Sponsors Link

6 Tugas Paus Dalam Gereja Katolik Yang Mulia

Sponsors Link

Sebagai pemimpin tertinggi pada agama Katolik, tentunya ada banyak macam jenis tugas paus dalam gereja Katolik. Oleh karena itu memegang posisi penting yang demikian bukanlah hal yang mudah. Tidak hanya itu, terkadang sering pula menjadi bahan intimidasi dan ancaman. Karena itu sebenarnya cara menjadi paus memang hal yang tidak mudah. Namun demikian tentunya melayani sebagai paus adalah amanat Tuhan yang tetap harus dijalankan. Adapun berikut ini beberapa tugas paus dalam gereja katolik.

ads

1. Mengepalai Gereja-Gereja Katolik

Paus adalah puncak pimpinan tertinggi dalam agama Katolik. Karena itu secara otomatis seorang paus merupakan pimpinan dari seluruh gereja Katolik di dunia. Oleh sebab itu juga maka tugas paus termasuk mengarahkan seluruh tri tugas gereja Katolik di dunia sesuai dengan fungsi, kesepakatan, aturan dan tata cara yang telah ditetapkan oleh Roma. Umumnya paus akan berkedudukan di Vatikan, Roma. Sehingga secara otomatis pusat gereja Katolik akan berada di negara tersebut juga.

2. Menyusun Aturan Gereja

Paus juga bertugas untuk menyusun aturan-aturan termasuk ciri-ciri hukum kanonik gereja Katolik serta bertanggung jawab dalam hukum-hukum gereja Katolik lainnya yang telah disusun secara Katolik. Tugas paus juga termasuk mengeluarkan keputusan maupun amanat penting bagi komunitas-komunitas Katolik di dunia. Oleh karena itu tugas paus juga termasuk mengembangkan visi dan misi gereja Katolik agar sejalan dengan firman Allah.

3. Melayani Sesama

Tugas paus dalam gereja Katolik juga termasuk tetap menjalani peranan untuk melayani sesama. Sehingga di sini paus juga memegang peranan untuk mengawasi penyaluran bantuan kemanusiaan yang diberikan atas nama gereja-gereja Katolik dan keuskupan di dunia. Tentunya ini sebagai bagian dari visi dan misi sifat gereja Katolik dalam melayani orang lain seperti yang diamanatkan Tuhan dalam Alkitab. Oleh karena itu sangat penting bagi paus mengeluarkan kebijakan tentang penyaluran bantuan pada negara yang membutuhkan atau daerah tertentu yang mengalami musibah sebagai bentuk pelayanan gereja Katolik pada sesama.

4. Mengabarkan Injil

Salah satu tugas paus termasuk mengemban amanat agung penginjilan seperti yang tertuang dalam Alkitab. Karena itu salah satu peranan paus tentunya untuk mengatur keuskupan dan seluruh ordo dalam pelayanan gerakan kristenisasi di Indonesia baik dalam pemuridan maupun pelayanan pengabaran injil ke daerah-daerah. Hal ini merupakan salah satu hal yang diatur dari Vatikan, Roma oleh paus supaya ordo bertindak dengan baik dalam menyalurkan para biarawan dan biarawati untuk melayani di sejumlah tempat yang membutuhkan pengabaran Injil. Seperti misalnya di daerah yang tidak mengenal Tuhan atau tidak beragama.

5. Mengayomi Jemaatnya

Sebagai paus termasuk bertugas memikul tanggung jawab melindungi dan mengayomi jemaat Katolik di dunia. Hal ini melalui sikap-sikap liturgi gereja-gereja Katolik yang telah dibimbing untuk mengayomi umat Katolik dengan baik dan maksimal.

6. Menggembalakan Umatnya

Selanjutnya tugas paus juga bertanggung jawab dalam menggembalakan umatNya untuk lebih dalam dan dekat mengenal Allah. Karena itu, paus bertugas mengarahkan gereja untuk melakukan pembinaan dan pendalaman firman Allah yang terstruktur.

Itulah beberapa tugas paus dalam gereja katolik yang rupanya juga tidak cukup mudah. Tetapi dengan arahan dan bimbingan karunia Roh Kudus, tentunya tugas yang mulia tersebut akan terasa lebih ringan untuk dijalankan. Oleh sebab itu, sebaiknya sebagai umat Katolik yang baik, sertakan pula paus di dalam doa kita. Supaya tugas yang ditanggung dapat dilakukan dengan baik dan semaksimal mungkin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Katolik