Sponsors Link

5 Larangan dan Hukuman Menyembah Patung Dalam Kristen yang Harus di Hindari

Sponsors Link

Alkitab menyatakan banyak hal tentang larangan dan hukuman membuat dan menyembah patung dalam Kristen. Hal ini karena perbuatan yang satu ini tidak disukai oleh Tuhan. Sehingga Tuhan berulang kali mengingatkan agar umatNya tidak melakukan hal tersebut. Ada banyak cerita dan kisah dalam Alkitab bagaimana Allah membinasakan mereka yang berpaling menyembah berhala.

ads

Ini menunjukkan buruknya arti penyembahan berhala dalam iman Kristen. Bahkan Bangsa Israel yang membelot dan menyembah berhala selama perjalanan ke tanah perjanjian juga dimusnahkan Allah. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa larangan dan hukuman membuat dan menyembah patung dalam Kristen yang harus dipahami dan dilaksanakan.

Larangan

Ada beberapa larangan yang tertulis tegas di Alkitab, baik di Perjanjian Baru maupun di Perjanjian Lama tentang penyembahan patung berhala. Berikut ini salah satunya:

  1. Pada 1 Korintus 10:14 dikatakan “Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!” sehingga jelas murid Yesus membawa amanah dari Allah supaya pengikut Tuhan tidak melakukan penyembahan patung berhala yang berujung pada asal mula dosa menurut Alkitab.
  2. Selanjutnya juga tertulis pada Keluaran 20:4 “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.” Disini Allah memberikan larangan pada orang Israel untuk menjauhi membuat berhala. Karena Allah memandang hal itu sebagai kekejian dan membencinya. Hal ini hanya merupakan salah satu bentuk penyembahan kepada iblis.
  3. Selain itu juga dituliskan pada Imamat 26:1a “”Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala.” Disini Allah juga menekankan adanya larangan dalam agama protestan membuat patung yang merupakan berhala. Karena itu sebaiknya hindari melakukan hal itu.

Hukuman

Tidak hanya melarang, namun Tuhan juga dengan tegas mengungkapkan apa saja hukuman bagi umat Kristen yang membuat serta menyembah patung berhala. Karena hal ini berarti berpaling dari Allah. Berikut ini beberapa hukuman yang Allah nyatakan pada Alkitab di pengertian kitab Injil di Perjanjian Baru dan juga tertuang pula di Perjanjian Lama.

  1. Ulangan 27:15 “Terkutuklah orang yang membuat patung pahatan atau patung tuangan, suatu kekejian bagi TUHAN, buatan tangan seorang tukang, dan yang mendirikannya dengan tersembunyi. Dan seluruh bangsa itu haruslah menjawab: Amin!” Disini jelas bahwa pada masa sebelum Tuhan Yesus lahir, Allah mengutuk semua orang yang membuat patung berhala dan menyembahnya. Allah tidak akan menurunkan berkatNya dan membuat susah kehidupan mereka. Karena itu artinya tidak ada buah-buah Roh Kudus dalam hidup mereka.
  2. Sementara tertulis di Roma 6:23 “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Karena itu jika seseorang membuat patung dan menyembahnya, maka ia melakukan contoh perbuatan dosa dalam Kristen yang membawa kepada maut. Sehingga sebaiknya hindari melakukan hal tersebut. Jangan membuat patung apapun untuk disembah karena Tuhan tidak menyukainya. Pujian dan penyembahan yang seharusnya hanya ditujukan kepada Allah saja.

Itulah beberapa larangan dan hukuman membuat dan menyembah patung dalam Kristen. Sebaiknya hindari hal tersebut. Tetaplah lakukan manfaat berdoa bagi orang Kristen kepada Tuhan Allah dan hindari melakukan penyembahan berhala. Ingatlah bahwa jangan sampai ada Allah lain di hidup kita kecuali Tuhan Yesus yang telah memerdekakan dan menebus dosa kita, membawa kita pada keselamatan yang kekal.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Hukum Kristen