, rumah tangga, harta sampai ke hal paling penting yakni keselamatan.

  1. Jalan Menuju Kematian

Seseorang yang bijak akan terus berjalan ke atas, akan tetapi jalan kematian selalu menurun. Seseorang yang jatuh dalam perzinahan diibaratkan seperti seseorang yang selalu bersenang-senang dan tidak tahu jika dirinya akan mati. (baca juga: Bertumbuh dan Berbuah di Dalam Kristus)

  1. Perzinahan Menghasilkan Neraka
ads

Perzinahan yang merupakan perbuatan dosa besar ini tentunya akan membuahkan neraka abadi untuk pelakunya dan tidak akan bisa kembali pada Tuhan saat kematian sudah datang dan masuk ke dalam neraka yang kekal.

Cara Menangkal Perzinahan

Ada banyak cara yang bisa membuat kita tetap jauh dari perbuatan yang dibenci Allah yakni perzinahan. Perbuatan zinah bukan sesuatu yang mustahil untuk dihindari dan bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa terkecuali. (baca juga: Allah Tritunggal)

  • Menyadari Pemilik Tubuh Kita

Kita semua sebagai umat Kristen harus menyadari dengan benar jika tubuh yang kita miliki ini bukanlah kepunyaan kita sendiri namun merupakan milik Kristus Tuhan kita. Hanya Kristus yang memiliki hak atas tubuh kita dan tubuh kita menjadi rumah Kristus. Dengan menyadari ini, maka kita tentunya tidak akan sekali-sekali berani melakukan perbuatan berdosa tersebut.

Baca juga:

  • Menyangkal Keinginan Daging

Sebagai orang Kristen, kita tidak pernah terlepas dari penyangkalan diri dan inilah arti dari kata memikul salib. Keinginan daging tidak harus selalu kita ikuti namun harus disangkal. Kita harus berani berkata tidak untuk daging dan ini memerlukan latihan yang rutin serta tekun sampai akhirnya nantinya kita bisa menyangkal semua keinginan daging tersebut. (baca juga: Dosa Turunan Menurut Kristen)

  • Paham Kehendak Allah Atas Tubuh Kita

Tuhan memiliki kehendak pada setiap tubuh manusia yakni untuk memuliakan Ia dan tubuh kita ada untuk Tuhan, bukan untuk perzinahan seperti yang tertulis pada 1Kor 6:13. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menjaga tubuh sehingga bisa digunakan sebagai persembahan hidup yang kudus dan berkenan di mata Tuhan.

  • Mohon Ampun dan Bertobat

Apabila sudah pernah jatuh dalam perbuatan zinah, maka yang bisa kamu lakukan adalah memohon ampun terutama pada Allah dan juga pasangan kamu serta bencilah pada perbuatan zinah tersebut seperti Allah sendiri yang membenci perzinahan dan berjanji tidak akan membuat dosa itu kembali.

Akibat Zinah Untuk Hidup

Perbuatan zinah tidak hanya membuahkan dosa serta menjanjikan neraka yang kekal, namun juga memiliki akibat yang sangat buruk untuk kehidupan, berikut adalah dampak buruk yang akan diperoleh dari perbuatan zinah.

  • Perbuatan zinah akan menghilangkan kehormatan dan menjatuhkan martabat baik di mata Tuhan dan juga sesama mausia.
  • Zinah juga akan membuat pelaku terjangkit penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS, sipilis, kencing nanah, gonorhea dan sebagainya.
  • Zinah tidak hanya menjatuhkan martabat diri sendiri, namun juga akan mencoreng nama keluarga inti serta keluarga besar.
  • Zinah juga bisa menciptakan permusuhan dan dendam diantara keluarga pelaku zinah perempuan dan pria.
  • Zinah kemungkinan besar akan menghasilkan anak yang dikandung diluar pernikahan sehingga akan menimbulkan aib dan malu untuk diri sendiri serta keluarga.
  • Perzinahan akan menurunkan harga diri pelaku serta merusak masa depan yang sebelumnya cemerlang.
  • Zinah akan menghilangkan kesucian pelaku di mata Tuhan dan juga sesama manusia.
  • Perbuatan zinah juga menjadi jalan seseorang untuk terus melakukan dosa yang sama atau dosa lainnya seperti contohnya menggugurkan kandungan saat hamil diluar nikah, bunuh diri dan sebagainya.

Pada Wahyu sudah tertulis jika Tuhan telah mempersiapkan anggur yang diisi dengan murka Allah, sebelum dituangkan, Tuhan ingin memastikan tidak ada sat pun anak Tuhan disana. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita keluar dari lubang dosa perzinahan dan hidup kudus seperti apa yang disenangi Tuhan dan menjadi tujuan hidup orang Kristen yang sebenarnya..

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 07th, July 2017 / 09:44 Oleh :
Kategori : Sosial