Sponsors Link

10 Ayat Alkitab Tentang Wanita Bijak Dalam Ajaran Kristiani

Sponsors Link

Menjadi wanita bijak adalah suatu kebanggaan serta anugrah tersendiri bagi seorang wanita. Memiliki istri serta ibu yang bijak juga merupakan keberuntungan bagi seorang suami dan anak-anaknya. Sebab sebagai mana dituliskan dalam Amsal 14:1a, 31:28, dikatakan bahwa perempuan yang bijak akan disebut berbahagia oleh anaknya, serta dipuji oleh suaminya, dan ia berhasil mendirikan rumah tangganya dengan baik. Namun sebaliknya, dalam Amsal 14:1 dikatakan bahwa perempuan bodoh akan meruntuhkan rumahnya dengan tangannya sendiri. Sehingga benarlah beruntung dapat menjadi wanita yang bijak menurut pandangan Allah.

ads

Dalam Mazmur 111:10 dikatakan bahwa permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan. Sehingga jika ingin menjadi seorang wanita bijak, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah, takut akan Tuhan. ciri orang bijak menurut Alkitab juga dituliskan dalam Amsal 1:7 dan Amsal 9:10. Yaitu bahwa dengan takut akan Tuhan, seorang wanita mulai berhikmat, kemudian dengan mengenal Allah, ia menjadi berpengertian.

Dalam Matius 7: 24-25 dinyatakan bahwa seseorang yang mendengarkan perkataan-Nya, sama seperti seorang bijak yang membangun rumahnya diatas batu, sehingga tidak rubuh meski dilanda banjir dan angin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa wanita yang bijak, adalah wanita yang membangun kehidupannya diatas dasar ketaatan akan firman-Nya. Terdapat banyak ayat Alkitab tentang wanita bijak yang dapat anda pelajari, untuk dapat menjadi seorang wanita bijak. Berikut karakteristik wanita bijak menurut Alkitab:

1. Takut akan Allah

Seperti disebutkan sebelumnya, dalam Amsal 1:7. Amsal 9:10 serta dalam Mazmur 111:10 dikatakan bahwa permulaan hikmat adalah takut akan Allah. Jadi untuk mulai menjadi wanita bijak dan memiliki karakter Kristus, maka takutlah akan Allah.

2. Mencintai Firman Allah

Maria adalah wanita bijak, dan dalam Lukas 1:38 dikatakan Maria berserah, mengikuti sepenuhnya perkataan Allah, sebab ia adalah hamba-Nya. Dalam Matius 7: 24-25 juga dinyatakan bahwa seorang yang bijak adalah orang mendengarkan firman-Nya.

3. Berdoa Senantiasa

Ratu Ester dan Hanna senantiasa berdoa, dan menyerahkan segala kekuatirannya pada Tuhan, maka Tuhan menunjukkan jalan keluar yang terbaik bagi persoalan mereka. Jalan yang bahkan tidak terpikirkan oleh mereka. Dalam Efesus 3:20 dinyatakan bahwa Tuhan Yesus dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan, dan hal tersebut nyata dari kuasa-Nya yang bekerja dalam kita.

4. Bekerja

Untuk menjadi bijak, seorang wanita juga harus berkerja – bertindak, bukan hanya berdoa. Ribka adalah contoh wanita bijak dalam Alkitab. Dalam Kejadian 24: 15 diceritakan saat bertemu dengan utusan Abraham, ia sedang bekerja. Ia tengah membawa buyung untuk menimba air, bukan hanya berleha-leha dan menghabiskan waktu sia-sia. Dalam 2 Tesalonika 3: 10-12 juga diperingatkan bahwa, orang yang tidak mau bekerja jangan makan. Sebab sesuai  hukum tabur tuai, setiap orang harus melakukan pekerjaannya untuk mendapatkan makanannya sendiri.

