Sponsors Link

5 Cara Berpakaian Menurut Kristen, Bagi Wanita Dan Laki-Laki Menurut Alkitab

Sponsors Link

Banyak jemaat baik wanita maupun pria yang kurang mengetahui tentang cara berpakaian menurut Kristen. Padahal ada beberapa contoh kebudayaan yang melanggar firman Tuhan yang menjelaskan hal tersebut, terutama di Perjanjian Baru, dimana berpakaian seperti firman Tuhan selayaknya santun. Jika ingin tahu memang pada Alkitab ada beberapa pembahasan tentang berpakaian yang layak bagi orang Kristen sesuai firman Tuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara berpakaian menurut Kristen yang sebaiknya diketahui dengan benar.

ads

Cara Berpakaian Bagi Wanita Kristen

Pada Alkitab Perjanjian Baru, Tuhan telah memberikan larangan dalam agama protestan pada 1 Korintus tentang bagaimana sebaiknya wanita memakai baju yang baik dan benar. Memang ini bukanlah keharusan, tetapi ada baiknya untuk melakukan firman Tuhan yang demikian. Jika ingin tahu berikut beberapa cara berpakaian untuk wanita sesuai firman Tuhan.

  • 1 Kor 6:20 “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” berarti saat mengenakan pakaian sebaiknya kenakan pakaian yang membuat orang melihat bahwa kita cerminan dari diri Allah sendiri. Sehingga kenakan pakaian yang sopan mencerminkan keteladanan Yesus Kristus dan tidak memperlihatkan aurat.
  • 1 Kor 11:6 “Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.” Dari sini dapat diartikan bahwa ada baiknya seorang wanita Kristen bertudung supaya tidak mengundang perzinahan menurut Alkitab. Seperti suster Katolik yang berselibat untuk Allah, tentunya mereka mengenakan kerudung sebagai penutup kepala mereka. Sehingga wanita Kristen di tingkat iman tertentu yang ingin dekat dengan Tuhan sebaiknya mulailah belajar untuk menudungi kepala.
  • 1 Tim 2:9-10 “Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal, tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.” Dari sini maka sebaiknya seorang wanita tidak berlebihan dalam mengenakan pakaian. Berdandan yang wajar dan sederhana. Karena kecantikan akan terpancar melalui kemuliaan Allah dalam sikap dan contoh perbuatan dosa dalam Kristen yang dihindari.

Cara Berpakaian Bagi Laki-Laki Kristen

Sedangkan untuk laki-laki, Tuhan juga memberikan beberapa firmanNya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara berpakaian yang hendaknya diikuti oleh laki-laki supaya menyenangkan hati Tuhan.

  • Imamat 6:10 “Imam haruslah mengenakan pakaian lenannya, dan mengenakan celana lenan untuk menutup auratnya.” Disini sudah jelas bahwa pelayan Tuhan diharuskan untuk memakai baju dengan menutup aurat. Harus dipahami bahwa semua laki-laki adalah imam di keluarga, sebagai ciri-ciri gereja anglikan Tuhan yang paling kecil, sehingga adalah baik jika laki-laki mengenakan baju atau celana yang tidak memperlihatkan aurat atau dengan kata lain harus sopan.
  • 1 Korintus 14:40 “Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur.” Setiap orang sebaiknya selalu hidup dalam kesopanan. Karena itu laki-laki juga dianjurkan memakai pakaian yang sopan supaya baik dilihat orang. Jangan memakai pakaian yang kurang baik dipandang, seperti misalnya pakaian yang terlalu ketat di badan atau sobek-sobek. Karena akan lebih baik memakai baju yang pantas dan sopan terutama sesuai dengan tujuan kebudayaan menurut pandangan Kristen.

Itulah beberapa cara berpakaian menurut Kristen. Sebagai orang yang taat akan firman Allah, sebaiknya usahakan untuk melakukan hal tersebut, sehingga Tuhan akan makin senang dengan perbuatan yang kita lakukan. Dengan ketaatan pada firman Tuhan maka semakin menunjukkan kualitas cinta kita kepada Allah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Etika dan Moral