Sponsors Link

Tato Tulisan Ayat Alkitab: Pandangan Ajaran dan Hukumannya

Sponsors Link

Tato merupakan hasil berupa sebuah tanda yang dibuat dengan cara memasukan pigmen atau warna ke dalam kulit, tato sendiri dapat dianggap sebagai salah satu bentuk dalam memodifikasi tubuh pada manusia. Praktik ini sebenarnya bukan lagi hal yang baru dilakukan oleh manusia, pasalnya tato atau rajah telah dilakukan oleh beberapa etnis atau suku sejak dahulu kala.

ads

Pada umumnya proses pembuatan tato ataupun hasil akhirnya memiliki beberapa fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda seperti sebagai identitas diri, kedewasaan dan keberanian atau sebagai penanda. Namun apakah hal ini dibenarkan untuk dilakukan oleh manusia? Tidak hanya orang yang tidak percaya saja yang sering mentato dirinya, hal ini terkadang juga dilakukan oleh orang-orang yang telah percaya seperti membuat tato tulisan ayat alkitab tentang bertobat pada bagian tubuhnya. Mentato tubuh dengan ayat alkitab apakah dibenarkan oleh alkitab yang mana alkitab merupakan firman Allah itu sendiri, pandangan dan ajaran tato tulisan ayat alkitab seperti :

  1. Tato pada awalnya telah ditentang oleh Allah sendiri

Jika kita mencari kata pencarian ayat alkitab tentang tato tentunya yang akan muncul adalah ayat alkitab tentang penyembahan Imamat 19 : 28 yang berkata “Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati dan janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu; Akulah Tuhan”. Tuhan menegaskan dengan terang-terangkan bahwa perbuatan yang menggoresi tubuh karena orang mati dan merajah tubuh dengan tanda-tanda itu tidak diperbolehkan.

Seperti yang diketahui bahwa sejak dahulu kala praktek tato ini telah ada dan dilakukan oleh banyak manusia, orang-orang pada jaman dahulu tidak mengenal Allah sebagai sang penciptanya oleh karena itu mereka melakukan apa yang menurut mereka benar dan baik jika dilakukan.

Mengapa Allah menentang manusia untuk merajah tubuh, karena Allah tidak ingin tubuh yang seharusnya menjadi baitNya di rusak karena tubuh manusia yang diserahkan kepadaNya haruslah berkenan dan tidak bercela kepada Allah. Orang percaya yang menato tubuhnya dengan tulisan ayat alkitab tentunya telah memikirkan hal ini secara matang terlebih dahulu, namun sekali lagi apakah hal yang dilakukan tersebut adalah keinginan dan kehendak Tuhan untuk dilakukan.

  1. Tujuan dibuatnya tato tulisan ayat alkitab

Manusia sejak semula telah diperintahkan oleh Tuhan untuk menyerahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup dan berkenan di hadapanNya, namun bukan berarti kita dapat merusak atau memodifikasi sesuka hati. Berbicara mengenai modifikasi tubuh manusia hal ini tentunya dapat dilakukan jika memang hal itu dilakukan dengan tujuan medis atau pengobatan yang wajib untuk dilakukan, namun hal ini akan berbeda jika memodifikasi tubuh dengan tujuan awal tidak puas akan apa yang telah dimiliki.

Tidak bersyukur kepada Tuhan atas apa yang dimiliki bukanlah perbuatan yang berkenan di hadapanNya, memang terkadang perasaan iri terhadap orang lain akan muncul dalam hati namun kita perlu disadarkan kembali dan bertobat atas ketidakpuasan ini karena pada hakikatnya Tuhan tahu apa yang diperlukan tiap-tiap orang tidaklah sama.

Banyak tujuan dibuatnya tato pada tubuh apalagi jika membuat tulisan ayat Alkitab adat istiadat, namun apakah tujuannya untuk memuliakan Tuhan dan melakukan pelayanan dengan memberitakan firman Allah dengan tubuh? Atau hanya sekedar ingin mengingat kebesaran dan makna ayat tersebut? Perlu diingatkan kembali bahwa apa yang tampak benar dimata manusia belum tentu benar bagiNya dan pelayanan seperti menato tubuh juga dapat mendatangkan asal mula dosa menurut alkitab seperti dapat membuatnya menjadi berhala bagi kita.

  1. Manfaat tato tulisan ayat Alkitab
Sponsors Link

Tato bagi beberapa kelompok orang merupakan sebuah karya seni karena terdapat nilai dan makna di dalam setiap goresannya. Sebuah paham yang seperti ini apakah merupakan kehendak Allah yang ingin Ia berikan kepada manusia? Bukankah menganggap tato adalah seni merupakan doktrin yang ditanamkan kepada pemikiran manusia. Memang dengan mentato tulisan ayat alkitab ketika orang lain melihatnya akan merasa bahwa firman Allah juga disampaikan kepada dia, akan tetapi terkadang hal ini hanya bersifat sementara saja.

Jika dipikirkan kembali jika terdapat hukum tato dalam kristen yang seperti ini pada tubuh juga dapat membuat manusia memiliki hati yang congkak karena merasa lebih benar daripada orang lain yang melakukan tato. Iblis memiliki banyak cara dan akal untuk menyesatkan manusia termasuk menggunakan tato. Hukuman dari membuat tato tulisan ayat alkitab tentunya tidak dapat diputuskan atau diberikan oleh manusia lainnya karena hukuman dan pengadilan hanya boleh dilakukan oleh Tuhan bukan manusia. Seperti yang diketahui Tuhan itu penuh dengan kasih dan sabar kepada manusia tentunya Ia ingin manusia yang berdosa untuk berpaling dari dosanya dan hanya melihat kepadaNya.

Hukuman tentu akan Tuhan berikan karena tidak bertindak sesuai dengan apa yang dikehendakiNya namun disamping itu Tuhan juga akan memberikan kasihNya kepada kita, bukankah kasih yang paling besar telah Dia berikan yakni Yesus Kristus sendiri. Oleh karena itu kita perlu bertobat dari perbuatan dan pemikiran kita yang telah salah selama ini, Tuhan itu dalam dan luas tidak dapat hanya sepintas mengetahuiNya. Tuhan melarang merajah tubuh kita tentu ada alasannya tersendiri seperti untuk kesehatan dalam jangka panjang karena seperti yang diketahui tato dapat menjadi sarana penyaluran penyakit berbahaya seperti HIV dan Aids.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hukum Kristen