Sponsors Link

Arti Bersyukur dan Bentuk Ucapan Dalam Alkitab

Sponsors Link

Mengucap syukur sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita sebagai umat Kristen sebab kegiatan ini adalah kehendak dari Allah. Allah selalu menginginkan kita untuk selalu mengucapkan syukur dalam segala hal, saat sedang berada dalam kesulitan ataupun kesenangan dan bukan hanya saat kita sedang menerima berkat akan tetapi saat kita menemukan kesulitan di dalam hidup. Pada ulasan kali ini, kami akan berbagi arti bersyukur bagi kita umat Kristen dan juga bentuk ucapan bersyukur menurut Alkitab.

ads

Tuhan juga selalu mengingatkan kita untuk selalu mengingat karakter Kristus dan bersyukur atas semua rancangan Tuhan dan tidak merasa takut dengan berbagai hal yang sebenarnya hanya berasal dari rancangan kita sendiri. Bersyukur merupakan kepuasan atas keputusan Tuhan dengan selalu mengucapkan rasa syukur, berarti kita juga menyatakan rasa puas kita atas semua yang sudah diputuskan Tuhan untuk kita, tidak hanya dalam hal menyenangkan namun juga hal  kurang menyenangkan di dalam hidup sebab semua itu adalah keputusan Tuhan dan kita wajib untuk mensyukuri semuanya itu.

Arti Bersyukur Dalam Alkitab

TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya. Bersyukur mengartikan percaya pada Allah sepenuhnya dengan bersyukur, maka juga memberikan makna Gereja sebagai tubuh Kristus jika kita sepenuhnya percaya pada Allah dan terdapat kuasa di dalam pujian serta ucapan syukur yang kita panjatkan, sehingga kita sekaligus percaya jika Tuhan akan selalu menyertai kita di segala perjalanan hidup kita di dunia.

1. Mengakui Kedaulatan Tuhan Pada Kehidupan Kita

Sepenuhnya hidup kita berada di dalam tangan Tuhan dan Ia jugalah yang mengendalikan seluruh hidup yang kita jalani di dunia ini. Tidak ada sesuatu pun yang berada diluar kuasa Tuhan. Di saat kita mengucapkan syukur di dalam semua kondisi seperti sehat, sakit, senang, susah, gagal ataupun sukses, maka ini berarti kita sebagai umat mengakui Tuhan yang memegang sepenuhnya atas kehidupan kita.

2. Menerima Keadaan Hidup Seutuhnya

Bersyukur juga memiliki makna jika kita sebagai manusia kita harus tahu tujuan hidup orang Kristen dan menerima dengan segenap hati kita akan berbagai keadaan dan juga situasi yang kita alami. Dengan bersyukur, kita tidak akan mempersalahkan pihak lainnya sekaligus tidak mencari kambing hitam untuk dipersalahkan. Menerima semua keadaan berarti dalam segala sesuatu yang sudah terjadi atas seizin dari Tuhan untuk kita.

3. Mengetahui Keberadaan Allah

Dengan bersyukur maka ini berarti kita mengakui dan mengetahui keberadaan Allah dan percaya jika Allah ikut bekerja di dalam segala sesuatu yang terjadi di kehidupan kita dan ini mengartikan kita harus selalu bersyukur sebab Tuhan tidak pernah meninggalkan kita seorang diri, sebab Tuhan tidak hanya hadir di hari ini dan esok saja namun akan selalu menyertai kita di sepanjang hidup.

4. Bersyukur Berarti Membawa Kurban Untuk Allah

Bersyukur juga mengartikan jika kita tidak boleh menghadap ke hadirat Tuhan dengan tangan hampa, tidak hanya mengurbankan harta atau sekedar fisik namun juga hati yang selalu bersuka cita di hadapan Tuhan dan juga serta dihadapan janji Tuhan bagi orang percaya.

