Sponsors Link

7 Ayat Alkitab Tentang Etos Kerja Paling Penting Untuk Umat Kristen

Sponsors Link

Sebagai umat Allah, sebenarnya ada banyak ayat Alkitab tentang etos kerja yang ingin Tuhan tekankan. Namun sayangnya banyak orang yang merasa tidak ingin tahu dan menghiraukan hal tersebut. Padahal Allah telah berfirman dan menyatakan ingin agar umatNya tidak bermalas-malasan dan selalu rajin bekerja. Hal ini jelas sama seperti ayat Alkitab tentang bekerja keras dinyatakan pada beberapa ayat Alkitab tentang etos kerja di bawah ini:

ads

1. Rajin

Pada dasarnya Allah menghendaki supaya umatNya selalu menjadi orang yang rajin dan tekun berusaha. Itulah salah satu etos kerja yang harus senantiasa dilakukan oleh umat Tuhan. Dengan bekerja rajin maka Tuhan akan mendatangkan berkat pada orang tersebut. Tidak lupa harus tetap pedulikan manfaat berdoa bagi orang Kristen dan berusaha maksimal sehingga pekerjaan kita menjadi indah di mata Allah.

  • Amsal 21:5 “Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.”
  • Amsal 10:4 “Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya”
  • Roma 12:11 “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”

2. Jujur

Allah juga ingin supaya umat Kristen selalu jujur dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini juga penting dan dapat membantu menjauhkan kita dari sifat dosa menurut Alkitab. Oleh karena itu selalu hindari berbohong dan selalu lakukan apa yang baik di mata Tuhan termasuk berbuat cara menjadi pribadi menurut Kristen dengan berbuat jujur.

  • Amsal 23:16 “Jiwaku bersukaria, kalau bibirmu mengatakan yang jujur.”
  • Amsal 11:11 “Berkat orang jujur memperkembangkan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya.”
  • Amsal 21:8 “Berliku-liku jalan si penipu, tetapi orang yang jujur lurus perbuatannya”
  • Amsal 14:9 “Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.”

3. Kerja Keras

Selanjutnya yang juga penting yaitu sifat bekerja keras. Inilah etos kerja yang Tuhan inginkan ada pada diri setiap umatNya. Dengan kerja keras maka Tuhan melihat segala jerih payah yang kita kerjakan. Semakin besar seseorang bekerja keras maka Tuhan menyediakan ayat Alkitab tentang berkat rumah tangga yang lebih pantas. Terutama pada suami yang merupakan kepala keluarga dengan tanggung jawab memikul keluarganya. Seperti yang dituangkan dalam firman Tuhan berikut ini.

  • Lukas 16:10 “”Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. w Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”
  • Kolose 1:29 “Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.”
  • Amsal 15:19 “Jalan si pemalas seperti pagar duri, tetapi jalan orang jujur adalah rata.”

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang etos kerja yang sebaiknya dilakukan maksimal dan sepenuh hati. Karena dengan demikian maka kita akan menjadi berkenan di hadapan Allah. Dengan memiliki etos kerja yang baik tentu secara tidak langsung karunia Roh Kudus dalam hidup kita mengajarkan kita berbuat yang benar sesuai dengan kehendak Allah. Sehingga secara tidak langsung hidup kita akan memuliakan Allah dan membuat orang lain dapat melakukan cara bertobat orang Kristen dan percaya kepada Tuhan.

Sponsors Link
, , , , ,