Sponsors Link

Puasa Senin Kamis Menurut Kristen – Alasan dan Tata Caranya

Sponsors Link

Puasa adalah suatu tindakan dimana kita secara sadar dan sukarela untuk tidak makan dan minum, dan berbuka puasa pada jam – jam yang telah ditentukan. Meski memang secara fisik hanya terlihat sebagai kegiatan untuk menahan lapar dan haus tetapi sebenarnya tujuan dari puasa itu sendiri adalah untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Pantangan yang harus dilakukan yaitu berupa untuk tidak makan dan minum sampai jam – jam yang ditentukan juga berguna untuk membantu menyadarkan kita akan segala sesuatu yang telah kita miliki. Untuk lebih memiliki rasa syukur dan melihat bahwa diluar sana ada banyak orang yang nasibnya tidak seberuntung kita. Selain itu, kita juga diajak untuk berusaha melawan nafsu – nafsu duniawi yang bersifat membawa kebahagiaan sesaat dengan lebih mendekatkan diri pada Tuhan dengan melakukan doa dan refleksi. Masih ada banyak orang yang salah kaprah dalam memahami apa itu arti bersyukur dalam Alkitab dan kebanyakan dari kita tentunya akan lebih sering mengucap syukur apabila kita berada pada kondisi yang menyenangkan saja.

ads

Padahal sebenarnya, arti syukur itu sesungguhnya adalah ketika kita berada pada kondisi yang tidak menyenangkan tetapi kita masih bisa mengucap syukur dan percaya bahwa apa yang telah Tuhan tetapkan untuk hidup kita adalah baik adanya. Untuk membantu Anda merenungkan dan merefleksikan lebih dalam lagi mengenai ucapan rasa syukur maka ada beberapa ilustrasi Alkitab tentang bersyukur dan persembahan yang bisa Anda baca dan refleksikan. Dalam prakteknya, kegiatan puasa dilakukan oleh banyak kalangan agama karena memang hal ini tergolong sebagai salah satu jenis ibadah. Dalam aliran agama kristen, ada beberapa jenis puasa yang bisa dilakukan yaitu puasa setahun sekali pada hari pendamaian, lalu puasa pendamaian ini berkembang menjadi puasa empat kali setahun, puasa sukarela, dan puasa senin kamis menurut kristen. Meski berbeda – beda jenis puasa yang dilakukan dengan waktu – waktu yang berbeda pula tetapi hal ini tidak mengubah tujuan puasa kristen yang pada hakikatnya adalah untuk membantu manusia menjadi seorang pribadi yang lebih baik lagi dari pribadi sebelumnya.

Mengapa Melakukan Puasa Senin Kamis ?

Berbicara mengenai puasa senin kamis menurut kristen, memang puasa pada kedua hari tersebut ada dan benar adanya meski mungkin Anda hanya sering mendengar tentang adanya puasa pada hari Rabu dan Jumat. Tradisi berpuasa pada hari Senin dan Kamis ini adalah tradisi berpuasa orang – orang farisi pada jaman Nabi Musa. Orang – orang farisi atau yang biasa dikenal juga dengan kaum farisi adalah golongan orang yang cukup mengenal hukum taurat. Mereka akan terlihat sebagai segolongan orang yang agama apabila ingin dibandingkan dengan golongan kaum lainnya. Sedangkan Nabi Musa adalah salah satu orang pilihan Tuhan dimana ia mengemban tugas untuk membantu membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir dan membawa bangsa Israel ke tanah terjanji yaitu Kanaan.

Ia melakukan mukjizat seperti membelah air laut merah agar bangsa Israel bisa menyebrang dan terhindar dari kejaran pasukan Firaun. Mengapa para orang farisi lebih memilih hari Senin dan Kamis untuk melakukan puasa?

  • Hal ini dikarenakan pada saat itu, Nabi Musa mendaki Gunung Sinai pada hari Senin dan menuruni Gunung Sinai pada hari Kamis.
  • Yang dilakukan Nabi Musa adalah Nabi Musa mendapatkan perintah dari Tuhan untuk menerima sepuluh perintah Allah di Gunung Sinai.
  • Bisa saja mereka memilih kedua hari ini karena mereka merasa bahwa Tuhan sedang berada dekat dengan mereka dengan adanya Nabi Musa yang diperintahkan untuk menerima sepuluh perintah Allah.
  • Mereka merasa bahwa Allah sangat dekat sehingga karena sangat dekatnya Allah dengan kaum farisi maka kaum farisi ingin melakukan puasa pada saat Allah meminta Nabi Musa untuk mendaki Gunung Sinai dan pada saat Nabi Musa menuruni Gunung Sinai.
  • Mengenai puasa pada hari Senin dan Kamis yang dilakukan oleh kaum farisi bisa Anda temui pada Injil Lukas 18:12.