5. Bersyukur Merupakan Kesepakatan Dengan Tuhan

Tuhan memiliki inisiatif untuk membawa orang-orang Israel keluar dari perbudakan Mesir dan ini berarti Tuhan sudah membebaskan kita dari segala perbudakan menuju ke panggilan-Nya di dalam kita. Dengan ini sudah selayaknya kita selalu bersyukur dan tidak bersungut-sungut. Seperti yang tertulis di dalam Alkitab, jika kita semua akan binasa jika kita bersungut-sungut di hadapan Tuhan.

Baca juga:

6. Bersyukur Merupakan Tanggapan Manusia Atas Kebaikan Allah

ads

Kita sebagai manusia seringkali mudah lupa dengan segala kebaikan Tuhan yang sudah kita terima dan hanya mengingat peristiwa buruk di dalam hidup. Tuhan menginginkan kita untuk bersyukur sebab dengan bersyukur maka kita bisa mengingat semua kebaikan yang sudah Tuhan berikan untuk kita.

7. Bersyukur Merupakan Ekspresi Hati Berkelimpahan

Di dalam dunia hanya mengukur kaya dan miskin dari angka yang sudah kita miliki dan ini membuat kita menjadi orang yang tamak serta serakah dan membuat kita berpikir jika kita adalah orang yang kaya. Akan tetapi sesungguhnya ini mengartikan jika kita adalah orang yang miskin sebab selalu hidup dalam ketakutan dan rasa khawatir. Namun Alkitab mengajarkan hal berbeda pada kita, yakni kita harus selalu bersyukur meskipun saat sedang berduka.

Bentuk Ucapan Bersyukur Menurut Alkitab

Nyanyikanlah mazmur bagi TUHAN, hai orang-orang yang dikasihi-Nya, dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus. Persembahkanlah syukur sebagai korban kepada Allah dan bayarlah nazarmu kepada Yang Mahatinggi. Aku hendak bersyukur kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak; karena nama-Mu baik, aku hendak memasyhurkannya di depan orang-orang yang Kaukasihi.

1. 1Kor. 15:57; Ibr. 12:28

Ucapan syukur adalah tanggapan manusia atas keselamatan yang sudah diberikan dalam Yesus Kristus. Tidak ada bentuk keselamatan yang sempurna seperti yang sudah tertulis di dalam Alkitab. Dengan pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib, maka kita yang sudah menerima Yesus sebagai Juru selamat dan Tuhan akan memperoleh pengampunan dan juga kehidupan yang kekal. Pengorbanan Kristus inilah yang menjadi pengorbanan paling berharga dan agung yang pernah terjadi di kehidupan ini dan tidak akan pernah ada yang bisa menandingi hal tersebut. Ini yang membuat dasar bagi kita untuk selalu mengucapkan rasa syukur dan kita sebagai orang Kristen sejati yang percaya, wajib untuk selalu bersyukur atas Tuhan sebab sudah melakukan penebusan di dalam Yesus.

2. Yes. 25:1; 2Kor. 9:15; Ef. 5:20

Ucapan syukur adalah tanggapan kita akan anugerah yang sudah Tuhan berikan. Kita sering merasa jika mempunyai banyak hak dalam dunia ini dan berhak atas semua yang sudah diperoleh. Kehendak dari Tuhan dalam menciptakan kita adalah agar bisa menikmati bumi dan segala sesuatu yang ada didalamnya dan ini juga menjadi alasan kita untuk menjadi murid Kristus bersyukur sebab kita sudah diperbolehkan untuk menikmati segala sesuatu di dunia ini.

3. Roma 8:28

Bersyukur berarti mengamini semua anugerah yang sudah diberikan baik senang atau susah. Disini tertulis jika Allah bekerja dengan segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan dan kita sebagai orang yang percaya akan selalu melihat segala sesuatu dalam kerangka anugerah dan segala permasalahan di dalam hidup memang harus ada untuk lebih mengasah iman dan juga rasa kepercayaan kita pada-Nya.

