Sponsors Link

6 Ayat Alkitab Tentang Godaan Dari Masa ke Masa di Dunia

Sponsors Link

Banyak orang Kristen yang tentunya pernah membaca beberapa ayat Alkitab tentang godaan iblis yang tak henti. Mulai dari jaman Adam dan Hawa hingga Wahyu diturunkan, tentunya ada banyak kisah dicontohkan di Alkitab bagaimana iblis menggoda manusia. Oleh sebab itu, tentu ada banyak yang ingin tahu secara detail bagaimana hal tersebut terjadi. Terutama jika kurang paham dan mengenal isi Alkitab seluruhnya. Hal ini cukup penting untuk mengetahui bagaimana melawan iblis dan berusaha tetap memperoleh mahkota kemenangan. Sehingga nanti kita tetap beroleh keselamatan kekal. Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang godaan yang paling sering dikisahkan.

ads

1. Kejadian 3:13

“Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.”

Dalam ayat ini tertera jelas bahwa asal mula dosa menurut Alkitab berasal dari godaan iblis kepada Hawa dalam rupa ular yang menggoda pemikiran serta keputusan Hawa. Sehingga jelas dari awal mula dunia dijadikan selalu ada godaan iblis yang menjerat umat manusia supaya tidak menuruti kehendak Allah. Inilah yang paling penting untuk dipahami bahwa iblis tidak pernah berhenti dari awal mula hingga akhir. Karena itu selalu bertekun dalam doa supaya bebas dari rayuan dan bujuk maut iblis.

2. 1 Timotius 2:14

“Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa.”

Di sini juga ditekankan bagaimana Hawa akhirnya jatuh dalam dosa dan membawa Adam juga merasakan konsekuensinya. Kuatnya godaan dari iblis membuat seseorang mudah terbawa oleh hawa nafsu dari godaan iblis sehingga jatuh dalam dosa. Demikian halnya dari awal manusia memang sudah menjadi target godaan iblis. Ketahui dengan baik bagaimana senjata paling baik sebagai cara melawan hawa nafsu menurut Kristen sehingga dapat terhindar dari melakukan perbuatan dosa yang tidak diperkenankan Allah.

3. Markus 1:13

“Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.”

Dalam ayat ini dikisahkan bagaimana Tuhan Yesus sendiri saat sedang mengambil rupa manusia juga dicobai oleh iblis. Tuhan Yesus digoda dengan berbagai macam perkara tetapi Ia tetap tidak mendengarkan godaan iblis tersebut. Hendaknya hal ini menjadi contoh yang baik untuk kita supaya tidak jatuh dalam dosa. Memang bukan perkara mudah menghadapi godaan duniawi. Tetapi bersama kekuatan dan doa minta bantuan Roh Kudus, maka hal ini tentu akan lebih mudah untuk dapat dilewati. Senantiasa dekat dengan Allah dan jangan lupa bersekutu bersama, maka akan membantu cara memelihara iman menurut agama Kristen supaya tidak melemah atau tergoda.

4. Markus 14:38

“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

Berjaga-jaga merupakan suatu hal yang sangat penting. Selalu berdoa supaya tidak jatuh dalam pencobaan. Terutama dalam godaan iblis yang sangat intens. Dengan berdoa dalam Roh dan jenis puasa dalam Kristen akan membantu kita mempertahankan iman. Oleh sebab itu sangat penting untuk selalu menjaga hati dan waspada supaya tidak jatuh lebih dalam ke dalam pencobaan tersebut. Sebaiknya jangan pula berpikir sombong bahwa kita dapat melawan godaan tersebut, tetapi selalu rendah hati maka kita akan diberi kekuatan oleh Tuhan untuk tidak mendengarkan godaan dari iblis untuk berbuat dosa.

5. Kejadian 4:7

Sponsors Link

“Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.”

Dalam ayat ini jelas dikatakan betapa dosa merupakan hal yang bisa sangat menggoda manusia. Oleh karena itu sebagai umat Allah memang sangat perlu untuk tetap bertekun dalam doa kepada Tuhan agar tidak mudah digoda oleh berbagai macam bentuk sifat dosa menurut Alkitab. Saat ini bahkan rupa dosa ada banyak, tetapi melalui pertobatan maka hal ini dapat dihindarkan dan hidup kita akan tetap berkenan kepada Allah. Itulah pentingnya hidup bersama Allah dan selalu memohon penyertaan Roh Kudus. Sehingga tidak mudah tertipu dan tergoda rayuan maut dari iblis.

6. Yakobus 1:14

“Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.”

Inilah salah satu hal yang perlu diperhatikan juga. Karena suara iblis kadang menyamar di dalam hati dan pikiran kita. Sehingga kita memutuskan perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Allah. Dalam hal ini maka hanya penyertaan Roh Kudus saja yang sanggup untuk membantu kita lepas dari keinginan duniawi yang tidak disukai Allah. Dengan tetap berdoa dan hidup kudus maka hal ini tentu dapat dilalui secara maksimal.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang godaan setan pada umat manusia dan bahkan kepada Tuhan Yesus sendiri saat mengambil rupa manusia. Oleh sebab itu selalu lakukan manfaat berdoa bagi orang Kristen dan berjaga-jaga. Sehingga kita dapat dihindarkan dari banyak perbuatan dosa. Dengan demikian maka Allah akan tetap berkenan kepada kita dan senantiasa menyertai kita. Hanya dengan bantuan tujuan karunia Roh Kudus saja maka setiap kita akan bertahan.

Sponsors Link
, , ,