Berbicara mengenai puasa tentunya sebagai umat kristiani kita sangat mengenal dekat adanya puasa yang dilakukan pada masa prapaskah, hal ini dikarenakan kita ingin mendalami dengan baik makna masa prapaskah dengan melakukan puasa. Puasa dan pantangan yang kita lakukan dalam masa prapaskah akan membantu kita untuk mempersiapkan diri lebih baik untuk menerima keselamatan dari Tuhan Yesus yang secara rela menerima berbagai siksaan demi keselamatan umat manusia. Pada masa prapaskah sendiri kita akan mengenal puasa Rabu Jumat untuk mengenangkan sengsara dan wafat Yesus. Tetapi apakah kita mengenali puasa senin kamis menurut kristen? Dan berikut ini saya akan membagikan sedikit informasi yang saya ketahui berhubungan dengan praktek puasa pada hari Senin dan Kamis dalam aliran agama kristiani.

Sponsors Link

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Intinya buatlah penampilan kita dan segala sesuatu yang kita lakukan itu seperti kondisi biasa saat kita tidak berpuasa agar orang lain tidak bisa membedakan pada saat apa saja kita berpuasa dan pada saat apa saja kita tidak berpuasa. Puasa adalah kegiatan yang kita lakukan untuk menyenangkan Tuhan dan urusan berpuasa adalah urusan kita pribadi dengan Tuhan. Oleh karena itu, kita tidak perlu merasa suci atau bahkan sampai membuat orang lain tahu bahwa kita sedang berpuasa. Bukankah kita melakukan puasa karena kita menyadari bahwa kita ignin memperbaiki hubungan kita yang semakin menjauh dengan Tuhan? Adanya kesadaran ini harusnya membuat kita senang dan bersemangat dalam melakukan puasa. Dan yang paling penting, kita juga harus tetap mengingat motivasi baik yang ingin kita lakukan dan usahakan selama menjalani puasa. Motivasi ataupun niatan baik itu bisa berupa ingin memperbaiki hubungan menjadi lebih baik lagi dengan Tuhan ataupun kita ingin berusaha menjadi manusia yang lebih baik dengan menghindari nafsu – nafsu duniawi yang menyesatkan.

ads

Mengenai tata cara pelaksanaan puasa senin kamis menurut kristen sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan tata cara untuk melakukan puasa dalam kristen lainnya. Anda bisa memilih untuk melakukan dan memilih satu dari beberapa cara puasa orang kristen. Dalam praktiknya, ada tiga jenis puasa dalam kristen yaitu puasa biasa, puasa penuh, dan puasa sebagian, berikut tata caranya:

  • Pada puasa biasa maka Anda akan berpantang untuk tidak mengkonsumsi makanan tetapi masih diperbolehkan untuk meminum air. Dan pada puasa sebagian Anda akan membatasi atau mengurang porsi makanan Anda dari yang biasanya Anda konsumsi.
  • Perihal tata cara puasa sebenarnya Anda jangan terlalu mengkhawatirkan jenis puasa apa yang ingin Anda lakukan.
  • Pilihlah salah satu jenis puasa yang menurut Anda memungkinkan untuk Anda lakukan.
  • Penekanan puasa akan lebih penting pada kontrol diri Anda sendiri untuk berusaha menalawan nafsu duniawi yang berasal dari iblis yang hanya bisa memberikan kebahagiaan sesaat.
  • Perhatikanlah tata cara puasa Anda tentang seberapa rutin Anda berdoa dan merefleksikan segala sesuatu yang telah terjadi pada hidup dan diri Anda setiap harinya. Hal ini akan membantu Anda bertumbuh dalam iman dan membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Pada zaman Nabi Musa dimana orang – orang farisi ini berpuasa setiap hari Senin dan Kamis biasanya mereka akan melumuri wajah mereka dengan bedak agar orang lain mengetahui bahwa mereka sedang berpuasa. Mereka sebenarnya bangga ketika mereka melakukan puasa karena orang lain akan melihat bahwa diri mereka hebat karena mereka adalah orang yang lebih agamis dan memiliki tekat bulat untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dengan melakukan puasa. Tetapi benar kah demikian? Ataukah hal ini hanyalah membuat orang farisi menjadi semakin munafik dihadapan Tuhan karena motivasi ataupun niatan berpuasa mereka yang salah? Hal inilah yang sepatutnya tidak kita contoh. Tuhan sendiri bersabda bahwa kita perlu membasuh wajah kita dan jangan pernah membuat mimik wajah kita terlihat muram, lesu, dan lemas karena berpuasa.

Itulah beberapa hal mengenai puasa senin kamis menurut kristen yang bisa saya bagikan informasinya untuk Anda. Semoga artikel mengenai puasa senin kamis menurut kristen ini bisa berguna bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi seputar puasa dalam kristen. Dan sebagai umat kristiani yang baik ada baiknya juga apabila kita bisa merenungkan dan merefleksikan makna paskah dengan sebaik baiknya agar kita bisa dengan semangat dan tekun dalam menjalankan puasa yang kita lakukan pada masa pra paskah untuk menyambut dan menerima keselamatan yang telah diberikan oleh Yesus sendiri.Terima kasih atas kesediaan waktu Anda untuk membaca berbagai artikel yang kami sajikan, semoga artikel – artikel disini bisa membantu Anda untuk menambah wawasan kristiani Anda. Dan semoga dengan adanya renungan singkat kristen pada website ini juga bisa membantu Anda untuk bertumbuh dalam iman dan harapan akan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Kristen