4. Rom. 1:8; Ef. 1:16; Fil. 1:3-5; 1Tes. 2:11-13

Ucapan syukur berarti tanggapan manusia pada pertumbuhan iman orang percaya. Di dalam beberapa surat Paulus tertulis tentang pernyataan ungkapan syukur pada Allah sebab pertumbuhan iman dari berbagai jemaat. Iman jemaat di Roma juga tersebar luas yang mengartikan kesaksian dari jemaat di Roma sudah menjadi kesaksian yang hidup dan nyata, sebagai berikut:

  • Sebagai orang percaya, maka kita harus mendukung dalam pelayanan yang baik di negeri kita ini ataupun di seluruh dunia.
  • Dukungan ini bisa dilakukan dengan banyak cara termasuk dengan berdoa dan ini memiliki tujuan yang jelas yakni supaya seluruh manusia mengakui Yesus sebagai satu-satunya juru selamat yang sejati.

Pemberitaan Injil adalah kewajiban yang penuh dengan tantangan dan tidak sedikit penginjil yang mendapatkan penolakan bahkan sampai kematian. Di saat pewartaan Injil ini membuahkan hasil maka sudah selayaknya kita memanjatkan syukur sebab ini mengartikan jika Allah masih memberikan anugerah keselamatan untuk semua orang.

Sponsors Link

5. Maz. 50:14; 1Tes. 5:18; 2Tes. 1:3

Bersyukur memiliki makna manusia taat akan kehendak Allah untuk semua orang percaya. Dalam beberapa ayat ini membuktikan banyak mujizat Tuhan Yesus dalam rencana Allah yang sangat mulia sehingga Ia menciptakan manusia. Allah mempunyai alasan tentang keberadaan kita dan bukan hanya karena Allah menginginkan kita untuk ada di dunia, namun dalam Alkitab juga disebutkan jika Allah menciptakan kita supaya kita bisa melayani Ia. Allah yang sudah memberikan kita hidup dan tidak ada alasan kita untuk tidak patuh pada-Nya serta menolak keberadaan-Nya. Kita sebagai manusia sangatlah bergantung pada Tuhan dan sudah sepatutnya kita memanjatkan rasa syukur atas semua yang sudah Ia kehendaki.

6. Mazmur 42:4-5

Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan. Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah, sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku.

7. Mazmur 35:17-19

Sampai berapa lama, Tuhan, Engkau memandangi saja? Selamatkanlah jiwaku dari perusakan mereka, nyawaku dari singa-singa muda. Aku mau menyanyikan syukur kepada-Mu dalam jemaah yang besar, di tengah-tengah rakyat yang banyak aku mau memuji-muji Engkau. Janganlah sekali-kali bersukacita atas aku orang-orang yang memusuhi aku tanpa sebab, atau mengedip-ngedipkan mata orang-orang yang membenci aku tanpa alasan.

Sponsors Link

8. Mazmur 30:11-12

Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita, supaya jiwaku menyanyikan mazmur bagi-Mu dan jangan berdiam diri. TUHAN, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.

9. Mazmur 33:1-3

Bersorak-sorailah, hai orang-orang benar, dalam TUHAN! Sebab memuji-muji itu layak bagi orang-orang jujur. Bersyukurlah kepada Allah Tritunggal dengan kecapi, bermazmurlah bagi-Nya dengan gambus sepuluh tali! Nyanyikanlah bagi-Nya nyanyian baru; petiklah kecapi baik-baik dengan sorak-sorai.

10. Mazmur 44:6-8

Sebab bukan kepada panahku aku percaya, dan pedangkupun tidak memberi aku kemenangan, tetapi Engkaulah yang memberi kami peran Gereja dalam masyarakat sebagai kemenangan terhadap para lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami Kauberi malu. Karena Allah kami nyanyikan puji-pujian sepanjang hari, dan bagi nama-Mu kami mengucapkan syukur selama-lamanya.

11. Mazmur 50:22-23

Perhatikanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah; supaya jangan Aku menerkam, dan tidak ada yang melepaskan. Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya.”

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 09th, June 2017 / 09:01 Oleh :
Kategori : Renungan Harian