5. Menjaga Kekudusan

Dalam Kejadian 24:16 juga dikatakan bahwa Ribka adalah seorang gadis cantik yang masih perawan, ia menjaga kekudusannya dengan tidak pernah bersetubuh dengan laki-laki. Dalam arti luas, menjaga kekudusan bukan hanya menjaga keperawanan, tapi juga menjaga apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, dan apa yang kita ucapkan.

6. Perduli dengan Orang Lain

Sponsors Link

Ribka menunjukkan kepeduliannya terhadap orang lain, meskipun orang tersebut adalah orang asing yang belum dikenalnya. Dalam kejadian 24: 18 diceritakan bahwa Ribka menawari hamba Abraham untuk minum air dari buyungnya, Ribka juga bahkan memberi minum onta-onta hamba Abraham tersebut. Di zaman sekarang, kepedulian yang tulus memang jarang ditemukan. Namun seorang wanita bijaksana harus memiliki kepedulian tersebut, sebab Allah sendiri telah terlebih dahulu menaruh kasih dan kepedulian kepada kita anak-anak-Nya (baca: arti bersyukur dalam Alkitab).

7. Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan tetap berolah raga dan menjaga asupan makanan dengan baik. Dengan begitu wanita bijaksana dapat melakukan semua tugasnya sebagai seorang wanita dengan baik. Dalam kejadian 24: 19 dikatakan bahwa selain memberi minum hamba Abraham, Ribka juga memberi unta-unta hamba tersebut minum. Diperlukan fisik yang kuat untuk dapat menimba air untuk memberi minum unta-unta yang notabene memerlukan lebih banyak air dari pada binatang lain. Namun Ribka sanggup, hal tersebut menunjukkan bahwa selain cantik, Ribka juga memiliki fisik yang sehat dan kuat untuk melakukan apa yang menjadi tugasnya.

8. Memberikan yang Terbaik

Sponsors Link

Dalam kejadian 24: 20 diceritakan bahwa Ribka kembali menimba air setelah menuangkan air dalam buyungnya, untuk memberi minum semua unta milik hamba Abraham. Hal tersebut menunjukkan betapa ia berusaha memberika yang terbaik saat memberi bantuan, bukan hanya sekedar saja, apalagi hanya berbasa-basi. Seperti itulah karakter Kristen sejati.

9. Murah Hati

Setelah selesai memberi minum hamba Abraham dan semua untanya, Ribka juga bermurah hati dengan menawarkan tempat untuk menginap, seperti yang diceritakan dalam Kejadian 24: 25. Menjadi seorang wanita Kristen yang bijak, berbicara mengenai menjadi garam dan terang dunia. Menjadi garam berarti menjadi seseorang yang memberi pengaruh pada sekitarnya, dan pengaruh tersebut dapat ditunjukkan salah satunya dengan bermurah hati.

10. Memancarkan Kasih Allah

Ribka memancarkan kasih Allah melalui apa yang diperbuatnya kepada hamba Abraham. Dalam Kejadian 24: 26-27 dikatakan bahwa hamba Abraham bersujud menyembah dan memuji Tuhan sebab apa yang diperbuat Ribka kepadanya, sebab kasih Allah dinyatakan dari perbuatannya. Sebagai penutup, dalam Amsal 31:30 dikatakan bahwa kemolekan dan kecantikan adalah bohong dan sia-sia, namun takut akan Allah membuat seorang istri dipuji-puji.

Demikian artikel mengenai ayat Alkitab tentang wanita bijak ini, ada 10 ayat alkitab yang menunjukkan karakteristik wanita bijak menutur Alkitab, yaitu dalam Amsal 31:28, Amsal 14:1, Mazmur 111:10, Amsal 1:7, Amsal 9:10, Matius 7: 24-25, Efesus 3:20, dan Kejadian 24: 15-27. Anda juga bias membaca artikel lain mengenai ayat-ayat Alkitab seperti ayat Alkitab tentang kesabaran, ayat Alkitab tentang jodoh, atau ayat Alkitab tentang rejeki. Semoga bermanfaat! ^^

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian